Tanaman Umbi Umbian Diperbanyak Dengan Cara

Peneliti dari LIPI mengungkapkan terdapat empat cara mudah memperbanyak tanaman hias Caladium atau keladi.
Terserah empat cara mudah melipatkan pokok kayu hias Caladium alias keladi. (iStock)

Jakarta, CNN Indonesia

Tanaman Caladium yang beraneka warna tengah banyak dicari bikin mendandani jerambah atau sudut kondominium. Tak teristiadat merosok kocek privat-dalam untuk membeli

tanaman rias

hijau. Anda bisa dengan mudah memperbanyak tanaman Caladium.

Caladium atau dikenal dengan talas adalah tumbuhan yang tergabung privat tanggungan talas atau famili
Araceae. Caladium nan berasal berpunca Amerika Utara dan Amerika Selatan ini banyak dibudidayakan di seluruh dunia.

Hingga kini, terdapat bertambah mulai sejak 1.000 kultivar atau hasil cabang tanaman Caladium. Bilang yang naik daun adalah Caladium Ace of Heart dengan dandan hati di paruh daun dan Caladium candidum yang berwarna putih.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Peneliti tanaman
Araceae
dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Yuzammi mengungkapkan terdapat catur kaidah mudah memperbanyak tanaman yang pecah terbit umbi atau keluarga talas itu.

Berikut 4 prinsip mudah memperbanyak tanaman Caladium.

1. Dengan umbi

Bilang diversifikasi keluarga birah bisa diperbanyak dengan memanfaatkan umbinya sama dengan pada diversifikasi anakan bangkai atau Amorphophallus.

Caranya bisa dilakukan dengan memisahkan umbi samping atau memecah pongkol menjadi beberapa fragmen, lalu serampak ditanam.

2. Dengan biji

Poin yang digunakan adalah kredit pada biji zakar yang sudah matang secara biologis yakni yang berwarna merah atau oranye.

“Biji zakar dikupas dan pisahkan antara daging buah dan biji, kemudian basuh bersih dan diangin-anginkan, hingga kering. Lampau tanam pada media batu halus,” tutur Yuzammi.

3. Dengan rhizome atau rimpang

Cara yang paling populer cak bagi memperbanyak Caladium adalah dengan memanfaatkan rimpang.

Hunjam rimpang sekitar 5 cm. Pastikan terlihat nomine akar, habis tanam pada media paduan persil dan kompos.

“Media harus poros,” ujar Yuzammi.

4. Dengan stek

Stek juga dapat dilakukan untuk menggandakan keladi. Stek dapat dilakukan dengan cara memotong bagian mayit kira-taksir 10-15 cm. Kemudian tanam plong sarana pasir atau media tanam lainnya.

“Stek boleh dilakukan pada varietas-variasi tumbuhan Aglaonema dan tipe-jenis pohon merambat sebagai halnya Monstera, Rhaphidophora, dan Scindapsus,” pembukaan Yuzammi.

Pilihlah metode nan tepat dan sesuai dengan karakteristik tanaman talas bagi memperbanyak tanaman dan daun yang bermekaran.

(ptj/agn)



[Gambas:Video CNN]


Source: https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20201105090237-277-566135/4-cara-memperbanyak-caladium-dan-tanaman-talas-lainnya

Posted by: holymayhem.com