Waktu Dan Cara Pemberian Mikoriza Pada Suatu Tanaman Pdf



Mikoriza adalah sejenis jamur nan intern kehidupannya dapat bersimbiosis dengan perakaran tanaman. Tujuan bersimbiosis privat hal ini adalah bahwa mikoriza tersebut dalam mendaur ulang kehidupannya adalah dengan cara menginfeksi perakaran tanaman, dan sebagai imbal baliknya maka akar susu pohon yang sudah terinfeksi mikoriza tersebut ternyata bisa menjadi lebih efisien kehidupannya, karena proses penyedotan air dan hara boleh dibantu maka itu pupuk mikoriza tersebut.

Jadi pada prosesnya  mikoriza akan membuat hifa maupun benang-benang jamur nan mana hifa tersebut mempunyai kemampuan untuk menjangkau dan menemukan berbagai vitamin serta air puas area nan kemungkinan tidak terjangkau oleh akar tumbuhan.





Mikoriza ini dapat dibuat sendiri dengan cara yang mudah dan bahan yang sederhana. Bakal mengerti bagaimana pendirian membuat cendawan mikoriza seutuhnya, berikut ini kami pangsa penjelasannya.

Korban DAN ALAT

  • Tanah top soil sreg perakaran aur, maupun tanah di permukaan setakat kedalaman 10 cm sebagai sumber jamur mikoriza
  • Nasi putih yang sudah lalu dingin sebagai pengebat jamur mikoriza
  • Tisu lakukan membungkus nasi
  • Wadah ataupun boks untuk bekas selama proses pembuatan

Cara Menciptakan menjadikan

  • Hamparkan tanah mulai sejak perakaran aur pada arena bak alas.
  • Bungkus nasi putih yang telah hambar/sudah tidak panas menggunakan tisu. Nasi tidak wajib dipadatkan agar terdapat rongga yang nantinya sebagai tempat tumbuh serabut mikoriza. Plong saat membungkus nasi ini usahakan tangan dalam keadaan suci agar tingkat keberhasilannya lebih tinggi. Nasi berfungsi perumpamaan media tumbuh atau pengikat baja mikoriza karena internal nasi terkandung glukosa. Guna tisu adalah sebagai pemisah seyogiannya kapling tidak tertuju pada nasi sehingga nantinya mikoriza yang dihasilkan akan jati.
  • Tutup menggunakan tanah yang sama ialah dari perakaran bambu hingga nasi kerumahtanggaan tisu tertutup seluruhnya kemudian tutup menunggangi tisu atau kain.
  • Letakkan di arena teduh dan ternaungi agar tak terkena cerah matahari dan hujan, dan proses ini hingga tumbuh mikoriza umumnya selama 7 hari.
  • Setelah 7 hari biasanya sudah tertumbuk pandangan miselium berwarna suci pada nasi yang melambangkan jamur mikoriza sudah tumbuh. Selain mikoriza akan bertunas pula jamur trichoderma yang berwarna kehijauan
  • Bersihkan nasi nan telah ditumbuhi jamur mikoriza dari tisu dan tanah nan menempel.
  • Remas-remas nasi yang ditumbuhi jamur tersebut dan masukkan ke dalam ajang seperti toples.
  • Tambahkan gula pasir atau bisa kembali menggunakan molase dengan perbandingan antara rabuk dan sakarosa 1:1 sebagai makanan bersumber mikoriza, aduk merata dan tutup.

Pasca- semua proses di atas selesai artinya step pertama sudah selesai dan jamur yang dihasilkan tersebut dinamakan dengan IMO 1 (Indigenous Microorganism). Lebih lanjut diamkan jamur dalam toples tersebut selama 1 minggu, sehabis 1 minggu, aplikasikan jamur tersebut pada bekatul mudahmudahan menjadi IMO 2. Dan IMO 2 inilah nan akan kita pakai dan diaplikasikan pada sarana tanam.

Demikian ulasan tentang prinsip membentuk jamur mikoriza, seharusnya artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat bakal Anda.

Untuk membeli pupuk organik maupun instrumen pertanian lainnya, marilah kunjungi SentraTani.com.

Referensi: Channel Youtube Hobi Peradaban





Source: https://www.kampustani.com/cara-membuat-jamur-mikoriza/

Posted by: holymayhem.com