Tuliskan Cara Menanam Tanaman Sayuran Bayam Dari Awal Sampai Panen

Dampak dan Pengaruh pH Terhadap Tanaman dan Gizi


October 13, 2014


Seputar Hidroponik


90,507 Views

ph-scale

Sebanyak apapun gizi (ppm) yang diberikan hanya apabila pH cair lain sesuai maka akan ada banyak molekul atau zat yang tidak tersuguh atau tidak dapat diserap oleh pohon sehingga mengakibatkan tanaman kekurangan nutrisi.

Salah satu tantangan yang minimum sering kita hadapi kerumahtanggaan bercocok-tanam / bertanam baik secara tradisional maupun hidroponik yakni menindak permasalahan pohon yang disebabkan karena faktor kekurangan nutrisi baik nutrisi makro seperti Lengkung langit, P, K maupun kekurangan nutrisi mikro seperti Ca, Fe, Mn, dan lainnya. Gejala kekeringan nutrisi pada tanaman mudah tampak terutama bermula perubahan warna dan terkadang terbit pertumbuhan serta bentuk perempuan muda.

Dari hasil penyelidikan yang saya lakukan sepanjang bilang bulan serta dari hasil menyimak diskusi pecah bilang group dan komunitas di dunia maya, saya mengaram adanya suatu faktor berjasa yang jarang sekali disebut, diabaikan maupun malah boleh dibilang lain pernah diperhitungkan privat menangani persoalan kekeringan nutrisi tersebut, yaitu pH larutan nutrisi (hidroponik) maupun pH tanah (tradisional).

Hampir setiap sumbang saran yang saya ikuti tentang penanganan kekurangan nutrisi sreg tanaman selalu menekankan pada EC / ppm (part sendirisendiri million) dari larutan nutrisi nan diberikan, dan hampir tidak pernah menyinggung keburukan pH enceran.

Logikanya:

  1. Apabila nutrisi yang kita pergunakan sejauh ini adalah nutrisi AB Mix nan separas, yang selalu kita pakai dan cara pembuatan pekatan larutan A & larutan B benar, maka…
  2. apabila pron bila konfirmasi awal ppm nutrisi yang diberikan sudah lalu sesuai dengan yang dinasihatkan lakukan tipe tanaman tersebut, maka…
  3. tentu terserah faktor lain yang menyebabkan pokok kayu tidak bisa menyerap atau nutrisi makro atau mikro dari hancuran nutrisi tak tersedia. Sudahlah faktor apakah yang menyebabkan itu?


Pertanyaan:




Bilamana Kamu menimbang EC cair nutrisi, apakah pH cairan lagi diukur?

nutrient-solubilityBagaimana dampak pH terhadap pokok kayu?

  • pH berdampak lega ketersediaan zat makanan makro & mikro.
  • pH berdampak pada anak kunci serap tanaman terhadap nutrisi.
  • pH diatas 7.5 mengurangi ketersediaan zat besi, manganese, tembaga, zinc dan boron
  • pH dibawah 6 berhasil pada menurunnya daya larut terhadap senderut fosfat, kalsium, dan magnesium.
  • pH antara 3 – 5 dan diatas suhu 26ºC menyebabkan pertumbuhan dan penyerantaan komplikasi yang disebabkan oleh jamur, salah satunya adalah rusak akar.



Check Also

ph-nutrient-chart

Apakah pH Air Penting?

Salah satu faktor terpenting dalam menanam secara hidroponik merupakan pH air. Banyak sekali kegagalan atau …

Source: https://hidroponiq.com/2014/10/dampak-dan-pengaruh-ph-terhadap-tanaman-dan-nutrisi/

Posted by: holymayhem.com