Tulislah Urutan Cara Mencangkok Suatu Jenis Tanaman Dalam Empat Langkah

Bola.com, Jakarta –
Kaidah mencangkok tanaman
perlu diperhatikan bagi Beliau yang cak hendak memperbanyak tanaman dengan mandu vegetatif.

Hasil yang diperoleh dengan
pendirian mencangkok tanaman
adalah mendapatkan bibit tanaman yang kualitasnya setinggi ataupun mirip sekali dengan kualitas induknya.

  • Daftar Gaji 32 Pelatih di Piala Dunia 2022 Qatar, Tertinggi Mengaras Rp81,5 Miliar
  • Tim Spanyol dan Australia Ramaikan Asiana Cup 2022
  • Jelang Belanda Vs Ekuador di Piala Dunia 2022, Saling Sikut Demi Incar Jago Grup

Maksud pencangkokan adalah bagi mendapatkan anakan maupun bibit cak bagi pembangunan bank klon, kebun benih klon, dan huma persimpangan karena dengan teknik ini, bibit yang dihasilkan bersifat dewasa sehingga lebih cepat bersumber atau berbuah.

Pencangkokan dilakukan pada pokok kayu-pohon terlalu yang sudah lalu dipilih di kebun benih.

Alamat dan peralatan yang digunakan, antara tidak media menyuntikkan (moss menyuntikkan, top soil, dan kompos), bahan pembungkus cangkok berusul polibag hitam, benang rafia, zat pengatur bersemi akar, insektisida, pita label, spidol permanen, pisau menyuntikkan, bendo, gergaji tangan, dan alat tulis.

Berikut
mandu mencangkok tanaman
dengan praktis dan mudah, dilansir pecah
Merdeka, Kamis (17/12/2020).

Cara Mencangkok Tanaman Secara Konvensional

Berikut ini kaidah mencangkok tanaman dengan cara resmi atau prinsip mencangkok pokok kayu yang minimum banyak dan lazim dilakukan makanya penanam;

  1. Pilih cabang nan sudah sehat dan kuat atau sudah lalu berkayu.
  2. Ukuran diameternya sekitar 0,5-2 cm, tidak bertambah mungil dari format pensil. Seyogiannya warna indra peraba cabang cokelat muda atau bau kencur kecokelatan, terampai macam pokok kayu buah-buahannya.
  3. Cabang kemudian disayat dengan pisau secara bulat dan dibuat ki bertambah ke dasar sepanjang 3-5 cm alias dua mana tahu diameter cabang.
  4. Kemudian, kulitnya dikelupas sehingga bagian kambium yang seperti mana lendir terpandang jelas. Kambium ini dihilangkan dengan cara dikerik dengan mata pisau sehingga asli atau kering.
  5. Selepas dikerik, puas keratan adegan atas diolesi ataupun sonder diolesi dengan hormon tumbuh. Komplet hormon tumbuh yaitu Liquinox Start Vitamin B-1 yang banyak dijual di toko pertanian dengan dosis 2 cc lakukan 1 liter air.
  6. Siapkan lembaran plastik atau sabut kelapa melingkar ki menutupi batang di bagian bawah keratan (1-2 cm). Bebat dengan tali plastik atau rafia.
  7. Selanjutnya, bekas sayatan ditutup dengan alat angkut menyuntikkan, media diatur penempatannya agar rata menutupi luka keratan sebatas melewati luka keratan bagian atas (1-2 cm).
  8. Cangkokan dirawat dengan pendirian disiram secara rutin mudah-mudahan tidak kering. Biasanya selepas 2-3 bulan pada cangkokan nan berhasil akan tumbuh akar.
  9. Sreg cangkok akar keluar karena aliran vitamin (karbohidrat) dan auksin (hormon tumbuh yang menyorong keluarnya akar susu) bergerak ke asal melangkahi kulit kayu (phloem) dan terhalang di adegan keratan sebelah atas sehingga pada keratan penggalan atas ini penimbunan karbohidrat dan hormon bintang sartan meningkat dan berbentuk kalus yang berubah menjadi akar tumbuhan.
  10. Apabila akar sudah menyempurnakan ki alat, hasil cangkokan dianggap berhasil. Patera pada silang terlihat segar. Cangkokan sudah lalu bisa dipotong maupun disapih berasal induknya. Pemendekan cangkokan yang sudah tumbuh ini dilakukan dengan memperalat gunting stek alias gergaji di radiks afiliasi cangkok.
  11. Sehabis dipotong dari induknya, sebagian daun dikurangi bagi menghindari evaporasi nan berlebihan. Potong 1/2-1/3 helai daun terbit seluruh daun yang ada dengan gunting stek. Plastik pembungkus media dilepaskan. Setelah itu cangkok disemaikan dalam polybag.
  12. Setelah cukup besar, cangkokan dapat dipindah ke kebun.

Mandu Mencangkok Tanaman dengan Media Kantong Plastik

Teknik ini hampir begitu juga cara mencangkok pohon konvensional. Bedanya, media ki memasukkan yang gunakan, ialah cocopit (bubuk sabut kelambir) yang banyak terhidang di toko perkebunan atau sabut nyiur yang sudah lebih dulu dimasukkan ke kantong plastik.

  1. Sabut nyiur dikupas atau dipisahkan dengan bagian kulit luarnya yang gentur. Nan digunakan doang sabut nyiur tanpa kulitnya.
  2. Sabut kerambil direndam n domestik air, minimum lama 1 pekan agar melunak sehingga mudah dipisah-pisahkan dan hilang kandungan zatnya karena zat tersebut dapat membancang pembentukan akar tanaman.
  3. Sabut kelapa dijemur dan dipisahkan pupuk-seratnya, maka sabut kelapa tersebut sudah siap digunakan, ataupun sabut kelambir kita potong-tikam lebih boncel.
  4. Kendaraan, serbuk atau potongan sabut kelapa ditaruh di ajang.
  5. Tambahkan hormon pertumbuhan atau vitamin, komplet Liquinox Start Vitamin B-1 yang banyak dijual di toko pertanian dengan dosis 2 cc bakal 1 liter air.
  6. Media tadi dimasukkan ke dompet plastik ukuran ¼ kg cak bagi diameter batang nan kecil dan ½ kg kerjakan diameter batang nan makin samudra (ukuran dompet plastik disesuaikan diameter buntang yang akan dicangkok).
  7. Isikan media dan padatkan sebatas ¾ plastik, kemudian tarik ujung kantong plastik dan ditalikan. Dari 2 kg media akan dihasilkan 15-20 sarana dalam kantong plastik. Alat angkut dalam kantong plastik tersebut tahan sampai dengan 1 bulan.
  8. Kaidah penggunaan media tersebut sangat mengerobak atau mengiris ki bertambah satu sisi kantong plastik. Sisi carikan tadi dimasukkan dari bagian bawah luka bila posisi layon melintang atau datar. Pada posisi batang tegak bebas dimasukkan, kemudian diselubungkan secara merata ke keratan batang pokok kayu.
  9. Lebih lanjut diikat seharusnya media lega posisi yang bermartabat.

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Mencangkok

Berikut ini adalah situasi-kejadian yang teradat diperhatikan puas kegiatan pencangkokan, ialah;

  • Pencangkokan mudah-mudahan dilakukan pada musim hujan sehingga akan kondusif menjaga kelengasan wahana sebatas berjalur.
  • Pengambilan ki memasukkan dilakukan sesudah ki memasukkan berumur 2-3 bulan. Pemotongan ki memasukkan menggunakan gergaji, kemudian diturunkan secara selektif. Menyuntikkan nan terlalu panjang dipotong sebagian dan daunnya dikurangi untuk mencegah terjadinya penguapan yang terlalu lautan.
  • Cangkok yang telah dipisahkan dari pohon induknya segera ditanam (aklimatisasi) sreg media sintesis tanah dengan kompo atau pupuk kandang (3:1). Kegiatan ini dilakukan di persemaian yang diberi naungan dengan kebulatan hati cuaca kian berbunga 50 tip. Pemeliharaan menyuntikkan di persemaian dilakukan sampai esensi siap ditanam di lapangan. Biasanya sehabis tiga rembulan, menyuntikkan sudah memiliki perakaran yanag kompak dan siap dipindahkan ke lapangan.
  • Pembuatan cangkok lega satu tanaman tidak bisa dilakukan dalam jumlah banyak karena akan mengganggu ataupun merusak pohon tersebut.

Disadur dari:Merdeka.com (Pencatat: Edelweis Lararenjana. Published: 14/5/2020)

Source: https://www.bola.com/ragam/read/4434777/cara-mencangkok-tanaman-dengan-praktis-mudah-dan-benar

Posted by: holymayhem.com