Terangkan Cara Penanganan Yang Baik Pada Tanaman Sayuran Pascapanen

Penuaian dan Penanganan Pasca Panen lakukan Menyempurnakan Kebutuhan Pasar

udin abay | Rabu, 08 Mei 2019 , 17:47:00 WIB

Swadayaonline.com –Panen dan Penanganan Pasca Panen menjadi kejadian nan berharga kerumahtanggaan proses budidaya tanaman. Ini dilakukan untuk menyempurnakan kebutuhan pasar. Sesi 6 Pelatihan Teknis Agribisnis Sayuran dengan Onsite Training Cermin di Kerubungan Berhuma Cialieu, Cibodas Lembang, dilaksanakan Paru-paru (01/05/2019).

Ferry, fasilitator pelatihan menjelaskan akan halnya kegiatan panen dan pascapanen nan merupakan tahap akhir terbit proses budidaya tumbuhan “Panen adalah pemetikan hasil budidaya sebagai kegiatan akhir dari siklus budidaya, sedangkan pasca panen adalah penanganan hasil tanaman segera setelah dilakukan panen. Tanaman kita siap panen bisa dilihat berasal arah waktu nan memang telah waktunya, atau ciri awak yang disesuaikan dengan permintaan dan kebutuhan pasar”, jelas Ferry mengawali sesi materi.

Panen masa kini bisa dibantu dengan alat dan mesin perkebunan, saja sreg sayuran rata-rata menunggangi radas tradisional seperti sabit atau pisau. Penanganan pascapanen menutupi pengeringan, pendinginan, pembersihan, seleksi, penyimpanan, dan penyediaan. Penanganan pasca panen sangat menentukan kualitas hasil pertanian yang sudah lalu dibudidayakan, serta bagi menentukan akan diapakan hasil panen tersebut, apakah dijual fit ataupun diolah menjadi bahan wana baru.

Tujuan utama pecah penanganan pascapanen adalah mencegah susut bobot, memperlambat pergantian kimiawi yang enggak diinginkan, mencegah pengotoran bahan asing dan mencegah kerusakan fisik. Penanganan pascapanen umumnya dilakukan di rumah pengepakan (packing house), baik yang masih sederhana atau sudah beradab ada cold storage nya, asalkan cak semau air bersirkulasi kerjakan mencuci hasil panen.

Dijelaskan Ferry bahwa nantinya seluruh alumni Pelatihan OTM akan menjadi supplier sayuran di Packing House di BBPP Lembang dimana packing house ini sudah maju karena dilengkapi cold storage yang bisa menyimpan sayuran dalam jangka waktu lama. Ini menguntungkan petambak karena sarana infrastruktur sudah cukup acuan, hanya komitmen awet kerjakan beradab dengan cara melakukan budidaya yang baik sesuai dengan segala nan sudah lalu dituruti detik pelatihan sehingga kuantitas dan kualitas hasil panen bagus. Pemasaran sudah disediakan melalui Dataran Agribusiness Incubation Center (LAIC), sehingga diharapkan pendapatannya meningkat, ketenteraman terjangkau.
SY/CHE


Source: https://www.swadayaonline.com/artikel/3161/Panen-dan-Penanganan-Pasca-Panen-untuk-Memenuhi-Kebutuhan-Pasar/

Posted by: holymayhem.com