Tanaman Umbi Dan Cara Pengolahannya

Pemanfaatan pengharum atau aroma memang mutakadim tidak bisa dipisahkan bersumber roh sehari-hari. Parfum menjadi hal yang selalu digunakan setiap hari dan takhlik penampilan semakin menyentak. Detik ini sebagian parfum memperalat objek alami dari pohon. Sebenarnya penggunaan pohon bak pewangi telah dilakukan sejak zaman lewat rasi. Cucu adam zaman dulu menggunakan tanaman seperti ratus, setangi dan lain sebagainya untuk pengharum ruangan. Selain itu sekali lagi pelalah digunakan buat wewangian acara-program keyakinan.

Tumbuhan-tanaman Sebagai Bulan-bulanan Air atar dan Kosmetik

Inilah nan membentuk tanaman yang mengandung petro atsiri habis laris di pasaran. Berikut ini tanaman-tanaman yang burung laut digunakan untuk incaran membuat parfum dan kosmetik.

Akar susu Wangi

akar-wangi

Tanaman nan kerap digunakan untuk target kosmetik dan parfum yang pertama adalah akar wangi. Akar wangi mempunyai nama ilmiah
Veteveria zizanioides
dan timbrung ke intern family gramineae. Akar wangi disebut sebagai narwastu, karena akarnya yang memang membebaskan bau yang wangi. Bau wangi ini dikarenakan adanya kas dapur patra atsiri di fragmen akarnya. Enggak heran sekiranya tanaman ini termasuk tanaman penghasil minyak atsiri. Akar tunggang berbunga tanaman ini sangat kuat dan mempunyai cabang yang banyak. Sehingga ketika hujan ambruk tetap bisa menyergap dari serangan serpihan petak dan membuatnya bukan mudah dicuci oleh tanah. N kepunyaan daun yang berukuran pangkat, lebih-lebih panjangnya bisa mencapai 100 cm. Daunnya berwarna hijau dan kaku. Bagi bunganya berwarna bau kencur. Minyak dari akar tunggang wangi biasanya dikenal sebagai vetiver oil.

Bunga Sedap Malam

Bunga-sedap-malam

Bunga sedap malam atau
Polynthes tuberose
merupakan rente harum/wangi yang berasal bersumber Meksiko. Rente sedap malam termasuk ke dalam family Amaryilidaceae. Memiliki akar tunggang singularis dan tinggi batangnya bisa mencapai 1,8 meter. Mempunyai bunga nan berwarna putih meta. Nama sedap malam diambil karena anakan ini akan membedakan bau yang sangat harum puas lilin batik hari. Pada putaran bunga inilah biasanya minyak atsirinya diambil untuk incaran parfum atau kosmetik. Bunganya akan diekstrak dan diambil sari minyak atsirinya. Kandungan nan terwalak di minyak bunga lemak malam antara tak methyl anthranilate, methyl benzoate, methyl salicylate, benzyl benzoate, ketone dan benzoil acid. Minyak ini sering digunakan untuk parfum yang bertipe oriental karena wanginya yang lalu kuat.

Cendana

cendana-2

Tanaman selanjutnya yang cerbak digunakan untuk bahan parfum dan kosmetik adalah tumbuhan cendana. Cendana memiliki nama latin
Santalum album. Tanaman ini yakni tanaman yang bertunas dengan sangat besar. Pohon ini banyak ditemukan di daerah Malaysia, India dan Indonesia, terutama di daerah yang beriklim kersang begitu juga Sulawesi Selatan dan Nusa Tenggara Timur. Pohon cendana akan bertaruk dengan baik, jika mendapatkan sinar mentari yang banyak. Pohon cendana boleh tumbuh mencecah 12 sampai 15 meter. Pada bagian jantung tiang inilah yang biasa digunakan untuk bahan wangi-wangian. Dalaman gawang tersebut berwarna kuning dan mengeluarkan aroma harum. Babak ini akan diiris kemudian disuling dan diambil patra atrsirinya. Momen ini minyak cendana bersumber Indonesia yang paling baik untuk dibuat bahan parfum atau kosmetik.

Cengkeh

cengkeh-2

Cengkeh yang mempunyai cap latin
Syzygium aromaticum
ini memang yakni salah satu tanaman nan bermanfaat bagi kesegaran dan kecantikan. Kaprikornus jangan heran sekiranya cengkeh cerbak digunakan untuk bahan pangkal kosmetik alias minyak wangi. Tanaman ini awalnya berasal berbunga daerah Maluku. Kemudian semakin hambur ke kewedanan Brazil, Tanzania dan Madagaskar. Strata tumbuhan cengkeh bisa sampai ke 30 meter. Di Indonesia seorang terletak 3 varian cengkeh yang berdasarkan ilmu bentuk kata tanamannya. Ketiganya juga menghasilkan spesies patra yang berbeda. Ada clove oil yang dihasilkan dari bunga cengkehnya, clove leaf oil yang dihasilkan dari sulingan daun cengkeh dan clove stem oil yang dihasilkan berbunga gagang cengkeh. Minyak tersebut mengandung eugenol asetat, eugenol dan caryopylene. Zat ini buruk perut digunakan untuk bahan pangkal parfum.

Halia

Jahe-2

Si pedas termasuk tanaman obat yang buruk perut digunakan untuk objek perunding-obatan. Tetapi ternyata jerangau kembali sering digunakan untuk mangsa pembuatan kosmetik dan parfum. Jahe yang mempunyai keunggulan ilmiah
Zingiber officinale
ini merupakan tanaman yang berbentuk pangkal pohon-umbian. Rimpang jahe akan menghasilkan aroma tersendiri yang menenangkan. Tanaman jahe awalnya hanya bermula dari daerah asia saja. Kemudian dibawa orang ke negeri Spanyol sampai ke negara Afrika dan negara lainnya. Petro jahe bertambah dikenal sebagai ginger oil yang dihasilkan dengan cara disuling. Dalam minyak si pedas terdapat methylheptenone, linalool, citral, ester, muara sungai borneol, dan masih banyak lainnya. Zat tersebut akan menghasilkan wangi yang harus sonder mengasihkan rasa pedas terbit jahe tersebut.

Kapulaga

kapulaga

Pohon kapulaga yang mempunyai keunggulan latin
Elettaria cardomomum
ini pertama kali ditemukan di kawasan mediterania eropa. Tetapi saat ini negara dengan produksi kapulaga yang minimum besar adalah india. Pohon nan masuk ke internal family zingerberaceaece ini merupakan tanaman yang punya umbi batang yang berukuran osean. Bahkan bisa mencapai 2 sampai 3 meter. Minyak kapulaga atau cardamom oil diambil pada episode biji kapulaganya. Biji tersebut disuling untuk diambil minyaknya. Alat pencernaan zat yang terdapat di minyak kapulaga antara enggak monen, terpineol, sineol dan saninen. Tak heran jika manfaat kapulaga bagi kesegaran sekali lagi boleh diandalkan. Aroma bermula minyak kapulaga menjadi aroma dengan kelas bawah hierarki dan dijadikan sebagai bahan dasar minyak wangi berkelas di dunia.

Kayu Manis

KAYU-MANIS

Dari lampau kayu manis memang sudah sering digunakan untuk memberikan warna harum. Adakalanya cak bagi membuat makanan menjadi lebih harum dengan diberi bubuk papan manis. Selain itu, kayu manis dapat mengobati diabetes. Tanaman kayu manis berbentuk pokok kayu yang tingginya boleh mencapai 15 meter. Kaliber kayunya saja bisa mencapai 30 cm. Tanaman yang mempunyai nama latin
Cinnamomum verum
ini memiliki wewangian nan sangat tajam. Tanaman ini berasal terbit wilayah Sri Lanka dan kini sudah hambur diberbagai penjuru di dunia tertera di Indonesia. Patra yang dihasilkan berbunga kayu manis konvensional disebut dengan cinnamon bark oil. Minyak ini diambil mulai sejak sulingan duli kulit kayu manis yang sudah kering. Selain mulai sejak kulit kayu, minyak atsiri pada kayu manis pula diambil pada episode daunnya. Namun alhasil lain sebagus berusul hasil kulit kayunya.

Kenanga

kenanga

Saat mencium bunga kenanga tentu akan menghasilkan bau wangi nan sangat khas. Bunga harum bermula pulau Sumatra ini terdaftar ke dalam famili annonaceace dan berasal dari daerah asia tenggara. Bunga yang punya nama ilmiah
cinangium odoratum
ini menghasilkan minyak atsiri dengan bau yang spesifik. Bunga kenanga kapan masih muda bercat bau kencur, tetapi kalau sudah tua lontok berwarna kuning. Bunga yang telah berwarna kuning inilah nan akan diambil patra atsirinya. Minyak yang dihasilkan semenjak bunga kenanga biasa dikenal andai cananga oil. Minyak ini mempunyai aturan yang bukan mudah hirap. Didalamnya mengandung sesqueterpene dan terpene.

Mawar

mawar

Anak uang mawar atau yang dikenal dengan
R
ose sp
ini memang selalu menjadi bunga yang mengeluarkan bau yang harum. Bunga mawar n kepunyaan banyak sekali macam. Terserah rente mawar merah, mawar tahir, mawar pink, mawar kuning dan masih banyak lainnya. Awalnya bunga ros dikembangkan di daerah cina, kemudian menyebar di seluruh bagian dunia. Minyak atsiri dihasilkan bermula sari kelopak rente mawar. Terbit 1 kg petai bunga mawar dapat dihasilkan 1 gram minyak atsiri murni.

Melati

melati

Selain rente mawar, kembali terserah anakan melati yang sering dijadikan bebauan alami. Tanaman yang termasuk ke dalam genis jasminum ini terbatas bertambah mempunyai 300 spesies. Tanaman ini bisa tumbuh mencapai 15 meter dan adalah jenis tanaman merambat. Beberapa spesies rente melati nan sering diambil patra atsirinya antara lain jasminum nitidum, jasminum sambac, J grandiflorum dan J. Officinal. Patra nan dihasilkan terbit si tahir zakiah yang tertinggal ini sering digunakan untuk bahan dasar sabun bubuk dan minyak wangi.

Selasih

selasih

Tanaman selanjutnya yang pelalah digunakan lakukan incaran sumber akar kosmetik dan air atar adalah tanaman selasih. Selasih yang mempunyai nama
latin Ocimun
basilicum ini merupakan tumbuhan ternak yang tingginya dapat mencapai 1 meter. Banyak tumbuh di tepi urut-urutan, jenggala dan sawah nan tandus. Tanaman selasih ini juga mempunyai banyak versi yang bisa dibedakan dari warna bunga dan bentuk daunnya. Minyak yang diambil dari selasih konvensional dikenal ibarat basil oil. Minyak ini diambil dari sulingan semua bagian pohon selasih. Perut yang terletak didalamnya antara bukan linalool dan methyl chavicol. Biasanya digunakan bikin bahan dasar pembuatan sabun.

Sereh

sereh

Sereh yang punya nama latin
Cymbopogon nardus
memang sering digunakan sebagai wewangian alami. Sereh sering digunakan ibarat bahan pengharum masakan. Mempunyai rancangan daun yang ki bertambah, bercat hijau dan termasuk ke dalam family Gramineae. Ada dua keberagaman minyak sereh yaitu java citranela oil dan Ceylon. Menurut pembuat parfum, minyak java yang dihasilkan berasal sereh Indonesia mempunyai wangi nan bertambah kuat dibandingkan Ceylon yang dihasilkan dari sri langka. Kandungan yang terdapat didalam minyak sereh antara bukan citronella dan geraniol. Sering digunakan kerjakan odoran sabun colek, parfum dan kosmetik.

Itulah beberapa pohon yang sering digunakan bakal mangsa dasar kosmetik dan parfum. Sepatutnya pemberitahuan ini bermanfaat untuk Engkau.

Nah, jika Sira kasmaran bagi menanamnya di flat, Anda kembali boleh membeli tanamannya disini.






Source: https://bibitbunga.com/12-tanaman-sebagai-bahan-parfum-dan-kosmetik/

Posted by: holymayhem.com