Tanaman Yang Berkembang Biak Dengan Cara Geragih Antara Lain


KOMPAS.com
– Tanaman dapat memiliki berbagai prinsip untuk melakukan perkembangbiakan, salah satunya merupakan geragih. Segala apa itu geragih dan tumbuhan apa saja yang berkembang biak secara geragih? Bakal mengetahuinya, simaklah penjelasan berikut ini!

Pengertian geragih

Geragih sering disebut sebagai stolon, atau dalam bahasa Inggris disebut seumpama runner yang berarti pelari. Dinamakan seperti itu, karena batangnya tertentang menghindari tumbuhan induknya seperti menengah berlari menjauh.

Geragih adalah salah suatu jenis proliferasi vegetatif secara alami. Artinya, geragih adalah mandu pohon bikin berkembangbiak tanpa melangkahi perkariban (secara aseksual) nan terjadi tanpa bantuan manusia.

Baca juga: Perbedaan Kronologi Vegetatif Alami dan Artifisial

Geragih muncul puas sumber akar tanaman yang akan berkembang biak. Dilansir bersumber
Encyclopedia Britannica, geragih merupakan batang tumbuhan nan tumbuh secara melintang (ke samping) di atas permukaan tanah.

Geragih terbimbing berusul batang yang tipis, memanjang, dan mempunyai simpul-simpul layaknya taktik-buku jari manusia. Simpul-simpul geragih disebut dengan nodus.

Nodus stolon tersebut kemudian memaksimalkan akar adventif. Dilansir dari
Oxford Academic, akar adventif adalah akar yang muncul plong tempat tidak normal yakni dari jaringan non akar yang diproduksi sejauh perkembangan tanaman.

Dilansir bermula
Bionity, akar tunjang kemudian menghasilkan hormon yang memilai pertumbuhan tunas dan daun. Tunas kemudian membentuk batang tanaman nan tumbuh tegak lurus dengan geragih dan menciptakan menjadikan tumbuhan baru yang persis seperti tanaman induknya.

Baca juga: Barang apa nan Dimaksud dengan Proliferasi Vegetatif Alami?

Tanaman baru ini bisa mengintensifkan geragih nan lain hingga memenjang menjadi banyak tanaman. Tanaman hijau hasil perkembangbiakan vegetatif ini tetap bisa berseregang hidup walau geragih di bacok karena memiliki akarnya seorang.

Pola tumbuhan dengan geragih

Berikut ialah sejumlah contoh pohon yang berkembangbiak dengan cara geragih:

  • Arbei
  • Stroberi
  • Kentang
  • Antanan
  • Semanggi
  • Suket teki
  • Eceng Bengok

Dapatkan update
berita pilihan
dan
breaking news
saban hari dari Kompas.com. Yuk bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://n.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih lewat di ponsel.

Source: https://www.kompas.com/skola/read/2022/01/12/180635569/geragih-pengertian-dan-contoh-tumbuhannya

Posted by: holymayhem.com