Tanaman Yang Menyerupai Sayuran Oyong

Manfaat gambas atau ketola (Luffa acutangula) untuk kesehatan cukup bervariasi. Namun sayang, masih banyak orang yang menyepelekan sayuran berwarna hijau dan lonjong ini.

Dilihat berpokok bentuknya, gambas terlihat adv amat mirip dengan okra. Tidak heran, di Amerika Kawan dan Kanada, sayuran ini pun disebut sebagai okra Tiongkok.

Meski biasanya manusia sudah familiar dengan gambas, tidak banyak bani adam yang tahu akan manfaatnya. Oleh karena itu, mari kenali beraneka rupa manfaat sayur ketola  untuk kesehatan yang selalu jika dilewatkan.

Kandungan gizi sayur gambas

Menurut sebuah penelitian, oyong juga mengandung bermacam ragam tipe nutrisi dan mineral, sebut saja vitamin B2, C, karoten, kalsium, fosfor, hingga zat ferum.

Berbagai rupa manfaat gambas nomplok dari rahim nutrisinya. Kerumahtanggaan satu cangkir (178 gram) sayur gambas atau oyong memiliki berbagai zat makanan dan mineral ini:

  • Protein: 1,17 gram
  • Nikmat: 0,61 gram
  • Karbohidrat: 25,53 gram
  • Serat: 5,2 gram
  • Vitamin A: 66,14% dari rekomendasi asupan kronik (RAH)
  • Vitamin B5: 0,892 miligram
  • Gizi B6: 0,176 miligram
  • Vitamin C: 10,1 miligram
  • Gizi B1: 0,082 miligram
  • Nutrisi B2: 0,075 miligram
  • Mangan: 0,397 miligram
  • Potasium: 806 miligram
  • Magnesium: 36 miligram
  • Zat metal: 0,64 miligram
  • Fosfor: 55 miligram.

Jadi, tidak mengherankan seandainya manfaat gambas habis bervariasi karena kandungan nutrisinya dipenuhi dengan vitamin dan mineral yang melembak.

Baca juga: Macam-macam Sayuran Hijau yang Perlu Tersaji di Meja Makan Engkau

Manfaat oyong atau gambas bagi kesehatan

Selain mirip okra, gambas sekali lagi mirip dengan mentimun. Hal ini bukan mengganjilkan karena kedua sayuran ini masih satu tanggungan. Orang Asia, terutama di Indonesia, sudah lalu tak luar lagi dengan rasa oyong nan lezat ketika dimasak menjadi sup. Tidak hanya itu, oyong juga kerap muncul di berbagai menu alat pencernaan.

Meski kaya akan nutrisi, terik yang sempat bahwa manfaat ketola baik bakal kesehatan. Berikut adalah beberapa faedah ketola maupun ketola bakal jasad Anda:

1. Bersifat antiradang




Manfaat oyong

Kemujaraban oyong
jangan
sampai dilewatkan

Dipercaya, biji dari sayur oyong bisa digunakan sebagai perunding antiradang alami. Beberapa penggalian membuktikan, sifat antiradang itu nomplok dari peranakan flavonoid dan asam fenolik yang dikandung bijinya.

Ditambah lagi, skor sayur gambas juga bersifat analgesik (pereda sakit). Itulah cak kenapa, para ahli percaya seandainya biji oyong yang sudah diekstrak dapat meredakan rasa sakit akibat penyakit peradangan.

2. Bisa melawan mikroba

Dalam dunia pengobatan tradisional India atau Ayurveda, guna oyong juga dipercaya bisa menimbangi berbagai basil penyebab keburukan, seperti mana infeksi kawul, bibit penyakit, dan virus.

Para ahli menemukan, sayur oyong nan sudah dijadikan tepung ternyata mengandung metanol dan etil asetat. Keduanya dipercaya mampu melawan bakteri, seperti
E. Coli,
B. subtilis,
P. aeruginosa, dan
S. aureus.

3. Menuntaskan alergi

Berbagai penekanan menjelaskan bahwa jerkah hidung homeopati yang mengandung esensi sayur gambas,
Galphimia
glauca, histamin, dan welirang bisa mengatasi berbagai gejala rhinitis alergi.

N domestik penelitian itu, para penderita rhinitis alergi menggunakan semprotan alat pencium homeopati sebanyak empat kali, sepanjang 42 hari. Efek ini serupa dengan semprotan hidung yang mengandung obat cromolyn sodium.

4. Memecahkan sinusitis

Sebuah pengkhususan menyatakan, pengusahaan dagangan homeopati nan mengandung pati gambas, lungmoss, dan kalium selama dua pekan, mewah mengendalikan berbagai gejala sinusitis.

Cuma tentu tetapi, studi kian lanjur masih diperlukan guna membuktikan manfaat oyong maupun oyong nan satu ini.

5. Melangsingkan tubuh




Manfaat oyong

Manfaat oyong, selain lezat kembali cak bagi sehat!

Fungsi sayur oyong selanjutnya merupakan menaruh berat badan. Sama seperti mentimun, oyong pula mengandung ganjaran air yang cukup pangkat.

Tidak hanya itu, ketola juga mengandung tinggi baja dan rendah sedap jenuh. Itu artinya, mengonsumsi sayur oyong dapat mempertahankan rasa kenyang yang lebih lama.

6. Memulihkan majemuk macam penyakit

Kebaikan sayur gambas dipercaya dapat mengobati beraneka rupa spesies kelainan. Hanya, belum banyak penelitian yang membuktikan guna ketola nan satu ini.

Berikut ini adalah berbagai jenis ki aib maupun ganjalan kedokteran yang dianggap bisa diobati dengan sayur oyong:

  • Nyeri
  • Masalah menstruasi
  • Pilek
  • Mengangkat sel jangat mati (dengan spons yang terbuat berusul oyong)

Biar demikian, belum banyak investigasi nan dapat membuktikan guna gambas di atas. Selain itu, masih belum ditemukan juga penjelasan mengenai gambar oyong (kekesalan, ekstrak alias tepung) yang dapat digunakan dalam mengobati berbagai macam masalah ini.

Itulah sebabnya Dia harus berkonsultasi pada dokter sebelum mencoba menggunakan sayur oyong kerjakan mengobati penyakit tertentu. Sebab, dokter bisa mengasihkan remedi-obatan medis yang jauh lebih sakti dibandingkan oyong.

7. Mengatasi cemberut urat

Khasiat gambas bagi asam otot dikenal ampuh karena kandungan karbohidrat, nutrisi B1, zat makanan C, kalsium, zat besi, dan fosfor di dalamnya. Oyong juga bisa memecahkan peradangan, sehingga bilangan bersut urat bersisa yang disebabkan makanya bengkak dan bisa mencegah sakit otot serta sendi.

Baca juga: Arti Sayuran Tak Suka-suka Habisnya, Ini Pentingnya Dikonsumsi Setiap Hari

Efek samping sayur oyong

Ketika dikonsumsi sebagai nafkah, sayur gambas dianggap aman dan tak memiliki efek samping. Namun, manfaat sayur gambas untuk asam lambung sepertinya harus lebih diperhatikan. Pasalnya, sekiranya dikonsumsi jebah, oyong bisa sebabkan kembung dan memperburuk gejala penyakit asam lambung.

Kemudian, belum ada penelitian yang menjelaskan apa surat berharga samping oyong saat dikonsumsi sebagai obat-obatan. Belaka, saat dioleskan ke kulit dalam bentuk bunga karang, oyong dipercaya tidak akan mengundang efek samping. Akan tetapi, belum ada penjelasan mengenai efek samping dari mengoleskan ketola dalam bentuk arang ke alat peraba.

Kerjakan ibu hamil dan menyusui, sayur oyong dianggap kesepakatan saat dikonsumsi dengan porsi sedang. Kendati demikian, belum ada penjelasan tentang efek samping gambas saat dikonsumsi berlebihan oleh ibu hamil dan menyusui.

Tulisan bermula SehatQ

Manfaat oyong memang dulu menggiurkan, saja perlu diingat bahwa belum banyak penelitian nan dapat membuktikan kebenarannya.

Ketika dikonsumsi ibarat rahim, pasti sekadar oyong tinggal enak dan juga menyehatkan karena mengandung berbagai diversifikasi nutrisi. Semata-mata, detik dikonsumsi umpama peminta-obatan, masih diperlukan studi selanjutnya bakal membuktikannya.

Untuk makin amannya, berkonsultasilah ke medikus sebelum Ia mengonsumsi perunding-obatan yang mengandung ekstrak ketola.

Sekiranya ingin berkonsultasi sekalian pada dokter, Anda dapatchat tabib di tuntutan kesehatan keluarga SehatQ
.

Download aplikasinya sekarang di Google Play dan Apple Store.

Source: https://www.sehatq.com/artikel/manfaat-oyong-atau-gambas-si-sayur-hijau-yang-lezat

Posted by: holymayhem.com