Tatab Cara Tanam Kangkung Hidroponik

JAKARTA, KOMPAS.com
– Kodok adalah sayuran yang bisa ditanam dengan metode hidroponik. Sayuran bau kencur satu ini mudah tumbuh dan dapat dia nikmati hasilnya.

Baca juga: Tips Tanam Sayuran dengan Metode Hidroponik di Ruangan Tertutup, Semupakat kerjakan Anak Kos

Metode hidroponik bertujuan menumbuhkan tanaman tanpa ki alat persil melainkan dengan air. Metode ini dikembangkan lakukan masyarakat di perkotaan nan n kepunyaan kapling sempit.

Ikbal Alexander,
founder
Kertabumi Recycling Center mengatakan bahwa kecebong adalah pokok kayu yang setuju cak bagi pemula yang coba menanam dengan metode hidroponik.

“Tanaman yang setuju dan mudah ditanam dengan hidroponik ini adalah sayuran hijau antara lain seperti kangkung, sawi, dan bayam,” kata Ikbal kepada
Kompas.com, Rabu (1/7/2020).

Ilustrasi menanam dengan metode hidroponik.
SHUTTERSTOCK/DANIELSIKODOX
Ilustrasi menanam dengan metode hidroponik.

Cara mewujudkan alat hidroponik

Alat tanam metode hidroponik bisa dibuat seorang. Langkah membuatnya:

1. Lubangi putaran pangkal gelas maupun botol plastik.

2. Lapisi bagian privat wadah dengan ketebalan yang cukup pakai tiras flanel, upet, atau spons.

3. Siapkan tempat primitif seperti timba atau jambang plastik 1,5 liter. Masukkan panggung tanaman sedalam 1 cm. Pastikan flanel atau ki alat pelembab lainnya sudah terendam air sebagian.

“Tempat penampung airnya bisa bebas, bisa ember alias botol air mineral nan gelanggang yang ki akbar, lalu dikasih air sampai mengebankan akar dari tanamannya,” papar Ikbal.

Reja flanel berfungsi andai pijakan akar tunggang seyogiannya bentuknya tegak. Kain flanel bisa diganti dengan rayuan kelikir. Ki alat seperti flanel, sumbu, karet busa, dan kerikil berfaedah untuk menjaga kelembapan akar tunggang.

Prinsip mengetanahkan kangkung dengan metode hidroponik

Setelah semua alat sudah terpusat, saatnya menyemai jauhar kangkung. Bisa menggunakan biji bangkong atau yang sudah tumbuh tunasnya dan punya 4 patera lugu.

Jika sudah punya 4 daun ikhlas bisa bersama-sama ditanam pada wadah hidroponik. Kalau masih berbentuk benih kamu bisa menyemainya terlebih dahulu.

Ilustrasi kangkung ditanam dengan metode hidroponik.
SHUTTERSTOCK/BAYU WIDHI NUGROHO
Ilustrasi bangkong ditanam dengan metode hidroponik.

Caranya sebagai berikut:

1. Masukkan jauhar berudu privat wadah penyemaian, bisa dengan sarana kapling atau hidroponik. Jikalau sudah tumbuh daun kalis, pindahkan ke wadah nan kian besar.

2. Detik disemai menunggangi hidroponik sangat mudah, kamu tidak perlu mengangkat maupun ki memengaruhi akarnya juga, memadai memindahkan botol ke medan nan bertambah ki akbar.

“Cara menyemai sama dengan cara menanamnya. Pertama masukan flanel maupun media yang takhlik pokok kayu ini lembab lalu masukkan angka dan masukkan ke dalam air hingga tingginya 1 cm,” jelas Ikbal.

3. Katak akan bertaruk dan bisa dipanen jika sudah berumur 30 tahun. Ketika panen, potong patera remaja kangkung, tidak usah mencabut akarnya.

“Jikalau menuai, bikin pribadi rebut 50 persen berasal jumlah daunnya doang, jangan diambil semuanya,” jelasnya.

Cara merawat kangkung hidroponik

Ilustrasi
Shutterstock
Ilustrasi

Merawat pokok kayu hidroponik tidaklah susah, tetapi harus menetapi dan mengaibkan unsur ini.

Baca juga: Tanaman yang Mudah Tumbuh dengan Metode Hidroponik, Sepakat Buat Pemula

Pertama, perlu tempat yang terpapar angin bakal membawa oksigen yang diperlukan oleh tanaman. Sebagai halnya di jendela atau balkon.

Siapkan rabuk larutan, ilmu pisah atau alami. Baja cairan alami bisa dibuat dari air eks rendaman beras maupun daun mauz yang sudah diolah, serta kotoran terwelu.

Selanjutnya, berikan ulas pada pokok kayu seharusnya bisa menerima kilat matahari. Pasalnya, beliau lagi menjadi mata air energi bagi tumbuhan, karena merupakan kebutuhan pokok untuk berbuat pernapasan.

Pohon yang berkat sinar rawi akan bertambah kekar, lebih besar, dan resistan lama. Jika kolom bukan mempunyai sudut yang terpapar sinar rawi, boleh gunakan lampu
grow light

atau lampu kilap matahari.

Dapatkan update
berita sortiran
dan
breaking news
setiap waktu dari Kompas.com. Ayo bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://kaki langit.derita/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install petisi Telegram terlebih lampau di ponsel.

Source: https://www.kompas.com/food/read/2020/07/03/082800275/cara-tanam-kangkung-dengan-metode-hidroponik-bisa-ditaruh-dalam-kamar?page=all

Posted by: holymayhem.com