Ukuran Ph Yang Ideal Untuk Tanaman Sayuran

Daftar pH Optimum Bilang Tanaman Budidaya –
Boss, berapa pH lahan optimum untuk tanaman horti dan pangan?
Itulah salah satu pertanyaan nan pernah sobat BT tanyakan. Setelah saya cek di pencarian google tenyata masih jarang yang menulis tentang ph optimum.

Selama ini saya pikir masih banyak penanam yang tak terlalu peduli cak bertanya pH ini. Masalah pokok kayu saat invalid bernas, memusat dilihat terbit segi perabukan, kali pupuknya terbatas dan terlazim ditambah.

Sahaja, setelah ditambah jamur, masalah pun belum teratasi. Nah kasus tersebut muncul karena ki aib utamanya belum selesai, yakni pH tanah.

pH tanah nan cenderung asam atau terlalu basa (alkali) akan menghambat penyerapan nutrisi dari pupuk secara efektif. Solusinya adalah dengan pengapuran (liming).

Tentang kejelekan dan dampak tanah asam pernah saya bahas yakni sreg artikel berikut : 3 Kejelekan Tanah Asam dan Kaidah Mengatasinya.

Adapun variasi kapur perladangan yang bisa digunakan menetralkan tanah ataupun agar mencapai pH optimum boleh anda baca plong artikel berikut : 3 Jenis Kapur Persawahan bikin Memperbaiki Tanah Asam.

Antara tanaman yang satu dengan yang lainnya memiliki pH optimum yang farik-cedera. Ada yang pH optimumnya dibawah 7, ada nan di atas 7.

Cukuplah, berikut ini akan kami sajikan daftar indeks pH optimum sejumlah komoditas pertanian, berlandaskan data ph penanda Takemura Electric Works, LTD, Tokyo Japan.

pH Optimum Keberagaman Tanaman
5-6 Mawar, bakung, azalea
5-6,5 Ubi benggala, pari, jagung, lobak
6-8 Bayam, kacang merah, selada, bawang merah, timun, tomat, wortel, terong, seledri, kubis, krisan, dahlia, tulip
7-8 Anyelir, tebu, sorgum, kacang tanah, semanggi, alfalfa, zinnia

Berapa pH optimum untuk cabai?
Karena pada rekomendasi di atas tidak ada. Berdasarkan pengalaman, embalau akan tumbuh dengan baik pada kisaran pH 5,5 sampai 7.

pH pengevaluasi Takemura

Selain tanaman pangan, berikut ini saya sajikan juga pH optimum bikin produk perkebunan, nan kami nukil dari daya Wangsit Pengusahaan Pupuk, karya Pinus Lingga, Penebar Swadaya.

pH Optimum Jenis Pokok kayu
3,5 – 8 Reja
4 – 5,5 Teh
4,5 – 7,5 Kopi
5 – 6 Kapas
5 – 7 coklat
5,5-7,5 T3mbakau
6-8 Tebu

pH tanah optimum kini sudah anda ketahui, lantas tinggal mengerjakan pH tanah dengan pH penguji, apakah angka pH nya sudah masuk pH optimum segala apa belum. Jika ternyata masih dibawah nilai pH optimum dapat ditambahkan kapur sesuai rekomendasi. Sreg postingan berikutnya insyaAllah akan kami bahas.

Mudahmudahan berharga, jangan tengung-tenging bagikan kata sandang ini ke tembuni, sahabat atau musuh ia yang tak. Sekian terimakasih ^^

Bagikan Artikel Ini Bosque ! Trims.


Source: https://belajartani.com/daftar-ph-optimum-beberapa-komoditas-pertanian/

Posted by: holymayhem.com