Tokoh Penemu Cara Tumbuh Tanaman Sussure

Cara Menanam Vanili dengan Baik agar Bersemi Subur & Cepat Besar

Tanaman vanili terbit dari Meksiko, dan kini telah tersebar ke berbagai belahan mayapada termasuk Negeri Indonesia. Sejumlah jenis tumbuhan vanili yang umum dibudidayakan yakni Vanilla Vindiflora BI., Vanilla Mexicana Mill, Vanilla Sativa Schiede, dan Myrobroma Fragrans Salisb. Pokok kayu ini tertulis di keluarga Orchidales puas genus Vanilla. Seperti diketahui, aroma vanili banyak digunakan dalam industri hutan, farmasi, dan kosmetika. Sehingga banyak pula orang tani yang membudidayakannya.

Aksi budidaya tanaman vanili sahih dilakukan di tanah hapludans, dystrudepts, podsolik, hapludults, atau jenis petak lainnya asalkan memiliki adat badan yang baik dengan pH tanah 5,5-7,0. Iklim yang cocok untuk pertumbuhan tanaman ini yakni jenaka hujan angin 1000-2000 mm/tahun yang terbagi rata sepanjang 8-9 bulan basah dan diikuti 3-4 bulan kering. Adapun suhu udara nan sesuai berkisar 20-30
ozonC, kelembapan peledak 65-75%, serta ketekunan cahaya rawi yang dibutuhkan 30-50%.

Detik hendak mengambil semen pokok kayu vanili, perhatikan faktor-faktor di bawah ini dengan baik :

  1. Diambil dari pokok kayu indung sehat nan ditandai dari daunnya nan bersih
  2. Tak ada gejala-gejala kekurangan partikel hara plong tanaman
  3. Tanaman bebas berpunca ofensif hama atau penyakit
  4. Tanaman sedang privat berada pada masa pertumbuhan yang aktif
  5. Direkomendasikan mengaryakan pohon induk dari variasi Vania 1 dan Vania 2

Perbanyakan tanaman vanili umumnya dilakukan dengan metode stek. Pengambilan stek pertama baru boleh dilaksanakan ketika tanaman telah berusia 2 waktu yakni pada awal perian hujan angin. Caranya yaitu Anda dapat menyusup julai tanaman setimbang 1 m semenjak permukaan tanah. Stek yang ukurannya panjang dapat langsung ditanam. Padahal bikin stek pendek yang hanya memiliki 1 ruas berdaun tunggal harus diambil 4-6 rembulan sebelum tanam karena teradat disemai terlebih lampau.

Di bawah ini merupakan ancang-langkah yang harus dilakukan dalam menyemai stek tanaman vanili yang berukuran sumir, antara bukan :

  • Penyemaian dilakukan di rumah kaca alias flat sengkuap. Sekiranya memakai apartemen beratap, buatlah tataran atap bagian timur 2 m dan fragmen barat 1,75 m. Lokasi pembuatan rumah persemaian ini harus berada di dekat sumber air dan lahan tanam/kebun terdepan.
  • Bedengan dibuat di bawah rumah atap dengan ukuran bogok 75-100 cm, tingkatan 20-25 cm, dan pangkat menyetarafkan kebutuhan. Tanah untuk bedengan dicangkul renik, habis berikan jamur kandang dan pasir saban sebanyak 1 bagian dan tanahnya 2 babak.
  • Penanaman stek vanili dilakukan dengan memosisikannya serong. Jarak tanamnya adalah 10 x 10 cm untuk penyemaian di bedengan. Sementara itu bila memakai polybag, Ia bisa memperalat polybag yang ukurannya 20 x 15 cm dan diisi alat angkut tanam.
  • Peliharalah stek vanili yang medium disemai tersebut meski berhasil bersemi menjadi tanaman yang nyawa. Kerangka perawatan dasarnya dapat dilakukan dengan menyirami pokok kayu setiap 2 waktu sekali dan memberikannya serabut sesuai dosis anjuran.

Proses persiapan kapling kerjakan penanaman vanili secara massal moga dilaksanakan sejak 6-12 bulan sebelum penghutanan. Anda bisa memulainya dengan menjernihkan kapling dari gulma, sempuras pokok kayu lain, dan batu-batuan. Kemudian lakukan pencangkulan atau pembajakan kapling sampai teksturnya menjadi kenyet-kenyut serta pembuatan drainase cak bagi mencegah timbulnya lopak air. Selang 2 kemudian, tanam Glyricidia maculate perumpamaan panjatan vanili dengan jarak tanam 1,5 x 1,25 m.

Pembuatan lubang tanam untuk tanaman vanili diolah pasca- pohon panjatan berumur 6-9 bulan sehingga mutakadim siap digunakan. Adapun lubang tanam ini dibuat berdimensi 60 x 60 x 40 cm dengan jarak 1,5 x 1,25 m. Lantas biarkanlah terowongan tanam tersebut tunak terbuka sejauh 1 bulan lamanya. Kemudian berikan pupuk kandang sebanyak 10-20 kg/korok tanam dan ditutup dengan persil. Untuk pula guludan individu seimbang 20 cm yang melingkari tumbuhan panjatan.

Selanjutnya dapat dilakukan proses penghijauan esensi atau stek tanaman vanili lega terowongan tanam. Anda harus menyobek polybag dengan pilih-pilih mudahmudahan tak destruktif akar tanaman atau menyebabkannya terputus. Usahakan tanahnya tetap menempel pada akar susu pohon. Kemudian bakal penyiangan gulma dilakukan di sekitar perakaran tumbuhan vanili agar tidak terganggu. Perlu kembali dilakukan pembumbunan dengan menaikkan kapling pun kendati batang dan akar susu vanili tunak tertimbus di pangkal tanah.

Pemangkasan perlu dilaksanakan agar carang pohon vanili cepat membelenting. Kerjakan pemangkasan ini setelah matra sulur mengaras 80 cm atau sudah memiliki minimal 10 daun dewasa. Caranya yaitu Anda dapat memangkas bagian pucuknya. Kerjakan kondusif pertumbuhannya, tanaman vanili yang berumur kurang dari 2 waktu perlu diberikan pupuk yakni Urea 20-40 gram, TSP 35-70 gram, dan KCl 40-80 gram per hari. Sedangkan cendawan buat tanaman vanili berumur kian dari 2 tahun adalah Urea 40-80 gram, TSP 70-140 gram, dan KCl 80-160 gram per tahun.

Waspadalah terhadap penyakit nan bisa menyerang tumbuhan vanili sebagai halnya rusak batang (Fusarium Oxysporum, Fusarium vanilla), busuk pucuk (Phytophthora parasitica), busuk sklerotium (Sclerotium rolfsii), dan antraknosa (Colletrotrichum gloeosporioides). Pengendalian terhadap penyakit-penyakit ini bisa dilakukan dengan beberapa metode sebagai berikut :

  1. Menggunakan benih tanaman vanili yang menang, sehat, dan resistan komplikasi.
  2. Memanfaatkan kantor cabang hayati dan bahan-incaran organik yang main-main.
  3. Mengaplikasikan fungisida nabati berbahan aktif eugenol dan sitral nan diekstrak terbit cengkih dan serai wangi.



Source: https://blog.tokotanaman.com/cara-menanam-vanili-dengan-baik-agar-tumbuh-subur-cepat-besar/

Posted by: holymayhem.com