Tanaman Toga Manfaat Dan Cara Pengolahannya Agi Lansia

Penanaman dan pemanfaatan tanaman Toga (Pohon Peminta Keluarga) di Dusun Dagan, Murtigading



03 Februari 2020 11:00:10 WIB

Murtigading (03/02/20). Lektur Kerja Nyata (KKN) yakni salah satu matakuliah yang diprogamkan bagi mahasiswa nan berniat bikin melatih dan membekali mahasiswa menerapkan guna-guna yang didapatkan di tapang syarah ke privat kehidupan di mahajana. Selain itu, mahasiswa diharapkan dapat membantu memecahkan bermacam rupa persoalan yang terjadi di umum. Tujuan diadakannya KKN adalah umpama palagan bagi mahasiswa buat menjalankan fungsi pengabdian secara nyata yang ditujukan kepada masyarakat selingkung. Keseleo satu program kerja yang tim KKN lakukan adalah Apotek Hidup dengan cara penanaman dan pengolahan tumbuhan obat tanggungan di Dusun Dagan, Murtigading.

Pokok kayu pengasosiasi keluarga (TOGA)  merupakan pohon yang bisa ditanam maupun dibudidayakan di pelataran kondominium dan memiliki manfaat sebagai peminta-obatan herbal tradisional. Seiring berjalannya hari dimana obat-obatan mahal untuk dibeli, masyarakat terdorong kembali menunggangi obat-obat tradisional yang boleh dikatakan adil dari komponen objek-bahan kimia nan memungkinkan bisa berakibat fatal bakal kesehatan tubuh. Budidaya pohon obat kerjakan tanggungan (TOGA) dapat menyeringkan usaha kecil dan sedang di parasan pembeli-obatan herbal sekalipun dilakukan secara solo. Setiap keluarga bisa membudidayakan tanaman pemohon secara mandiri dan memanfaatkannya, sehingga akan terwujud kaidah otonomi dalam pengobatan tanggungan.

Sebenarnya menanam pokok kayu pengasosiasi batih (TOGA) adalah komplet hidup nan sederhana, yakni dengan memanfaatkan bertaruk-tumbuhan yang bisa dijadikan sebagai pemohon herbal dalam hayat sehari-hari karena setiap tumbuhan tersebut mempunyai kemustajaban unik bikin menyembuhkan penyakit tertentu. Kegiatan ini adalah riuk satu proker yang boleh kami lakukan di dalam rangkaian proses Pidato Kerja Nyata (KKN). Kegiatan ini berarti dilakukan sepatutnya umum memahami dan memanfaatkan tumbuhan-tanaman pemohon yang suka-suka disekitar buat mengobati penyakit-masalah tertentu sebelum memutuskan bagi mengerjakan pengobatan medis nan menggunakan obat-obatan kimia.

Penanaman tanaman obat keluarga (TOGA) sendiri bermukim di Dusun Dagan, Murtigading yang dilakukan maka itu Tim KKN. Kegiatan ini diikuti maka itu Ibu-ibu PKK Dusun Dagan yang berjumlah selingkung 20 manusia. Hasil nan dicapai yakni kata segala apa belaka tanaman perunding , bagaimana cara penggarapan tanaman obat serta kebaikan apa belaka dikandungan tanaman obat itu sendiri sama dengan tanaman jerangau bisa menyembuhkan masalah tersapu pencernaan, kunir boleh memulihkan penyakit sakarosa bakat, kencur  boleh menyembuhkan batuk , temulawak bisa mengatasi ostheoarthritis dan sebagainya. Pemberian tumbuhan pembeli ini diikuti dengan penempelan kayu nama disertai kelebihan setiap jenis tanaman pelelang dan pupuk untuk kesuburan tanaman obat tersebut. Tindak lanjutnya, pelaksanaan kegiatan ini mengharapkan bahwa warga Dusun Dagan boleh menjadikan pohon perunding keluarga (TOGA) perumpamaan obat herbal dalam kehidupan sehari-musim.

Perigi: KKN kelompok 17 Dusun Dagan (just)

  • Puskesmas Sanden Pucanganom, Murtigading, Sanden, Bantul (0274) 6464295, 7466886
  • Polsek / Kepolisian Sektor Sanden Jl. Kalimundu Km 1.5 Sanden, Bantul (0274) 7101510
  • KUA / Dinas Urusan Agama Sanden Pucanganom, Murtigading, Sanden, Bantul (0274) 7491435
  • Koramil / Komando Benang Militer Sanden Pucanganom, Murtigading, Sanden, Bantul


  • Facebook
    youtube



    Website desa ini berbasis Petisi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya nan diprakarsai dan dikembangkan makanya Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk lega Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur internal Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Perian 2008 mengenai Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License

    Source: https://murtigading.bantulkab.go.id/first/artikel/3796-Penanaman-dan-pemanfaatan-tanaman-Toga–Tanaman-Obat-Keluarga–di-Dusun-Dagan–Murtigading

    Posted by: holymayhem.com