Tanaman Sayuran Wortel Tumbuh Optimal Bila Dibudidayakan Di Daerah

Tanaman Wortel (
Dancus carota L.)



ternyata lain berasal dari Indonesia yang memiliki iklim tropis, melainkan berasal berpunca negeri sub-tropis seperti mana Asia Timur dan Asia Tengah. Tumbuhan ini dapat ditanam sepanjang tahun namun, bikin benihnya agar bisa tumbuh dibutuhkan suhu nan sedikit dan lembab bikin dapat bersemi dengan baik. Suhu optimal sebaiknya tanaman ini boleh bersemi adalah dengan suhu minimum 90C dan guru maksimum 200C. Seterusnya, mudah-mudahan sayuran umbi ini bisa tumbuh makin optimal, dibutuhkan temperatur udara antara 15,60C – 210C. Wortel juga mempunya beberapa manfaat kalau dikonsumsi, bilang diantaranya adalah andai inkompatibel-oksidan, mengurangi resiko kanker, mencegah stroke, menutrisi kulit serta wortel terkenal kaya vitamin A sehingga baik cak bagi kesehatan mata. Kerjakan pohon wortel dapat dikelompokkan menjadi 3 variasi:

1. Imperator
: wortel nan tergolong tipe imperator n kepunyaan rasa yang kurang manis

2. Chantenang
: wortel yang tergolong jenis ini memiliki rasa manis, dan umbi akarnya berbentuk bujur telur.

3. Mantes
: tipe yang satu ini yaitu koneksi atau campuran berbunga dua macam sebelumnya, imperator dan chantenang

Nah, tadi itu merupakan sejenak beberapa diversifikasi wortel dan alas kata ringkas akan halnya wortel. Sekarang Mas Quick ingin ngomong tentang budidaya tanaman umbi tersebut, dimulai berasal syarat-syarat bertaruk tanaman wortel sebagai berikut

1. Kondisi Lingkungan

Di Indonesia pokok kayu wortel banyak ditanam di plato plong keluhuran antara 1.000 -1.200 m dpl. Tanaman wortel bisa pula ditanam di dataran medium yang ketinggiannya lebih dari 500 m dpl.

2. Iklim dan Seri

Pertumbuhannya pohon wortel menghendaki cuaca dingin dan lembab, maka meski wortel boleh ditanam sejauh waktu, namun harus ditanam di provinsi plato. Suhu yang dibutuhkan agar pertumbuhan dan produksi umbi dapat optimal antara 15,60C – 21,1o C. Jika guru peledak terlalu jenjang (merangsang) umbi yang diproduksi seringkali kecil-boncel (sedikit) dan warnanya pucat manai/kusam. Sebaliknya, kalau master udara terlalu sedikit (sangat campah), umbi yang diproduksi bentuknya menjadi mungil dan hierarki.

3. Diversifikasi Tanah

Tanaman wortel akan bisa bertunas dengan baik pada tanah nan gembur, subur, mengandung banyak bahan organik (humus), serta memiliki tata udara dan pengelolaan air nan berjalan baik (tidak menggenang). Tanah jenis ini yaitu tanah andosol yang pada rata-rata terdapat di daerah dataran tinggi. Keasaman tanah nan dibutuhkan cak bagi tumbuhan wortel berkisar antara 5,5 – 6,5. Jika pH tanah tekor dari 5,0 , maka tanaman wortel tak dapat membentuk umbi.

Itu tadi merupakan syarat-syarat hidup tanaman wortel. Jadi, wortel itu bagus ditanam pada lembang jenjang dengan sinar yang dingin serta lembab. Bakal tanahnya, wortel bagus jika ditanam sreg persil kenyatkenyit, berlimpah serta banyak mengandung humus, tanah itu namanya Tanah Andosol. Untuk membaca artikel tentang pengolahan lahan wortel kalian bisa membacanya dengan klik disini.

Source: https://petaniquick.com/ruang-lingkup-tanaman-wortel/

Posted by: holymayhem.com