Belajar Hidroponik di KT Sekartaji
Belajar Hidroponik di KT SekartajiSemarang

– Stunding Banding BPP Kecamatan Pringapus Kabupaten Semarang di Kerubungan Tani Sekar Taji Sendangmulyo Tembalang pada hari Peparu, 31 Juli 2019. Adapun pelajar kegiatan yaitu Kelompok Bercocok tanam Sumber Rejeki Mangunharjo Tembalang. N domestik pelaksanaan kegiatan didampigi makanya PPL Kecamatan Tembalang.

Harapan stunding banding untuk BPP Pringapus yakni bagi membekali PPL sepatutnya makin mengenal dan memperdalam budidaya secara hidroponik, sehingga bisa diaplikasikan pada kelompok tani binaannya. Manfaat stunding banding untuk kerubungan Tani Sekar Tegil yakni gerombolan lebih termotivasi kerjakan lebih melebarkan budidaya hidroponik.

Materi studi banding yaitu budidaya tanaman sayur dan buah secara hidroponik nan sudah lalu dilakukan oleh Keramaian Bersawah Sekar Tegil. Pada pelaksanaanya Kelompok Tani Sekar Jalu memaparkan kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan meliputi pembibitan secara hidroponik, pemeliharaan pohon, pengendalian hama tanaman, pemberian zat makanan dan perabukan, serta pengetaman.

Belajar Hidroponik di KT SekartajiSelain paparan materi, petatar study banding pula di ajarkan pratek secara sinkron pembibitan hidroponik dan dilanjutkan anjangsana ke green house Gerombolan Berkebun Sekar Taji. Kunjungan ke green house kerjakan memopulerkan dan  melihat neko-neko hidroponik kit yang dimiliki keramaian.

Berawal berusul program Persawahan Perkotaan Maktab Pertanian Kota Semarang, kelompok Tani Sekar Taji mendapatkan rangkaian hidroponik kit diantaranya NFT syste dan wick system. Kemudian kelompok mengembangkan macam kit hidroponik ialah EBB and flow system, dutch bucket system, dan aquaponic, selain itu Kelompok Sekar Jalu pula mengembangkan tanaman sayur dengan polybag.

Murid Studi Banding (BPP Pringapus) tinggal antusias dan memberikan respon substansial. Mereka sekali lagi termotivasi bahwa dengan keterbatasan lahan dan hidroponik kit di Gerombolan Sekar Taji dapat memaksimalkan potensi terserah.