Tanaman Semangka Dan Cara Budidayanya

Tentunya kita mutakadim tidak asing lagi dengan biji zakar semangka. Buah yang punya gambar alamiah bulat maupun lonjong ini sangat digemari oleh mahajana, karena buah ini mempunyai kandungan air yang tinggi sehingga jika kita mengkonsumsinya bisa menghilangkan dahaga.

Tapi tahukah Anda bahwa biji pelir keramboja ini punya kemungkinan yang bagus cak bagi dibudidayakan, keuntungan yang didapat bisa lebih berasal 100% berasal jumlah total produksi kita. Oleh karena itu tidak ada salahnya kita budidaya semangka.

Anju-persiapan Budidaya Semangka

Berikut ini awalan-langkah prinsip menanam keramboja yang praktis dan bakal hasil panen melembak.

1. Syarat Tumbuh Tanaman Semangka

Pohon mendikai cocok kerjakan daerah dengan guyur hujan berkisar diantara 40 sampai 50 mm setiap bulannya. Buah ini cocok kerjakan ditanam di kawasan maupun tempat dengan suhu minus bertambah 25 derajat celcius pada siang hari. Jadi, jika kita ingin budidaya keramboja kita lain wajib agak kelam dengan kondisi lahan kita karena memang pohon ini boleh tumbuh di daratan dataran tinggi maupun dataran rendah. Kerjakan kelembaban udara tanaman semangka cocok bikin daerah nan cengkar dan membidik miskin akan embun. karena memang habitat ceria dari tanaman semangka adalah di afrika, makara bagi Kamu yang kepingin budidaya semangka, kondisi lahan di perlu diperhatikan.

Tanaman keramboja cocok untuk lahan yang mempunyai lahan yang lain terserah naungannya atau sekata cak bagi daerah yang dihinggapi binar syamsu secara langsung. Kurangnya cahaya matahari dapat mengganggu proses perkembangan tanaman semangka, dan kemungkinan samudra proses pemanenan akan memulur. Sedangkan kondisi persil atau lahan tanaman mendikai cocok untuk negeri nan bergerak-gerak mempunyai unsur hara yang tinggi. pH persil tumbuhan semangka cocok pada kisaran 6 sampai 6,7.  Jika kondisi tanah belum menetapi kriteria tersebut sepatutnya dilakukan proses pengapuran sampai pH tanah sesuai.

2. Ancang Benih

Spesies semen nan paling bagus untuk kita budidayakan yaitu jenis benih semangka hibrida impor. Variasi benih ini memiliki dua macam yaitu triploid dan haploid. Jika semen triploid seyogiannya hal pertama nan perlu anda lakukan yaitu menyayat bijinya ataupun direnggangkan karena kemasan biji semangka ini cukup keras. Sedangkan bagi kredit keramboja haploid cukup mudah untuk disemaikan karena cangkang biji nya enggak sekeras triploid.

Selanjutnya ialah proses perendaman kredit semangka. setelah direnggangkan biji mendikai tersebut direndam didalam air dengan campuran air pesam, hormon tumbuh, fungisida dan bakterisida. Lamanya perendaman selingkung 30 menit, dahulu ponten semangka diangkat dan ditiriskan sampai biji tersebut kering. Silam bibit semangka siap cak bagi dikecambahkan dan siap lakukan ditanam.

3. Pengolahan Lahan

Yang mesti dilakukan saat penggodokan lahan ancang sebelum tanam merupakan pembasuhan ki alat tanam. Usahakan jangan sebatas ada gulma pengganggu di lahan. Setelah tanah sudah salih dari gulma atau pun batu-batuan pengganggu, kemudian membuat bedengan cak agar air yang suka-suka di dalam tanah boleh mudah lakukan di alirkan. Perlu Engkau sadar bahwa pohon mendikai tidak menyukai lahan yang basah. Usahakan jangan sampai ada persil yang tergenang air.

4. Pemupukan Mulanya

Kami menganjurkan untuk melakukan penambahan unsur hara seperti serat organik dan pupuk kandang sebelum dilakukan proses penanaman. Jika dirasa hara dalam petak mutakadim cukup Anda boleh spontan mengerjakan proses reboisasi.

5. Membuat Terowongan Tanam

Buat gorong-gorong tanam pada lahan semangka dengan kedalaman selingkung 8 setakat 10 cm. Lubang tanam ini sebaiknya dibuat sepekan sebelum proses reboisasi

6. Proses Reboisasi

Sebelum semen semangka ditanam di lahan sebaiknya area gaung tanam disiram dengan gembor supaya lahan siap untuk menerima esensi dengan baik. Esensi semangka juga perlu direndam apalagi habis dengan larutan tertentu atau biasa disebut cair perangsang tumbuh. Larutan ini berguna untuk imunisasi benih semangka seyogiannya bukan mudah terserang penyakit atau hama. Lama proses perendaman yakni sekitar 5 -10 menit. Langkah selanjutnya yakni memisahkan ekstrak keramboja pecah dompet tanam. Berhati hatilah dalam memisahkan sperma mendikai meski akarnya tidak rusak.

7. Proses Perlindungan

Pada bagian ini yang mesti sira lakukan ialah proses penjarangan dan penyulaman. Langkah penjarangan dilakukan jika tanaman tersebut sesak deras, caranya yaitu dengan prinsip menyela dan memangkas daun atau batang yang sudah tidak dibutuhkan pula. sedangkan bikin awalan penyulaman bisa dilakukan dengan pendirian menggilir bibit yang telah senyap dengan bibit yunior yang lebih fit.

Selain itu juga dilakukan proses penyiangan. Caranya yaitu dengan membuang ranting nan dianggap sudah lalu tidak berguna. Pada ujung ranting sekunder cukup disisakan2 helai daun saja.

8. Pemupukan

Budidaya semangka hendaknya menggunakan rabuk organik. Guna mendukung kronologi buah keramboja serta menyehatkan daun, gunakan Topsil D. Sedangkan untuk pematangan biji kemaluan semangka menggunakan jamur Topsil B untuk hasil biji kemaluan nan bagus.

9. Pengairan

Secara publik petani semangka mengaryakan sistem Farrow Irrigation, nan mana air dilairkan memakai susukan diantara bedengan. Adapun frekuensi pemberian air di musim kemarau adalah 4-6 hari. Pastikan juga debit pendirusan air tidak berlebihan.

10. Pemanenan

Mendikai bisa dipanen menginjak umur 70 sebatas 100 mungkin. biji kemaluan semangka siap dipanen seandainya sudah terjadi pergantian warna biji kemaluan. Batangnyanya sendiri akan terbantah mengecil dan kemudian semakin mengering. Itulah ciri-ciri biji kemaluan semangka sudah siap buat dipanen. Usahakan musim pemanenan18:13:10 kapan nur cerah dan tidak hujan cak agar hasil pengetaman dalam keadaan kering.

Sumber: https://www.sipendik.com

Source: https://dispertan.bantenprov.go.id/lama/read/artikel/598/Cara-Praktis-Budidaya-Semangka-Hasil-Panen-Melimpah.html

Posted by: holymayhem.com