Tanaman Sayur Yang Mudah Dikembangkan Dari Biji Di Dataran Rendah

Pendahuluan

Peranan peluasan pertanian di dataran minus semakin strategis dalam kaitannya dengan peningkatan keluasan pikiran hutan serta ekspansi agribisnis dan wilayah. Variasi produksi bisa dilakukan dengan mengembangkan usahatani aneka komoditas sayur-sayuran, seperti mana tomat, kedelai tangga, sawi, timun, pare.

1. Budidaya Tomat

Varietas

Jenis yang biasa ditanam adalah jenis Mirah, Berlian, Intan, Permata, Ratna dan Lentana. Penanaman memerlukan jauhar sebanyak 150-200 g/ha.

Pembibitan

Pembibitan tomat menggunakan kocek plastik berdosis 10×15 cm. Sreg bagian bawah dompet plastik dibuat lubang. Plastik diisi dengan campuran persil dan cendawan kandang dengan proporsi 2 : 1. Selanjutnya benih tomat dimasukkan kedalam kantong plastik dan ditempatkan pada arena yang teduh. Ekstrak disiram air setiap pagi dan sore tahun.

Persiapan Persil

Tanah diselesaikan enam hari sebelum tanam, dengan membentuk bedengan-bedengan dengan format lebar 100 cm dan panjang disesuaikan dengan hal lahan.

Pemupukan dan Jarak Tanam

Tabel Belas kasih Pupuk pada sayuran Tomat di Persil Pasang surut



Makrifat :

Pukan : Pupuk Kandang, HST : Periode Setelah Tanam, HBT : Hari Sebelum Tanam

Pengetaman

Pemanenan  boleh dilakukan sekeliling 70-80 hari ketika buah mutakadim berwarna hijau masak atau bercat keputihan. Buat pasar yang dekat jaraknya berbunga kapling, biji pelir dipanen setelah berwarna kuning kemerah-merahan. Potensi hasil sekitar 10-15 t/ha.

2. Budidaya Bin Panjang

Varietas

Macam nan biasa ditanam adalah KP 1, KP 2, dan Tali perut Bau kencur. Tumbuhan kacang panjang ditanam memperalat tugal sebanyak 2 (dua) nilai sperma tiap-tiap lubang tanam.

Persiapan Lahan

Tanah dicangkul sedalam 20-30 cm dan dibuat bedengan-bedengan dengan matra panjang 5m, lebar 1 m, dan jenjang 20 cm.  Jarak antar bedeng adalah 40-50 cm.

Fertilisasi dan Jarak Tanam

Diagram Karunia Pupuk pada sayuran Kacang Panjang di Lahan Timbul tenggelam

Pemberitahuan :

Pukan : Pupuk Kandang, HST : Tahun Selepas Tanam, HBT : Waktu Sebelum Tanam

Ofensif wereng puas tanaman boleh dihindari dengan mengasihkan nematisida seperti Curater 3G atau Furadan 3G sebanyak 3-4 butir per lubang tanam dengan kaidah ditaburkan di sekitar tanaman.  Turus ataupun lanjaran dibuat bersumber bambu dengan matra tingkatan 2 m dan lebar 4 cm.  Turus tersebut ditancapkan erat tanaman dan setiap dua batang turus yang berhadapan diikat menjadi satu pada fragmen ujunga.  Pengisian turus pada penanaman kacang panjang sudah bisa dilakukan pada momen tanaman mengaras ketinggian 20 cm.

Penuaian

Pemanenan dapat dilakukan sesudah nasib pohon 60-63 hari, dengan mandu dipetik. Pendirian pemetikan yaitu dengan mengebur bagian pangkal polong agar polong terlepas seluruhnya. Potensi hasil sekitar 15-28 t/ha.

3. Budidaya Sawi hijau

Variasi

Varietas yang sahih ditanam yaitu Asveg, Sangihe, Talaud, Tosokan, dan Sawi hijau hijau. Benih yang ditanam 500-800 g/ha.

Langkah Lahan

Tanah dicangkul dan dibuat bedengan dengan lebar 1-1,2 m. tanah diolah sedalam 30 cm, sambil digemburkan. Sebarkan pupuk kandang secara merata.

Persemaian

Benih sawi seharusnya disemaikan dulu sepanjang 2 – 3 minggu (berdaun 4-5 helai) mentah dipindahkan ke bedengan.

Pemupukan dan Jarak Tanam

Grafik Anugerah Pupuk lega sayuran Sawi di Lahan Pasang surut

Keterangan :

Pukan : Serabut Kandang, HST : Tahun Sesudah Tanam, HBT : Hari Sebelum Tanam

Pengetaman

Ciri Sawi sudah siap dipanen yaitu daun-patera akil balig berformat samudra dan berumur antara 20-30 hari setelah tanam. Potensi Hasil sekeliling 15-20 ufuk/ha.

4. Budidaya Timun

Variasi

Varietas yang banyak ditanam adalah Saturnus, Mars, Pluto dan Merci.

Anju Lahan

Tanah diolah enam hari sebelum tanam, dengan membentuk bedengan-bedengan berukuran lebar 100 cm dan tahapan disesuaikan dengan keadaan petak.

Pemupukan dan Jarak Tanam

Tabel Pemberian Pupuk lega sayuran Timun di Lahan Pasang surut

Keterangan :

Pukan : Kawul Kandang, HST : Tahun Setelah Tanam, HBT : Hari Sebelum Tanam

Panen

Panen timun biasanya dimulai lega nasib 33-35 HST. Mentimun muda domestik untuk sayuran, asinan atau programa umumnya dipetik 2-3 bulan sehabis tanam. Kerjakan hibrida dipanen 42 HST, sedangkan mentimun suri dipanen sesudah menguning. Waktu mengerjakan panen adalah lega pagi hari dengan kaidah memotong nanyan biji zakar dengan pisau yang mencolok.

Teoretis sayuran tomat yang bisa dibudidayakan di pekarangan rumah

Source: http://kalteng.litbang.pertanian.go.id/ind/index.php/publikasi-mainmenu-47-47/teknologi/531-budidaya-sayuran-di-lahan-dataran-rendah23

Posted by: holymayhem.com