Wacana Tentang Cara Merawat Tanaman


Unduh PDF


Unduh PDF

Tanaman, baik nan kehidupan di intern rubrik ataupun di asing kolom, boleh menjadi penghias tambahan nan cakap untuk rumah Anda. Perawatan dan pemeliharaannya umumnya mudah dilakukan dan, dengan perlindungan dan pemeliharaan yang tepat, tanaman dapat berkembang dengan baik. Rontok dari apakah Anda tidak optimistis cara yang tepat lakukan merawat pokok kayu atau Anda ingin memastikan bahwa Ia merawatnya dengan baik, bacalah artikel ini cak bagi mengerti pemberitaan tersapu cara yang tepat untuk merawat pokok kayu, baik pokok kayu n domestik kolom alias asing kolom.

  1. 1

    Berikan pokok kayu banyak cahaya.
    Keseleo suatu hal penting yang harus diperhatikan ialah memastikan tanaman dalam ruangan yang Anda miliki mendapatkan layak kirana. Anda dapat meletakkan tanaman dalam ruangan Dia di atas meja ki perspektif di pangsa anak bini Anda agar nampak cantik, tetapi jika letaknya terlalu jauh mulai sejak sirkulasi udara, pohon siapa tidak boleh bertahan umur lama. Cari sempat mengenai banyaknya cuaca nan dibutuhkan oleh pokok kayu-tanaman tertentu, kemudian pindahkan tanaman tersebut ke tempat yang sesuai seyogiannya tanaman mendapatkan cahaya yang cukup. Teradat diingat bahwa jendela nan berorientasi ke sebelah selatan mendapatkan paling banyak kilat, sementara jendela yang menghadap ke lor rata-rata mendapatkan minimal sedikit cahaya. Di bawah ini terdapat ketentuan dasar terkait hadiah cahaya plong tumbuhan kerumahtanggaan kolom:

    • Tumbuhan nan membutuhkan penyinaran penuh harus diletakkan di tempat yang rantus terang surya serampak selama 4 sampai 6 jam saban tahun.
    • Tumbuhan yang cuma membutuhkan penerangan sebagian harus diletakkan di tempat yang terkena sinar syamsu serampak selama 2 hingga 3 jam masing-masing musim.
    • Tanaman yang hayat di daerah teduh harus diletakkan di tempat yang tertular sinar matahari langsung selama 1 jam cuma per harinya.
  2. 2

    Siram tanaman secara terkonsolidasi.
    Menjaga keseimbangan air yang tepat cak bagi pohon dalam ruangan mungkin sedikit sulit. Jikalau tumbuhan mendapatkan terlalu banyak air, akar tunggang-akarnya dapat memburuk karena drainase yang kurang baik dan seandainya pohon mendapatkan plus sedikit air, tanaman bisa mengering. Secara tunggal jumlah air yang dibutuhkan akan farik-beda mulai sejak suatu tanaman dengan tanaman yang lainnya. Ada tanaman-tumbuhan yang demen hidup di kewedanan nan basah, tetapi suka-suka juga pohon yang justru namun membutuhkan penyiraman satu kali seminggu (seperti tanaman kaktus dan
    succulent). Secara umum, rata-rata pokok kayu akan berkembang takdirnya disiram sebanyak 2 sampai 3 boleh jadi per pekan. Saat membanjur tanaman, gunakan botol semprotan atau penyiram pohon, serta siram dengan air yang pas kiranya tanah tetap lembap, tetapi jangan sampai tergenang oleh air.

    • Masukkan ujung tangan Anda ke dalam persil, kira-kira sebatas sedalam buku kedua jari Kamu, untuk mengarifi seberapa basah tanah tersebut. Jika jari Anda terasa kering saat diangkat, Anda wajib melakukan pendirusan. Aka tetapi, jika jari Engkau terasa basah ketika diangkat, suka-suka baiknya Kamu jangan lalu melakukan pendirusan selama satu atau dua hari.
    • Belalah gunakan air hangat untuk menyiram tanaman karena air campah dapat mengagetkan akar pohon dan destruktif tanaman.[1]
  3. 3

    Beri tanaman jamur setiap sejumlah minggu sekali.
    Pupuk ialah bahan fusi buat persil yang dapat memberikan zat makanan lakukan pokok kayu. Terdahulu buat Sira untuk memberi serabut pada tanaman, khususnya tanaman n domestik ruangan, setiap 2 sampai 3 minggu sekali. Farik dengan tanaman luar kolom, pada pohon dalam kolom petak yang digunakan tidak mendapatkan penambahan zat organik secara alami. Umumnya pupuk yang dijual memiliki nomor seri dengan tiga biji, sebagaimana 10-20-10. Nomor-nomor tersebut menunjukkan jumlah mineral-mineral yang terkandung plong serat, yaitu nitrogen, fosfor, dan potasium (kalium). Karena setiap macam tanaman membutuhkan jumlah mineral yang berbeda-beda, varietas pupuk yang digunakan kembali akan berbeda, bergantung plong tanaman. Meskipun demikian, Anda dapat memperalat baja dengan rasio kuantitas mineral nan ekuivalen (semisal 6-12-6 ataupun 10-10-10). Jenis pupuk ini umumnya cocok digunakan kerjakan kebanyakan tanaman.

    • Semprotkan ataupun sebarkan baja kontan ke bidang lahan, sesuai dengan mandu penggunaan yang tertera pada bungkus pupuk.
    • Bagi tanaman jambang, Beliau tidak perlu mencampurkan pupuk dengan kapling justru dahulu. Seiring waktu, pupuk akan tercerai dan bercampur dengan tanah.
  4. 4

    Bersihkan debu nan menempel sreg pokok kayu.
    Seiring waktu, abu akan rapat lega tanaman dalam rubrik Kamu. Debu yang menempel ini dapat mengurangi keanggunan alami bermula tanaman tersebut dan mencegat pertumbuhan tanaman karena debu yang menempel menyumbat pori-pori yang terserah pada daun. Oleh karena itu, penting bagi Anda lakukan menyucikan debu yang pada tanaman dalam ruangan Anda secara teratur. Ia dapat menyucikan tanaman dengan menunggangi dua kaidah, tersidai lega dimensi tanaman: membersihkannya (mengelap daunnya) dengan menunggangi perca lap, maupun membersihkannya di bak cuci (di pangkal persebaran air). Jika Dia mengidas buat membersihkannya dengan lap kain, buatlah terlebih lewat paduan air pesam dan sabun cuci piring atau sabun cuci tanaman. Celupkan lap atau karet perca bersih pada paduan tersebut kemudian dengan lever-hati bersihkan daun-daun pokok kayu dari serbuk nan menempel. Takdirnya Beliau memilih bagi membersihkannya langsung di asal aliran air, bawa tanaman ke perumpamaan basuh kemudian gunakan air pesam dari keran Anda. Dengan membedabedakan bersihkan patera-daun tanaman mulai sejak bubuk dengan menggunakan tangan Anda atau lap tulen.

    • Kamu boleh membersihkan tanaman-pokok kayu yang berdimensi mungil di sumber akar persebaran air secara spontan, cuma pastikan jangan sebatas pot kemasukan bersisa banyak air.
    • Ada beberapa merek makian pembersih tanaman yang tersaji di kacangan. Sira dapat menggunakannya lakukan menerangkan tanaman-tanaman dari debu nan menempel.
  5. 5

    Jauhkan tanaman dari sumber sirkulasi mega.
    Tingkat kelengasan udara di intern flat mendatangi lebih rendah ketimbang tingkat kelembapan udara di luar kondominium. Alhasil, tanaman dalam rubrik biasanya meringkai karena kurangnya kelembapan peledak. Meskipun Anda dapat mencegah keringnya tanaman dengan berbuat penyiraman secara terstruktur, pokok masalah yang menyebabkan keringnya tumbuhan bahkan terdapat plong peletakan tanaman yang dekat dengan sumber lubang angin. Tingkap nan konstan, baik yang dihasilkan mulai sejak pemanas rubrik atau pendingin udara ruangan, dapat takhlik daun-daun tanaman cengkar sehingga kesudahannya tanaman pun mati. Cak bagi mengatasinya, Anda hanya teristiadat menjauhkan tanaman-tanaman dari sumber-sumber sirkulasi gegana nan ada di ruangan. Anda juga dapat meletakkan
    humidifier
    (pelembap mega ruangan) di privat ruangan bagi meningkatkan kelembapan udara ruangan.[2]

    Iklan

  1. 1

    Pastikan pokok kayu mendapatkan air yang memadai.
    Dalam merawat tumbuhan di taman alias halaman, Anda akan banyak bergantung pada molekul-elemen alami yang ada serta kondisi mileu nan cak semau di selingkung pokok kayu tersebut. Oleh karena itu, kuantitas penyiraman yang diperlukan akan bergantung pada cuaca dan kondisi tanah di lingkungan kancah Beliau suntuk. Secara umum, penyiraman baiknya dilakukan sebanyak 2 hingga 3 kali dalam seminggu, baik secara manual (mengguyur dengan menggunakan penyiram tanaman) ataupun dengan memperalat
    sprinkler
    (alat penyiram otomatis). Pastikan tanah di ujana atau jerambah Anda lembek, tetapi tidak setakat becek. Selain itu pastikan lahan tidak tandus, apalagi sampai muncul pecahan pada tanah dan berdebu.

    • Cari tahu banyaknya pendirusan nan eksemplar bakal setiap tanaman. Beberapa jenis tanaman membutuhkan banyak penyiraman, darurat jenis-jenis lainnya hanya membutuhkan sedikit penyiraman.
  2. 2

    Cabuti suket liar yang ada di halaman Anda secara terkonsolidasi.
    Rumput liar dapat berkembang dengan cepat dan destruktif keanggunan taman Kamu. Tidak hanya negatif pemandangan, suket liar juga memakan tanah yang dapat Anda tanami dan menjeput vitamin mulai sejak tanah yang diperlukan bagi tanaman-tanaman bukan. Oleh karena itu, Dia harus mencabut rumput-rumput haram yang ada kapanpun Anda melihatnya. Pegang rumput bawah tangan pada episode batangnya dan usahakan Engkau memegang fragmen yang paling dekat dengan permukaan persil, kemudian cabut suket tersebut internal gerakan tegak literal (vertikal). Hal ini dilakukan untuk memperbesar peluang akar pokok kayu tergoda dan hadang pertumbuhan jukut-rumput plonco.

    • Anda dapat menunggangi produk pembasmi rumput liar (wereng), namun kebanyakan produk-dagangan tersebut bukan produk yang secara spesifik membunuh tanaman-pokok kayu tertentu sehingga ada kemungkinan tanaman lain nan berada di sekitar suket bawah tangan kembali ikut terbunuh.
    • Periksalah apakah ada rumput liar yang tumbuh di bawah belukar-belukar ataupun dedaunan yang rimbun.
  3. 3

    Berikan mulsa setiap bilang bulan sekali.
    Mulsa merupakan proses yang dilakukan buat menjaga kelembapan persil dan mencegah pertumbuhan rumput palsu yang boleh mengganggu pohon-pohon lain. Puas proses ini permukaan tanah ditutup maka dari itu ampas-hajat pohon (semisal daun-daun maupun batang pohon) yang juga merupakan kompos organik. Setelah beberapa waktu, mulsa juga boleh mengasihkan tambahan nutrisi puas tanah yang dapat membantu tanaman cak bagi bersemi lebih ki akbar lagi. Jika bukan tersedia sisa-berak tanaman, Anda dapat membeli sendiri mulsa (semacam kompos organik) nan dijual di dekat semua toko-toko alat-alat tegal. Anda namun terbiasa menghampari latar tanah di taman ataupun huma Beliau dengan ‘mulsa. Tutup satah tanah dengan merata, dengan ketebalan mulsa berkisar antara 2,5 hingga 5,1 sentimeter.[3]

    • Jimat-jimat buat tidak membentangi bagian radiks tanaman karena peristiwa ini dapat menghambat pertumbuhannya. Ini perlu diperhatikan terutama untuk tanaman-pokok kayu yang berdosis boncel atau tanaman semak.
    • Kamu dapat mengganti mulsa dengan kompos organik lainnya (semisal feses-sisa tanaman) jika Kamu ingin.
  4. 4

    Pangkas pokok kayu yang lengang ataupun berpenyakit.
    Ki kesulitan puas tanaman boleh menyebar dengan cepat ke seluruh tanaman yang ada di taman Beliau apabila bukan lekas dicegah. Kejadian yang sejajar pula terjadi pada pokok kayu yang luka. Jika Anda enggak segera memangkas maupun memotong putaran tumbuhan yang rusak atau mati, lukanya akan menginjak menyerak ke bagian-bagian tanaman yang lain. Kapanpun Anda melihat cak semau tumbuhan yang mulai layu, mengering, rapuh, maupun nampak sakit, segera gunakan gunting kebun lakukan memotong dahan atau tangkai pohon yang busuk dari batangnya. Bagian-bagian tanaman yang mutakadim Anda sembelih ini harus Dia lepaskan dan tidak dapat dijadikan sebagai tanah daun organik karena babak-putaran tersebut mengangkut penyakit dan, jikalau digunakan sebagai bunga tanah, malah akan menyebarkan komplikasi tersebut pada tanaman-tanaman di sekitarnya.

  5. 5

    Lakukan
    deadhead
    puas pohon rente.

    Deadhead
    merupakan proses pemotongan bunga yang telah nyenyat pada tanaman berbunga. Proses ini boleh seksi pertumbuhan anakan baru, serta menghilangkan bunga yang telah sirep atau layu dari pohon. Buat melakukan
    deadhead, gunakan gunting jukut bikin memotong bunga yang mati, tepat di bagian dasar kelopaknya. Sesudah beberapa minggu, Anda akan menyibuk kelopak bunga baru tiba terbentuk dan berkembang.

  6. 6

    Pasrah tumbuhan pupuk setiap satu bulan sekali.
    Tanaman asing rubrik mendapatkan lebih banyak zat makanan dari lingkungan sekitarnya tinimbang tanaman n domestik ruangan. Ini artinya, tanaman luar ruangan membutuhkan kian sedikit pemupukan tinimbang pokok kayu dalam rubrik. Dapatkan pupuk yang sesuai dengan kebutuhan mineral tanaman, atau gunakan pupuk dengan kandungan mineral nan selaras, seperti 6-12-6 alias 10-10-10, di toko peralatan kebun atau toko bunga di kota Anda. Semprotkan atau tabur jamur pada tanaman setiap 4 sampai 5 minggu sekali, sesuai dengan aturan pendayagunaan yang termuat pada basung serat.

    • Anda tak terlazim mengaduk dan mencampurkan baja dengan tanah karena nantinya jamur akan terurai dan bercampur dengan alami bersama tanah.
    • Jika Engkau tidak yakin kawul mana yang harus Anda gunakan, mintalah pertolongan pada petugas toko bunga di kota Anda.[4]

    Iklan

  1. 1

    Buatlah sistem drainase yang baik bikin lahan dengan sistem drainaise yang buruk.
    Jika lega ujana atau pot tanaman terus menerus terdapat genangan air, itu artinya sistem drainase pada tanah tidak baik. Ini merupakan hal yang buruk karena air yang menggenang dapat membuat akar tumbuhan membusuk, sehingga akhirnya tumbuhan lagi mati. Untuk mengatasi hal ini, dengan pilih-pilih galilah tanah di seputar tanaman dan angkat tanaman (beserta tanah yang menempel pada akar susu-akarnya), kemudian letakkan tanaman di atas kain terpal atau ke dalam vas lain yang tulen. Pada galian yang sudah lalu Anda buat, buang tanah yang persisten (sebagai halnya tanah tanah pekat) dan gantilah dengan batu-batu kecil ataupun batu kerikil. Masukkan tanah bau kencur yang masih afiat ke atas lapisan batuan tersebut kemudian kembalikan tanaman ke tempatnya.

    • Jikalau seluruh lahan Kamu memiliki sistem drainase yang buruk, Anda bisa menggalinya dan mencampurnya dengan pasir untuk membantu meningkatkan sistem drainase.
  2. 2

    Pindahkan pohon-tanaman yang tumbuh sesak rapat.
    Jika Anda terlalu bersemangat momen bercocok tanam dan mengetanahkan beberapa pohon privat jarak yang ganti berapatan, Anda kali terkejut momen tanaman-tanaman tersebut tumbuh dan saling berebut palagan di lahan alias jambangan tanaman. Pokok kayu-tanaman nan ditanam dalam jarak yang terlalu berdekatan tak bisa merecup osean karena tidak terserah cukup vitamin bagi kedua tanaman tersebut. Maka dari itu karena itu, sanggang salah satu tumbuhan yang tumbuh berdekatan dengan tanaman lain, kemudian pindahkan ke lahan kapling atau jambang baru yang menyediakan ruang bertambah besar. Isilah tanah kosong nan sediakala ditanami oleh pohon tersebut dengan persil yang yunior.[5]

    • Saat memindahkan tanaman ke petak lahan yang plonco, selalu gunakan tanah tersendiri berkebun nan dijual di toko-toko daripada lahan nan sepadan nan berasal dari lahan Anda. Tanah nan sebanding mengandung serangga, penyakit tanaman, serta rumput liar yang dapat mengganggu tumbuhan di tempat barunya.
    • Lakukan memahami apakah pohon-pokok kayu bertaruk terlalu berdekatan, perikasalah apakah kedua tumbuhan tersebut tumbuh ke arah yang berdekatan (saling bertumpukan), atau mayat atau dahan-dahan utama mereka saling berbelit.
  3. 3

    Hindari penggunaan mulsa yang plus.
    Meskipun mulsa penting bakal memberikan nutrisi lampiran bagi pohon dan mencegat pertumbuhan jukut palsu, penggunaan mulsa dalam besaran yang plus justru dapat memberikan komplikasi bagi yojana maupun huma Dia. Ini disebabkan karena mulsa tidak semata-mata menghambat pertumbuhan rumput liar, sahaja juga pertumbuhan tanaman-tumbuhan tidak sehingga pohon-tanaman lain lain dapat unjuk ke permukaan tanah. Mulsa yang Engkau gunakan jangan setakat melebihi ketebalan 5 sentimeter. Sekiranya tanaman justru tak bisa tumbuh setelah Anda melakukan proses mulsa, angkatlah mulsa dari tanah (dengan ketebalan mulsa berkisar antara 2,5 hingga 5,1 sentimeter) dan tunggulah perkembangannya selama beberapa minggu.

    • Jikalau mulsa nan Sira gunakan terlalu tebal, setakat menutupi dasar bangkai tanaman atau pohon, sinar rawi tidak dapat mengenai batang tersebut sehingga pertumbuhan tanaman alias pohon menjadi terhambat. Makanya karena itu, singkirkan mulsa dari dasar layon tanaman atau pohon di ujana Anda.
  4. 4

    Pangkas tanaman nan mati ataupun berpenyakit.
    Kebobrokan plong tanaman dapat hambur dengan cepat ke seluruh pohon yang cak semau di taman Anda apabila lain segera dicegah. Situasi yang setolok juga terjadi lega tanaman yang luka. Takdirnya Anda tak segera memulangi atau memotong bagian pohon yang busuk atau mati, lukanya akan tiba memencar ke putaran-bagian tanaman yang enggak. Kapanpun Anda melihat ada pokok kayu yang mulai layu, mengering, rapuh, atau nampak gempa bumi, segera gunakan gunting kebun cak bagi menyelang dahan atau tangkai tanaman nan rusak bermula batangnya.

    • Bagian-penggalan tumbuhan yang telah Sira hunjam ini harus Dia keluarkan dan tidak boleh dijadikan andai pupuk hijau organik karena bagian-adegan tersebut mengirimkan keburukan dan, kalau digunakan sebagai kompos, justru akan camur penyakit tersebut puas tanaman-tanaman di sekitarnya.
  5. 5

    Hindari penyiraman yang sesak.
    Kali Anda merasa bahwa Ia telah melakukan pendirusan pada tanaman dengan tepat, tetapi takdirnya tanaman mulai masak dan layu, mungkin Anda terlalu banyak memberi pohon tersebut air. Kebanyakan tumbuhan tak terlazim disiram setiap hari, dan tanaman-tanaman tersebut justru dapat tumbuh degnan lebih baik jika diberikan penyiraman setiap beberapa periode sekali sekadar. Cak bagi penyiraman hanya bilamana tanah sudah meringkai (sekurang-kurangnya, sedalam 5 sentimeter). Kalau Anda mengiram tumbuhan setiap kali Dia menyibuk permukaan tanah nampak kering, kemungkinan besar Sira melakukan penyiraman yang berlebihan. Jika Engkau memiliki kesulitan dalam memberikan penyiraman yang tepat (atau takut terlalu banyak memberikan air), cobalah tukar metode pendirusan Dia dengan memperalat vas jerkah daripada memperalat penyiram pokok kayu. Botol semprotan menghasilkan semburan air yang sedikit kerumahtanggaan satu siapa tekan, sehingga boleh mencegah pengeluaran air yang berlebih.[6]

  6. 6

    Pastikan Anda tidak mengedrop tanaman terlalu dalam berasal rataan tanah.
    Jika tanaman-tanaman perlahan mulai layu dan sunyi bikin alasan nan tidak karuan, mungkin Anda menanamnya berlebih n domestik. Akar-akar tunggang tumbuhan secara relatif harus produktif dekat dengan permukaan tanah agar mereka dapat menyerap nutrisi terbit saduran tanah teratas dan mendapatkan cuaca syamsu. Oleh karena itu, dengan hati-hati angkat tanaman kemudian tanam kembali dengan posisi sedemikian rupa sehingga akar utamanya gemuk sreg atau tepat di bawah rataan tanah. Jikalau ada sebagian akar yang nampak ke permukaan tanah, tutupi akar susu tersebut dengan lapisan mulsa yang tipis.

    • Jika berlebih banyak akar tanaman yang gemuk di atas permukaan lahan, tanaman terlebih bisa sepi. Ada baiknya akar tunggang tanaman berada di kedalaman yang sejajar dengan lapisan tanah teratas.

    Iklan

  • Gantilah pot pohon intern ruangan Sira setiap tahun bikin menyamakan dengan pertumbuhannya.

Iklan

Peringatan

  • Jangan gunakan pestisida anorganik.

Iklan

Tentang wikiHow ini

Halaman ini sudah lalu diakses sebanyak 202.019 kali.

Apakah artikel ini membantu Dia?

Source: https://id.wikihow.com/Merawat-Tanaman

Posted by: holymayhem.com