Tanaman Yang Berkembang Biak Dengan Menggunakan Cara Vegetatif

Contoh Perkembangbiakan Vegetatif Buatan pada Tanaman, Foto: Pixabay


Berbeda dengan manusia, tanaman dapat berkembang biak dengan cara vegetatif atau aseksual. Beralaskan


buku Kelangsungan Hidup Organisme, Keni Andewi, (2020:32)

, tanaman dapat berkembang biak secara vegetatif alami alias buatan (dengan pertolongan manusia). Seiring perkembangan zaman, semakin banyak



contoh




proliferasi vegetatif tiruan


yang dibantu maka itu manusia.


Varietas dan Ideal Proliferasi Vegetatif Tiruan pada Tanaman


Inilah berbagai tipe dan contoh perkembangbiakan vegetatif tiruan plong


pokok kayu

:


Setek adalah jenis perkembangbiakan vegetatif tiruan yang menggunakan potongan tubuh pokok kayu. Beberapa lengkap tanaman nan dikembangbiakan dengan jenis ini adalah rosemary, ros, lavender, dan ubi.


Kopulasi adalah jenis perkembangbiakan vegetatif buatan nan dilakukan dengan mengenten ataupun menggabungkan buntang asal dan jenazah atas dari pohon yang berbeda (tetapi masih sekerabat), sehingga mendapatkan tumbuhan baru. Bilang contoh tanaman yang dikembangbiakan dengan jenis ini adalah tomat dengan terong, mempelam dengan durian, dan lai dengan durian.


Menanamkan yaitu spesies perkembangbiakan vegetatif buatan yang dilakukan dengan mengintensifkan akar tumbuh dari batang tanaman yang dicangkok. Melalui akar tumbuh itu, akan tumbuh tanaman yunior. Hal ini akan memperbanyak tanaman dengan resan nan seperti mana sang induk. Beberapa contoh tanaman yang dikembangbiakan dengan jenis ini adalah alpukat, jambu air, mangga, dan sawo.


Okulasi adalah varietas perkembangbiakan vegetatif buatan yang dilakukan dengan menempelkan mata tunas bermula satu tanaman ke batang berbunga tanaman tidak (tanaman indung). Okulasi bertujuan bakal memadukan 2 resan berlainan dari 2 tipe pohon. Beberapa contoh tanaman nan dikembangbiakan dengan jenis ini adalah alpukat, belimbing, jambu, jeruk nipis, dan kakao.


Merunduk adalah keberagaman perkembangbiakan vegetatif artifisial yang dilakukan dengan mengencongkan (merundukkan) silang ataupun ranting dari batang ke dalam


tanah

. Terbit cabang maupun ranting itulah akan merecup akar baru. Setelah akar itu menjadi cukup kuat, batang yang penghubung dengan pohon indung bisa dipotong. Bilang eksemplar tumbuhan yang dikembangbiakan dengan diversifikasi ini adalah apel, kecebong, sirih, dan stroberi.


Setelah mengetahui


jenis-jenis


dan c

ontoh perkembangbiakan vegetatif buatan


lega pohon, jenis manakah yang akan dia coba?

Source: https://kumparan.com/berita-update/jenis-jenis-dan-contoh-perkembangbiakan-vegetatif-buatan-pada-tanaman-1wH4l8TsVVJ

Posted by: holymayhem.com