Tata Cara Merawat Tanaman Hidroponik

Budidaya Tanaman secara Hidroponik


Admin distan |

23 Agustus 2019 |

13666 kali


Seiring berkembangnya teknologi nan semakin pesat sama halnya jika kita melihat cara budidaya ayam pedaging, begitu pula dengan teknologi perkebunan. Enggak semata-mata dari segi alat sama dengan alat bajak sawah, penyiram air otomatis hingga alat penuaian tetapi pula dengan teknologi pada sistem kendaraan tanam.

Dengan semakin berkembangnya sistem teknologi plong media tanam, detik ini kita bukan saja bisa menanam dengan alat angkut tanah saja, anda bisa menanam dengan media air hingga memanfaatkan barang bekas nan tidak terpakai. Dengan serupa itu kita akan kian mudah privat menanam berbagai ragam tanaman start dari pohon, anakan, hingga sayuran. Salah satu cara yang mudah dan praktis dari kecanggihan sistem menyelamatkan sehingga banyak insan berbuat sistem ini adalah dengan cara hidroponik.

Secara sederhana, ditinjau berbunga bawah katanya, budidaya hidroponik penting suatu metode budidaya pohon minus menggunakan wahana tanah. Budidaya hidroponik memanfaatkan air/larutan mineral bervitamin nan diperlukan oleh pohon dan korban lainnya bagaikan pengubah alat angkut tanah. Mangsa-bahan perombak ki alat tanah diantaranya seperti mana serabut kelapa, serat mineral, ramal, retakan genteng/batu bata, serdak papan, dan tak sebagainya.

Berikut ini beberapa kelebihan berbunga hasil pohon hidroponik merupakan ;
1. Lebih hemat
2. Memaksimalkan Tanah cacat
3. Ramah lingkungan
4. Tidak destruktif tanah
5. Hasil bisa dimakan keseluruhan
6. Akar tanaman bisa diperiksa/dikontrol pertumbuhannya
7. Pertumbuhan lebih cepat
8. Tidak bergantung pada musim
9. Menghemat pemakaian pupuk
10. Enggak terlazim banyak tengah
11. Lingkungan bertambah ceria
12. Hama penyakit sedikit

Salah satu cara untuk berhuma hidroponik dengan memperalat sistem NFT (Nutrient Bioskop Technique). Dengan sistem ini incaran-objek nan diperlukan positif cangklong atau blantik, mesin pompa, wejangan air, perumpamaan penampungan air (produktivitas 25 ltr), rockwool, netpot, tiras flanel, panai pembibitan dan Zat makanan pohon (A & B). Sedangkan instrumen khusus sebagai tambahan konkret pH meter (lakukan pH air) dan alat EC atau TDC meter (untuk menakar kepekatan nutrisi yang telah terlarut internal air). Setiap jenis tanaman mempunyai kepekatan tersendiri yang sesuai untuk pertumbuhannya. Cak bagi itu sangat dianjurkan kerjakan mengimak petunjuk sesuai dengan kebutuhan masing-masing tanaman yang mutakadim tercatat lega kemasan.


(Wahyu_BPP Busungbiu)

SUMBER :
Almasshabur. 2017. 4 Cara Budidaya Hidroponik Sayuran. Ilmu Budidaya.com. Diakses 23 Agustus 2019.

Anonim. 2019. Panduan Mandu Menanam Hidroponik yang Benar. . https://sentrabudidaya.com/panduan-cara-memakamkan-hidroponik/. Diakses 23 Agustus 2019.

Bethari, T. 2017. Mandu Memakamkan Hidroponik Untuk Pemula. Merdeka.com. Diakses 23 Agustus 2019.

Source: https://distan.bulelengkab.go.id/informasi/detail/artikel/budidaya-tanaman-secara-hidroponik-60

Posted by: holymayhem.com