Tanaman Verikut Yang Perbmyakannya Demgan Cara Setek

JAKARTA, KOMPAS.com – Stek merupakan teknik pergandaan tanaman secara vegtatif. Artinya, perbanyakan pokok kayu dilakukan dengan cara memisahkan perangkat vegetatif sebagaimana akar tunjang, bangkai, dan patera dari tumbuhan induk.

Tumbuhan bau kencur yang dihasilkan berpangkal perbanyakan ini akan memiliki sifat yang sejajar persis dengan induknya. Tak hanya itu, pergandaan dengan prinsip stek pula mewujudkan perian masak sreg pohon bertambah cepat, dengan demikian anak uang dan buah lebih cepat muncul.

Keuntungan tersebut membuat banyak anak adam kasmaran untuk memperbanyakan pohon dengan cara ini. Setidaknya ada beberapa pilihan diversifikasi stek yang biasa dipilih untuk memperbanyak pohon.

Dikutip berpunca ki akal
Pembiakan Vegetatif dalam Hortikultura, Selasa (9/8/2022), berikut beberapa macam stek yang teristiadat diketahui.

Baca sekali lagi: Tak Sulit, Ini 4 Kaidah Stek Tanaman Biji pelir

Stek akar tunjang

Akar merupakan peranti sreg tanaman yang berfungsi kerjakan menyerap hara bermula tanah alias sarana tanam. Bagian fisik pokok kayu ini ternyata bisa menjadi mangsa perkalian.

Akar susu yang akan dijadikan umpama mangsa stek harus dipisahkan berpangkal tumbuhan induk dan ditumbuhkan pada alat angkut tanam. Selepas beberapa ketika, stek akar susu akan membentuk perakaran adventif dan membentuk tunas.

Contoh tanaman yang bisa diperbanyakan dengan stek akar susu, antara lain; delima putih,
blackberry, cemara, dan jambu ponten.

Baca kembali: Cara Stek Pohon Langsat moga Cepat Merecup dan Berbuah

Stek batang

Stek mayat adalah jenis stek yang bahan utamanya berpunca dari potongan mayit atau jaringan batang yang sudah termodifikasi secara gambar maupun fungsi. Potongan kunarpa tersebut nantinya akan membentuk akar adventif pada dasar rincihan dan tunas dari netra tunas yang sebelumnya masih dorman.

Stek batang ada dua macam ialah stek jenazah termodifikasi seperti rhizome atau tuber dan stek batang itu sendiri yang berupa batang kepala dingin, secarik lunak, atau batang keras.

Stek daun

Stek daun adalah pergandaan tanaman menggunakan daun dan atau kepadaan organ penyusunnya sama dengan tangkai patera. Stek daun terbagi menjadi tiga tipe, seperti berikut:

  • Stek daun dengan gandar cangkul: pergandaan tanaman menunggangi daun lengkap dengan tangkainya.
  • Stek daun tanpa tangkai: pergandaan tanaman hanya menggunakan helai daun saja. Tumbuhan nan dapat diperbanyakan dengan cara ini antara bukan; sukulen dan jeruk nipis.
  • Stek potongan daun: perbanyakan tanaman cuma menggunakan potongan daun sekadar ataupun minus ibu petiolus. Tanaman yang bisa diperbanykan menunggangi teknik ini yaitu lidar mertua.

Dapatkan update
berita pilihan
dan
breaking news
setiap hari mulai sejak Kompas.com. Mari bergabung di Grup Kabel “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://kaki langit.berpenyakitan/kompascomupdate, kemudian join. Sira harus install aplikasi Telegram apalagi silam di ponsel.

Source: https://www.kompas.com/homey/read/2022/08/09/223000676/3-jenis-stek-tanaman-bisa-menggunakan-akar-batang-atau-daun?page=all

Posted by: holymayhem.com