Teks Laporan Tentang Cara Membudi Daya Tanaman Stroberi


Unduh PDF


Unduh PDF

Misal sendang rahim dan pohon rias, stroberi memberikan banyak buah beri yang cantik sejauh seputar 5 tahun. Belaka, stroberi jarang tumbuh bersumber bijinya. Oleh karena itu, belilah tanaman stroberi maupun sulurnya dari pembudi daya. Tempatkan tanaman stroberi muda atau sulurnya di kebun atau dalam pot agar Anda bisa memanen biji kemaluan-buahan yang sedap pada hari berikutnya.

  1. 1

    Belilah konsentrat tanaman stroberi yang masih cukup umur atau sulurnya berpunca toko gawai kebun atau pembudi daya.
    Beliau dapat membeli bibit tanaman stroberi sudah yang dikembangkan di dalam vas semenjak pembudi kancing, atau sulur stroberi bersumber pembudi ki akal atau toko perlengkapan huma yang menyempatkan jasa pemesanan sediakala.
    [1]

    • Ekstrak tanaman stroberi nan dikembangkan di n domestik botol merupakan pohon mulai dewasa yang sudah tumbuh dan sedikit berkembang. Sama sekali Ia dapat mendapatkan buah stroberi plong perian yang separas dengan periode penghutanan. Namun, Anda mungkin wajib menunggu selama satu tahun kerjakan mendapatkan panen penuh.
    • Carang stroberi boleh menjadi opsi yang lebih tercapai. Julai merupakan sari dengan akar tataran yang diambil berpokok pohon stroberi lain. Biarpun biayanya murah, sulur dapat memakan masa nan lebih lama bakal berkembang dan menghasilkan buah.
  2. 2

    Dapatkan macam Juni (June-bearing) jikalau ingin mendapatkan satu panen besar internal satu tahun.
    Diversifikasi ini mengasihkan stroberi paling banyak, tetapi cuma menghasilkan buah setahun sekali di rembulan Juni. Belilah keberagaman ini jika Anda berencana mengawetkan atau membekukan hasil panen.
    [2]

    • Suka-suka bilang varietas tanaman stroberi Juni. Tipe ini mencakup
      Earliglow,
      Seneca, dan
      Allstar. Tanyakan kepada pihak pembudi kiat atau toko penjual tegal mengenai jenis atau spesies yang disarankan kerjakan daerah tempat terlampau Engkau.
  3. 3

    Pilihlah varietas segala apa masa (everbearing) jika ingin mendapatkan dua kali pengetaman (dengan kuantitas sedang) dalam satu perian.
    Varietas ini bisa berkembang dan menghasilkan buah n domestik kuantitas yang patut banyak di musim recup dan gugur. Anda bisa memanen buah kian cak acap dalam suatu tahun, tetapi jumlahnya bertambah tekor tinimbang hasil pengetaman varietas Juni.[3]

    • Varietas segala musim mencakup variasi
      EverSweet
      dan
      Ozark Beauty.
  4. 4

    Diskriminatif varietas nonblok (day-neutral) jika ingin mendapatkan beberapa panen kerdil sepanjang hari.
    Macam ini menghasilkan stroberi sepanjang perian selama suhu udara berkisar antara 2-29°C. Namun, hasil panennya sangat tekor.[4]

    • Varietas ini mencaplok spesies
      Tristar
      dan
      Tribute.

    Iklan

  1. 1

    Pilihlah tempat yang kilat dengan drainase yang baik.
    Carilah tempat yang mendapatkan paparan cahaya matahari langsung selama 6-10 jam setiap hari. Area nan dipilih harus boleh menyerap air dengan mudah. Hindari area yang berada di dekat atau sekitar perairan terbabang.[5]

    • Bikin menguji drainase persil, gali gaung berformat 30 x 30 sentimeter dan isi dengan air. Keesokan harinya, isi kembali lubang dengan air dan periksa waktu nan dibutuhkan sebatas air terserap. Idealnya, air dengan ketinggian 2,5-7,5 sentimeter harus dapat terkuras dalam periode suatu jam.
      [6]
    • Jangan tanam stroberi di tempat yang sebelumnya pernah ditanami tomat, kentang, cabai, atau terung privat 4 tahun terakhir karena pupuk dapat menyebar dan mengganggu tanaman stroberi Anda.
  2. 2

    Carilah area tanah dengan pH berkisar antara 5,5-6,5.
    Belilah peralatan uji tanah berasal pembudi daya maupun toko perkakas kebun. Ikuti petunjuk penggunaan yang tertera pada label cak bagi menguji pH. Tanah nan digunakan harus bersifat sedikit senderut.[7]

    • Takdirnya tingkat pH tanah tidak tepat, Anda wajib menyesuaikannya. Jika pH bersisa sedikit, tambahkan jeruk nipis ataupun batu batu rabuk dolomit pada tanah. Sekiranya pH-nya terlalu hierarki, campurkan belerang atau lumut gambut pada kapling.
  3. 3

    Tanam bibit pasca- es melebur di bulan Maret atau April (jika Anda tinggal di wilayah dengan empat tahun).
    Ketika tanah sudah tidak lagi membeku (atau suhu mulai terasa panas kuku) dan tidak ada lagi salju yang ambruk, Anda bisa menanam stroberi. Biasanya cuaca seperti ini roboh pada bulan Maret atau April, tetapi Anda terlazim memeriksa sungkap atau jadwal kondisi cuaca untuk daerah tempat lewat Ia.[8]

    • Pada cuaca hangat, Sira dapat melubangi lahan dengan mudah menggunakan sekop. Jika petak masih terlalu gigih, tunggulah selama beberapa minggu.
    • Persil harus berada dalam kondisi gersang. Seandainya hujan turun, tunggulah selama beberapa musim sebelum menanam stroberi.
  4. 4

    Galilah gaung yang cukup kerumahtanggaan dan pepat untuk menggampar akar susu.
    Biasanya, Anda perlu menggali gua dengan kedalaman 10-20 sentimeter, tergantung kepada panjang akar. Jika pohon berlambak di dalam pot, gunakan jambangan tersebut sebagai gambaran untuk memaklumi kedalaman lubang yang diperlukan.
    [9]

  5. 5

    Pindahkan esensi tanaman stroberi berbunga jambang ke lubang.
    Keluarkan pohon berusul pot aslinya sambil tetap kulimat agar akar tanaman tetap utuh. Masukkan akar ke privat gorong-gorong. Selepas itu, dorong kembali tanah ke intern gaung sampai ketinggiannya hampir mencapai penggalan atas akar tunggang. Segera guyur tanaman setelahnya.[10]

    • Pastikan Dia hanya menguruk bagian akar. Pucuk (maupun mayit bau kencur nan rimbun) harus tetap berada di atas permukaan persil.
  6. 6

    Tanam setiap tanaman stroberi kerumahtanggaan jarak 50 sentimeter.
    Jika Anda ingin memakamkan lebih dari suatu lajur pokok kayu, beri jarak sepanjang 1,2 meter di antara setiap baris. Adanya jarak memberikan banyak ruang cak bagi tumbuhan untuk hambur dan berkembang.
    [11]

    Iklan

  1. 1

    Pilihlah botol besar dengan lubang drainase di bagian dasarnya.
    Botol yang digunakan harus berdiameter 41-46 sentimeter kiranya tanaman dapat bertunas dengan baik. Lubang-gua lega bagian bawah pot kondusif memudahkan drainase tanah.[12]

  2. 2

    Tempatkan irisan botol, batu-batuan kecil, atau pecahan cak keramik di dasar jambang.
    Isi sekitar 1/3 volume jambang. Tutupi sepuhan pangkal ini dengan kain. Pendayagunaan target-target tersebut membantu proses drainase tanah. Tanaman stroberi n kepunyaan akar tunggang yang ringkas sehingga botol yang digunakan enggak harus terisi seutuhnya dengan tanah.[13]

    • Botol, bebatuan, atau bongkahan cak keramik membuat pot terasa lebih ringan sehingga memudahkan Anda momen harus memindahkan pot.
  3. 3

    Isi ira yang keteter dengan tanah campuran.
    Gunakan tanah serbaguna dengan pH berkisar antara 5,5-6,5. Sisakan ruang secukupnya pada vas untuk mengegolkan pokok kayu. Jika kepingin, Kamu bisa menambahkan kompos untuk memperkaya kandungan tanah.[14]

    • Label produk tanah campuran harus memunculkan bilangan pH.
  4. 4

    Pindahkan tumbuhan ke internal pot.
    Angkat tanaman berpokok pot sebelumnya. Dengan selektif, lepaskan tanah yang menempel pada akar tunjang dengan jari, tetapi cobalah bikin tak menyentuh atau merusak akar pohon. Masukkan tumbuhan pada gorong-gorong di dalam pot. Tolak ikut maupun tambahkan lebih banyak persil setakat ketinggiannya mencecah fragmen atas akar tunjang.[15]

    • Pucuk alias mayat tanaman harus tetap berada di atas rataan tanah. Hanya akar tunggang yang boleh tertanam di bawah persil.
    • Jika Anda memiliki jambang atau wadah raksasa nan ingin digunakan untuk menanam beberapa pokok kayu, serah jarak sepanjang 25-30 sentimeter di antara setiap pokok kayu.
  5. 5

    Tempatkan pot di panggung yang tertimpa cahaya matahari.
    Tanaman stroberi membutuhkan paparan cahaya syamsu langsung selama 6-10 jam. Letakkan pot di teras, tegal, maupun balkon sepatutnya bisa mendapatkan cukup cahaya mentari. Di musim atau panah dingin, Anda dapat memasukkan botol ke internal apartemen, selama Dia menempatkannya di dekat jendela nan terpapar cahaya matahari.
    [16]

    • Jika pohon tidak mendapatkan patut nur mentari saat ditempatkan di privat rumah, cobalah letakkan tanaman di bawah lampu khusus (mis.
      grow light
      atau lampu ultralembayung).

    Iklan

  1. 1

    Siram tanaman secara teratur.
    Setiap minggu, tuangkan air ke dalam ember hingga ketinggiannya mencapai 2,5 sentimeter, kemudian siramkan sreg tanaman . Lakukan penyiraman pada adegan bawah tanaman. Jangan siram biji pelir dan daun tanaman karena dapat memicu urut-urutan cendawan atau pembusukan tumbuhan.
    [17]

    • Seumpama perkiraan kasar jumlah air yang dibutuhkan, siapkan 19 liter air bagi setiap galur tanaman sepanjang 2,4 meter.
  2. 2

    Tambahkan mulsa di musim ranggas agar akar susu tidak membeku.
    Sebarkan mulsa di seputar bagian bawah tumbuhan. Beliau dapat menggunakan jerami, biji pinus, alias serutan kayu. Lempar mulsa di musim tunas dan sebarkan kembali di setiap deret pohon sepatutnya suket tidak bisa menunaikan janji area ladang.[18]

  3. 3

    Siangi tanah di sekitar tanaman.
    Rumput dapat menghampari atau mengganggu tanaman stroberi, terutama pohon yang baru ditanam. Periksa kondisi rumput seminggu sekali. Cabut rumput dengan tangan dan pastikan Anda menyanggang akarnya. Kamu juga bisa menggunakan pacul untuk mengonyot rumput di antara setiap baris/galur.[19]

  4. 4

    Petik rente pertama.
    Dengan meradak bunga mula-mula yang tumbuh, Anda boleh mendorong tumbuhan bakal berkembang lebih cepat. Sira dapat meradak rente secara sedarun atau memotongnya dengan gunting kebun.[20]

    • Untuk keberagaman Juni, petik semua bunga yang merecup di tahun pertama kiranya Anda boleh memanen biji kemaluan pada perian berikutnya. Di tahun depan, jangan renggut atau petik anakan-rente stroberi yang berkembang.
    • Untuk varietas netral dan apa tahun, petik anakan-bunga hingga akhir bulan Juni. Biarkan bunga berkembang setelahnya agar Kamu bisa menuai biji kemaluan di musim ringgis.
  5. 5

    Cegah hama menggunakan insektisida.
    Ada bermacam-macam keberagaman serangga nan mengesir stroberi, tercatat belatung, naning, kutu patera, dan kutu
    thrip. Buat mengusir insekta-insek tersebut, gunakan sabun cair racun serangga atau cacian minyak
    mimba
    (neem) pada tanaman. Baca segel untuk memastikan komoditas aman digunakan di rumah.[21]

    • Selalu ikuti wahyu penggunaan yang teragendakan di label kemasan agar Anda menggunakannya dengan tepat.
    • Tutupi pohon stroberi dengan jaring seharusnya zakar tidak dapat memakan buahnya.
  6. 6

    Gunakan fungisida pada tanaman kerjakan mencegah kelainan puas stroberi.
    Tanaman stroberi rentan terhadap beragam variasi jamur, sebagaimana embun duli atau
    grey mold. Belilah produk fungisida yang diformulasikan cak bagi penggunaan rumahan. Pastikan segel menunjukkan wara-wara bahwa produk aman digunakan pada tanaman stroberi. Ikuti ilham penggunaan nan tertulis lega etiket.[22]

    • Sekiranya Anda melihat perubahan warna atau bintik-tutul sreg patera, tarik atau potong daun tersebut dari tanaman bagi mencegah pendakyahan penyakit.
  7. 7

    Panen stroberi.
    Ketika ¾ bagiannya sudah berwarna berma, stroberi siap dipetik. Bawa kobok maupun keranjang ke tanaman atau tanah stroberi. Putar dahannya buat memetiknya dari tanaman. Cuci biji zakar menggunakan air cahang sebelum dimakan.[23]

    • Panen buah segera setelah matang. Stroberi yang dibiarkan tergeletak di atas tanah sesak lama akan mereput.
    • Buang stroberi yang mulai memburuk dari tanamannya. Terserah baiknya Anda membuangnya daripada membiarkannya plong tanaman.

    Kancing PAKAR

    “Rata-rata, masa nan dibutuhkan hingga stroberi siap dipetik adalah 4-6 minggu.”

    Maggie Moran

    Maggie Moran

    Spesialis Rumah & Yojana

    Maggie Moran yaitu petani profesional di Pennsylvania.

    Maggie Moran

    Maggie Moran

    Spesialis Apartemen & Taman

    Iklan

  • Sebagian besar tanaman stroberi akan berhenti berbuah setelah 4-6 periode. Hari henti produksi tanaman ini akan bergantung kepada macam tanaman itu koteng. Ambil atau buang tumbuhan setelah berhenti menghasilkan biji zakar.
  • Jika Ia menanam stroberi di intern keranjang atau vas gantung, jangan lupa buat mengacau pot atau keranjang secara berkala agar episode pinggul tumbuhan mendapatkan memadai sorot matahari.

Iklan

Hal nan Anda Butuhkan

  • Esensi tumbuhan stroberi nan masih muda ataupun sulurnya
  • Sekop
  • Peralatan uji pH persil
  • Jargon ataupun alat penyiram ladang
  • Sari tanaman stroberi yang masih mulai dewasa alias sulurnya
  • Pot ataupun wadah semacamnya
  • Tanah
  • Sekop
  • Grow light
    atau lampus ultralembayung (mana suka)

  • Slang alias instrumen penyiram kebun
  • Gunting kebun
  • Pangkur
  • Mulsa
  • Sabun insektisida ataupun insektisida minyak
    mimba
    (neem)
  • Fungisida
  • Jaring

Adapun wikiHow ini

Pekarangan ini telah diakses sebanyak 32.409 kali.

Apakah kata sandang ini kondusif Ia?

Source: https://id.wikihow.com/Menanam-Stroberi

Posted by: holymayhem.com