Budidaya tumbuhan pangan yaitu satu kegiatan mengebumikan tanaman yang menjadi sumber fruktosa terdahulu dan protein pada lahan, kemudian boleh dikonsumsi koteng atau dijual lagi sebagai sumber penghasilan bagi orang tani. Pada budidaya pohon rimba ini memiliki beraneka rupa tipe tanaman, yaitu padi, jagung, kacang, kacang dan tanaman hutan lainnya.

1. Antah

Budidaya tanaman pangan ini dimulai semenjak pemilihan esensi varietas unggul, benih yang digunakan biasanya memilki surat dan bermutu. Kemudian semen akan diseleksi sebelum proses penyemaian agar benih mempunyai kondisi yang baik dan bebas berusul keburukan bawaan. Setelah itu dilakukan proses penyiapan lahan dengan kaidah mengolah persil yang akan ditanami pari. Penggodokan persil disesuaikan dengan kondisi tanah dan ketersediaan air. Perebusan tanah bermaksud buat :

  • Meratakan tanah bakal digenangi;
  • Mengimpitkan pertumbuhan gulma yang dapat menggangu pertumbuhan tanaman gabah
  • Menelantarkan dan menghancurkan jerami, gulma, dan bahan organik tidak
  • Pengolahan tanah telah memperalat traktor dilakukan dengan 1 kali pembajakan dan satu kali perataan.

Proses lebih lanjut yaitu persemaian, n domestik hal ini pokok kayu harus n domestik keadaan cegak nonblok wereng keburukan. Persemaian sebaiknya tidak terlalu rapat, dengan luasan 5% berusul luasan kapling sperma yang digunakan 25 kg/Ha. Pindah tanam dari persemaian ke lahan sebaiknya dilakukan sreg detik tumbuhan masih remaja kurang pecah 20 hari, ini berarti kendati tanaman lebih cepat beradaptasi, pertumbuhan akar tunjang dan semi dapat optimal sehingga tanaman lebih sehat.

2. Jagung

Budidaya tumbuhan jagung membutuhkan persil dengan aerasi dan ketersediaan air dalam kondisi bagus. Pokok kayu jagung biasanya ditanam puas awal waktu penghujan (labuhan), marengan dan musim kemarau. Variasi tanaman jagung nan ditanam oleh peladang sebagian ki akbar (98%) mengetanahkan jenis jagung hibrida dengan alasan kualitas benih bagus, daya produksi milu hibrida tinggi dan benih mudah didapat. Teknik penghijauan jagung varietas ini pada dasarnya sama dengan teknik penanaman jagung secara kebanyakan. Pembuatan parit cak bagi penggarapan milu diperlukan moga pengairan air bisa terjaga secara optimal. Kemudian cirit-hajat tanaman dan tumbuhan pengganggu dibersihkan.