Tokonasa.net Kol Merupakan Salah Satu Tanaman Sayuran




Kembang Kol ataupun

Kubis Anakan
yaitu pohon sayuran


jenis

Brassica oleracea

, kaki

Brassicaceae


termasuk dalam kelompok

botrytis
. Kol Rente atau Kemabng Kol yaitu jenis kol dengan rente putih mungil dan merupakan pokok kayu berbatang lunak.




Pokok kayu ini semenjak berasal Eropa subtropis didaerah Mediterania. Kembang kol masuk ke Indonesia berasal India pada abad ke-19.

Kol anakan yang berwarna suci dengan agregat anak uang yang kompak seperti yang ditemukaan momen ini dikembangkan tahun 1866 maka itu Mc.Mohan tukang jauhar dari Amerika.


Brassica oleracea
varitas botrytis terdiri atas 2 subvaritas yaitu
cauliflora
DC. nan kita kenal bagaikan kubis bunga putih dan cymosa Lamn. nan berbunga hijau dan terkenal sebagai kubis rente. Penentuan kultivar berdasarkan format, kemampatan dan warna massa anakan.





Klasifikasi botani tumbuhan kubis bunga adalah sebagai berikut :




Divisi        :





Spermatophyta




Sub divisi :




Angiospermae




Kelas        :




Dicotyledonae




Keluarga  :




Cruciferae




Genus      :




Brassica




Varietas    :




Brassica oleracea var. botrytis L




Sub var    :




cauliflora DC


Morfologi

Kubis bunga memiliki pelepah agak tahapan dan helai daun berlekuk-cembung tangga. Tangkai anak uang kol bunga bertambah tinggi dan lebih besar dibandingkan dengan kubis bunga. Massa bunga kol bunga tersusun secara kompak membentuk bulatan berwarna bau kencur tua, atau hijau kebiru-biruan, dengan diameter antara 15-20 cm atau lebih  Pada kondisi lingkungan yang sesuai, massa bunga kol rente dapat bertaruk mengaret menjadi tangkai bunga yang penuh dengan pemudi bunga, tiap anakan terdiri atas 4 helai kelopak bunga (calyx), catur helai daun mahkota bunga (corolla), enam lembar sari yang komposisinya empat memanjang dan dua pendek. Bakal buah terdiri atas dua ruang, dan setiap ruang weduk bakal biji.

Poin kubis anakan memiliki bagan dan dandan yang hampir setimpal, yakni bulat kecil berwarna coklat setakat kehitaman. Biji tersebut dihasilkan oleh pembuahan sendiri alias silang dengan bantuan seorang ataupun serangga. Biji zakar nan terbentuk seperti bin-polongan, tetapi ukurannya kerdil, ramping dan panjangnya seputar 3-5 mm.

Sistem perakaran relatif dangkal, dapat menembus kedalaman 60-70 cm. Akar susu nan baru tumbuh bermatra 0,5 mm, namun setelah berusia 1-2 wulan system perakaran memencar ke samping lega kedalaman antara 20-30 cm. Bunga kol anak uang berwarna putih dan masa tumbuhnya lebih lama dari kubis bunga. Kubis anak uang tersusun dari rente-anakan kerdil yang berwarna yunior, tetapi lain sekompak kol.


Ki gua garba Gizi KEMBANG Kol

Kembang kol adalah perigi nutrisi C (asam askorbat), folat, gizi K (phylloquinone) dan vitamin B-6. Gizi B1 (tiamin), B2 (riboflavin), B3 (niasin), dan sejumlah kecil vitamin E (alfa-tokoferol) . Bunga kol juga menyediakan mineral utama seperti kalsium, magnesium, fosfor, kalium dan mangan tanpa kolesterol berbahaya. Merupakan sumber protein, dan dengan jumlah lemak jenuh yang sangat rendah, tinimbang lemak enak tak jenuh dan asam omega-3 lemak esensial yang berfaedah. Kol juga mengandung serat dan mengandung sukrosa alami kian rendah, jika dibandingkan dengan anggota anak bini lain seperti brokoli.

Bunga kol yang paling kita kenal merupakan berwarna kalis, saja sememangnya ada spesies kembang kol yang bercat selain putih:

Yunior:
Kembang kubis hijau juga disebut misal broccoflower. Disini pula dikenal ada dua bentuk, ialah rancangan nan normal serta varian yang runcing yang disebut Romanesco brokoli.

Ungu:
Kembang kubis bercelup ungu karena zat anthocyanin, yakni zat nan dikenal sebagai antioksidan yang mempengaruhi rona ke sayuran.

Orange:
Bunga kubis orange sangat bergizi karena mengandung zat makanan A lebih banyak dibandingkan dengan spesies bunga kol warna putih.

Fungsi KEMBANG KOL

Kembang kubis juga tak kalah dengan brokoli, karena beliau sekali lagi menawarkan nilai gizi yang pun samudra. Bunga Kol Terutama dapat membantu memerangi berbagai problem, meningkatkan kekebalan tubuh, dan membantu dalam menjaga sistem meabolisme yang bersih.

1. Kapasitas antioksidan



Rente kol mengandung vitamin C, mangan, dan antioksidan langgeng. Kembang kol juga mengandung phytochemical yang disebut indoles dan glucosinates, glucobrassicin, glucoraphanin dan gluconasturtiian. Senyawa sehat ini penting bakal menstimulasi pembetukan enzim cak bagi melawan puru ajal, melindungi sel-kerangkeng badan dari oksidasi akibat stres, dan mencegah kerusakan sel-sel yang disebabkan oleh radikal bebas.

2. Kesehatan jantung



Bunga kol mengandung vitamin K yang berperangai inkompatibel radang. Konsumsi secara koheren bunga kol akan memastikan revolusi darah yang sehat, karena akan membantu menjaga tenggorokan darah dengan adanya senyawa glucoraphanin. Glucoraphanin akan dikonversi menjadi isothiocyanates, yang akan mengaktifkan kegiatan bentrok peradangan dan mencegah akumulasi lipid dalam pembuluh pembawaan. Hal ini akan membantu mencegah revolusi darah tersumbat, sehingga mengurangi risiko kondisi seperti aterosklerosis , serta meningkatkan kesehatan jantung. Isothiocyanate, indole-3-carbinol atau I3C merupakan komponen anti inflamasi nan berfungsi pada tingkat genetik dan menghambat dorongan inflamasi pada tahap sediakala. Seperti nan didukung oleh penelitian, indoles sudah terbukti secara efektif pada campuran lipid, qada dan qadar trigliserida, kolesterol dan menjaga kesegaran jantung. Riset kembali telah membuktikan kemujaraban berlawanan-trombotik dan anti-platelet terbit Indole 3 carbinol, nan memberikan kontribusi berguna terhadap kesehatan jantung. Omega-3 yang terdapat di bunga kol dalam bentuk cemberut alpha-lenolenic .

3. Gangguan Perut
Kembang kol yakni sumber rabuk makanan yang membantu pencernaan dan meningkatkan pengeluaran racun dari dalam tubuh. Kesediaan glukosinolat, glucoraphanin dan sulforaphane pada bunga kol mencagar salutan perut dan membantu intern menimbangi pertumbuhan basil Helicobacter pylori. Selain memiliki mekanisme kubu, isothiocyanates dalam kembang kol mencegah risiko berbagai provokasi alat pencernaan, sebagaimana sakit maag dan kanker usus besar.

4. Pernapasan papillomatosis
Bunga kol mengandung indole 3 carbinol, yang efektif untuk pengobatan pernapasan papillomatosis. Respiratory papillomatosis yaitu ki kesulitan yang disebabkan makanya virus papiloma, pada cucu adam mempengaruhi pita kritik dalam laring, trakea, paru-paru dan saluran pernapasan. Investigasi telah menunjukkan bahwa peningkatan konsumsi sayuran sama dengan anak uang kol akan membantu mengurangi keparahan pernapasan papillomatosis.



5. Kanker
Bunga kol mengandung glukosinolat yang busuk cak bagi memberikan senyawa nan sehat seperti sulforaphane dan isothiocyanate, yang juga disebut indole 3 carbinol. Pendalaman telah menunjukkan bahwa senyawa ini memiliki efek kemopreventif dan anti-estrogen yang membantu internal menghambat pertumbuhan penjara puru ajal. Bukti Studi telah membantu fakta bahwa konsumsi sayuran seperti kembang kol akan membantu mengurangi risiko bermacam rupa diversifikasi kanker seperti mana kanker paru-paru, puru ajal kandung kemih, kanker pay* d ara, kanker prostat, kanker ovarium dan kanker serviks.

6. Kesehatan benak
Kembang kol mengandung vitamin C yang main-main terdepan intern produksi kolagen yang mencagar sendi dan benak bersumber kerusakan akibat peradangan. Juga mengandung gizi K nan boleh kontributif mencegah kehilangan massa tulang, baik pada pria alias wanita.

7. Radiasi ultra violet
Pengkhususan Studi sudah lalu menunjukkan bahwa komponen sulforaphane pada kembang kubis efektif dalam mereservasi indra peraba berpunca kehancuran akibat radiasi cahaya ultra violet. Tindakan pelindung sulforaphane akan mencegah tubuh berbunga radang, kanker kulit, dan kerusakan sel.

8. Bujukan neurodegenerative
Sulforaphane dan indoles dalam kembang kol memainkan peran kunci dalam mengurangi urut-urutan ki aib neurodegenerative. Ini akan mengaktifkan enzim detoksifikasi yang menggotong tingkat glutathione, dan membantu intern mengobati jejas saraf yang disebabkan oleh peradangan dan stres oksidatif plong ki kesulitan Alzheimer dan penyakit Parkinson.

9.Hipertensi dan kolesterol
Kebiasaan glucoraphanin dan sulforaphane pada kembang kubis akan membantu dalam mengurangi stres oksidatif dan besaran kolesterol kejam (LDL). Pula akan mendorong stimulasi kolesterol HDL dan menurunkan tekanan darah. Selain itu, jamur dan asam lemak Omega-3 dalam kembang kol juga mendukung mengurangi kolesterol jahat dan mencegah pengerasan pembuluh nadi.

10. Keseimbangan elektrolit
Kembang kol mengandung kalium, yaitu salah satu elektrolit utama dalam awak. Kalium membantu tubuh kerumahtanggaan menjaga keseimbangan elektrik, yaitu sesuatu yang sangat berharga diperlukan privat kemustajaban sistem saraf dalam gigi impuls saraf dan peregangan otot.

11. Sistem imunitas badan
Kembang kol kaya akan antioksidan dan nutrisi yang berkepribadian bagi penguatan sistem kekebalan jasmani. Sehaluan dengan senyawa sehat lainnya, zat makanan C intern kembang kol juga membantu dalam mencegah berbagai rupa variasi infeksi, serta memperkuat mekanisme baluwarti tubuh dengan menghambat pertumbuhan penyebab penyakit peradangan.

12. Anti Obesitas
Kembang kubis mengandung sintesis sehat begitu juga indoles, nan memiliki efek anti-obesitas. Studi telah membantu fakta bahwa konsumsi rente kubis berguna intern mencegah peradangan dan gangguan metabolisme fisik. Bunga kubis Juga kontributif menstimulasi thermogenesis cak bagi pembakaran lemak dan mencegah obesitas.

13. Kehamilan
Memasukkan bunga kol dalam diet kehamilan berfaedah bakal menambat eksistensi folat esensial yang membantu internal perkembangan saraf yang segak sreg bayi. Vitamin terdahulu dan mineral lainnya yang ditambah serat juga akan meningkatkan kesegaran secara keseluruhan.

14. Kesehatan Gembong
Kembang kubis mengandung kolin dan fosfor, yang efektif dalam menyunting kiat semenjak membran sel. Hal ini terdahulu untukmenjaga maslahat dari sistem otak yang efisien dan saraf untuk penghubungan sinyal saraf. Selain itu, potasium dan vitamin B-6 sreg kembang kol juga berperan terdepan dalam menjaga kesehatan gembong dan meningkatkan komunikasi yang tepat pada saraf dengan memproduksi berjenis-jenis neurotransmiter yang diperlukan tersurat dopamin dan norepinefrin.

15. Mencegah Diabetes
Kandungan kalium dalam kembang kubis membantu dalam menata metabolisme glukosa. Hal ini juga dimanfaatkan maka itu kelenjar ludah perut bikin mensekresi hormon insulin bakal mengambil tindakan terhadap tingkat menggotong gula darah dalam tubuh. Rendahnya tingkat kalium intern jasad pada karenanya bisa meningkatkan qada dan qadar glukosa darah dan menimbulkan ancaman diabetes. Selain itu, penelitian telah mendukung bahwa vitamin B-6 mulai sejak kembang kol kembali efektif dalam meningkatkan toleransi glukosa pada pasien dengan glikosuria gestasional.

PERINGANTAN MENGKOMSUMSI KEMBANG Kubis

1. Interaksi obat
Kembang kol kaya akan vitamin K yang digunakan tubuh untuk pengerasan darah protokoler. Dan ini boleh berinteraksi dan mengurangi efektivitas dari penawar antikoagulan nan diresepkan lakukan mencegah pembekuan darah dalam tubuh. Jika Anda memperalat obat antikoagulan, selalu dinasihatkan untuk mendiskusikan mengenai asupan makanan yang bakir vitamin K seperti mana kembang kubis dengan ahli kesehatan.

2. Efek samping berdukacita Kol
Gas perut:
Kembang kol mengandung karbohidrat kompleks yang tak bisa dipecah selengkapnya intern parit pencernaan. Karbohidrat ini akan dimakan makanya bibit penyakit tali perut. Ini kadang-kadang dapat menyebabkan kembung dan terjadi pemenuhan asap yang berbau seperti hidrogen dan karbon dioksida.

Purin:
Kembang kol mengandung purin, yaitu zat yang dapat menyebabkan masalah kesehatan seandainya dikonsumsi secara berlebihan. Purin memecah cak bagi membentuk asam urat, dan asupan makanan yang jebah purin dapat menyebabkan penumpukan asam urat dalam tubuh. Hal ini akan semakin membuat kelainan asam urat atau bujukan ginjal dbertambah elusif. Disarankan untuk basyar yang menderita ki aib buat membatasi asupan makanan kaya purin seperti mana bunga kol.

Anafilaksis:
Kembang kol dapat mendorong anafilaksis lega sejumlah orang, yaitu dapat menyebabkan reaksi alergi parah. Tanda-tanda peringatan pecah reaksi alergi seperti basal pada bagian tubuh, gatal, sesak berasimilasi dan asimilasi. Dipetuakan bikin menghentikan konsumsi kembang kol , jika terjadi gejala tersebut dan mencari bantuan medis lekas.



Tips

Ada beberapa biaya siluman nan diperhatikan dan dilakukan moga kembang kubis bisa tetap sehat saat disimpan.

1.Potong kembang kol
Biar lebih mudah menyimpannya, maka pancung anak uang kubis per dara moga mudah dimasukkan ke internal wadah

2.Taruh internal wadah plastik
Masukkan kembanmg kol ke kerumahtanggaan kantong maupun wadah plastik nan tertutup. Kembang kol memiliki jangka kesegaran yang lembih lama jikalau dibandingkan dengan brokoli


3.Simpan dalam lemari es
Simpan kembang kol segar nan mutakadim dibungkus rapi ke privat lemari es. Suhu dalam almari es nan direkomendasikan untuk menjaga kebugaran kas dapur agar tetap optimal yakni sekira 1,6 hingga 4,44 derajat celcius

4.Berubah warna



Buru-buru keluarkan takdirnya kembang kol sudah berubah cokelat. Kembang kol boleh bersikeras lama hingga tiga minggu.


Kembang Kol

http://gudangsayuran.blogspot.com/2013/07/kembang-kol-atau-kubis-bunga.html

Source: https://gudangsayuran.blogspot.com/2013/07/kembang-kol-atau-kubis-bunga.html

Posted by: holymayhem.com