Tanaman Pangan Dan Cara Menanamnyaaaaaaaa


Unduh PDF


Unduh PDF

Sejauh memori, orang telah berhasil bersikukuh hidup dengan membisniskan rahim mereka sendiri, misalnya dengan menangkap ikan, berburu, atau mengumpulkan rahim dan pertanian subsisten. Momen ini, makanan diproduksi secara massal dan bisa dengan mudah dibeli di pasar alias di toko sehingga berkebun acap kali dilakukan untuk menyalurkan hobi saja. Sebenarnya, menghasilkan peranakan sendiri bisa meningkatkan keamanan rimba, kesehatan, dan kesenangan keluarga. Oleh karena tingkat keberhasilan mengetanahkan kas dapur koteng akan tergantung plong kondisi tunggal di tempat Anda, kata sandang ini akan memberikan beberapa ide umum bikin memulai.

  1. 1

    Tentukan pohon mana yang bisa ditanam di wilayah Anda.
    Faktor penentu utama di antaranya iklim, kondisi tanah, curah hujan, dan ketersediaan lahan. Pendirian tercepat dan termudah untuk mengerti tanaman apa yang dapat di ujana di daerah Dia adalah mengunjungi petak pertanian atau kebun sayur terdekat. Berikut beberapa pertanyaan nan dapat diajukan kepada pekebun berpengalaman atau lakukan penelitian Beliau seorang:

    • Iklim. Beberapa provinsi, seperti mana Eropa Utara dan Afrika, belaka memiliki musim tanam nan sangat singkat. Artinya Anda harus memintal variasi tanaman yang bisa tumbuh dan dipanen internal waktu sumir temporer hasilnya bisa disimpan bagi periode dingin. Distrik tidak memiliki iklim panas sepanjang periode sehingga sayuran segar dan angka-bijian bisa dipanen setiap saat.
    • Kapling. Engkau bisa mendapatkan panen yang luber berasal area yang luas ataupun panen mungil dari provinsi nan mungil. Pilihan terbaik adalah menyelamatkan pokok kayu pangan yang bisa bersemi dengan baik di daerah Dia dan gunakan lahan nan keteter lakukan menguburkan tumbuhan pangan “berkecukupan” yang membutuhkan lebih banyak serabut dan pemeliharaan.
    • Siram hujan. Bukan ada tanaman nan bisa tumbuh subur jika tidak mendapat cukup air. Jadi, rata-rata tanaman pangan membutuhkan banyak air, nan didapat mulai sejak irigasi maupun guyur hujan. Pertimbangkan curah hujan kebanyakan di wilayah Anda dan kesiapan sistem tali air ketika melembarkan tanaman. Jika Anda tinggal di daerah kering, pertimbangkan lakukan memanen air hujan.
    • Petak. Jika memiliki lahan luas, Beliau bisa memakamkan banyak tumbuhan rimba menggunakan metode legal, sahaja jika lahan tekor, Anda mungkin harus mencari teknik lain, termasuk hidroponik, berkebun dalam botol, untuk hasil, atau kebun vertikal.
  2. 2

    Pahami hari waktu tanam.
    Menanam tanaman tidak cukup hanya menabur semen dan menunggu panen. Pada bagian “Menanam” di bawah, Anda akan menemukan langkah-langkah idiosinkratis bagi menanam satu keberagaman tanaman tunggal. Anda harus menyiapkan setiap tanaman berbeda dengan kaidah yang tekor makin setolok, saja momen Anda sudah menyiapkan tanah bakal ditanami, Anda dapat memakamkan sebanyak mungkin tanaman berbeda pada saat yang bersamaan.

  3. 3

    Kenali majemuk jenis pokok kayu alas.
    Kita pelahap menganggap sayuran nan di jual di toko swalayan sebagai sayuran hasil tegal. Dilihat dari satu arah memang benar, tetapi jika mau mengetanahkan tanaman jenggala koteng, Anda harus mempertimbangkan seluruh diet. Berikut ini daftar umum diversifikasi makanan nan perlu Ia pertimbangkan cak bagi ditanam seorang.

    • Sayuran. Ini termasuk legum, sayuran hijau, sayuran pangkal pohon, jagung (ponten-bijian jikalau kita meneliti lebih karib), dan sayuran rambat seperti mana labu, mentimun, melon, dan labu ketu udeng. Sayuran ini meluangkan bilang besar nutrisi dan zat makanan penting, di antaranya:
      • Protein. Legum yakni sumber protein nan baik.
      • Fruktosa. Kentang dan bit yakni sumber karbohidrat dan mineral kegandrungan nan baik.
      • Vitamin dan mineral. Sayuran hijau, sebagaimana kol dan selada, serta sayuran rambat seperti mentimun dan labu adalah mata air vitamin dan mineral berguna.
    • Buah. Kebanyakan orang berpikir bahwa biji zakar adalah sumber vitamin C yang baik, tetapi sepatutnya ada biji kemaluan juga menyediakan banyak zat makanan dan mineral lain kerjakan diet Anda. Selain itu, buah tersedia kerumahtanggaan berbagai rasa berbeda bikin Anda nikmati. Caruk siapa, buah dapat diawetkan dengan dikeringkan atau dikalengkan. Dengan sejenis itu, Sira tidak teradat menyimpan semua arti buah di dalam kulkas.
    • Bijian. Umumnya orang tidak memperkirakan bagi menanam bijian detik berpikir untuk memakamkan tanaman jenggala sendiri, tetapi bijian merupakan tembolok daya dalam kebanyakan diet. Bijian mengandung karbohidrat dan serat panjang, dan bisa disimpan cak bagi hari yang lama. Di banyak peradaban kuno dan di bilang negara detik ini, begitu juga Indonesia, bijian menjadi makanan utama penduduknya. Pohon alas yang termuat n domestik kategori ini di antaranya:
      • Jagung. Sering dikonsumsi bersama kandungan terdepan seumpama sayuran. Milu lagi yaitu bijian serbaguna nan bisa disimpan lama. Varietas yang baik, dipanen selepas sampai ke kematangan munjung, dapat disimpan secara utuh, dipipil (biji jagung dilepaskan berusul bonggolnya), maupun digiling menjadi tepung yang dapat digunakan untuk membuat roti alias mengentalkan masakan. Bakal mereka yang terlampau di seputar ekuator, jagung kali salah satu bijian nan paling mudah ditanam untuk perladangan subsisten. Membekukan milu adalah kaidah paling mudah kerjakan menyimpannya.
      • Garai. Kebanyakan orang cukup akrab dengan gandum, yang rata-rata diselesaikan menjadi tepung lakukan memanggang kue dan roti. Gandum dapat disimpan dengan baik setelah dipanen, tetapi menuai gandum lebih melelahkan dibanding memanen jagung karena Anda harus menyela seluruh pokok kayu, membundelnya (mengikatnya menjadi bundelan), memukul-mukul batang cante untuk merontokkan bijinya, dan menggilingnya menjadi abu lumat (abuk).
      • Oat.
        Oat
        ialah bijian lain yang dikonsumsi manusia dan harus melalui proses nan lebih jarang dibanding gandum dan jagung. Memanen
        oat
        kembali membutuhkan kerja gentur yang melelahkan seperti memanen gandum. Namun,
        oat
        dapat menjadi seleksian yang baik buat sejumlah area nan memungkinkan
        oat
        tumbuh dengan mudah.
      • Gabah. Untuk distrik yang basah maupun wilayah yang rentan air sebak ataupun bisa dialiri banjir, padi adalah seleksian nan jelas. Lega kebanyakan ditanam di persil yang terendam air cetek dan proses pemanenan tekor kian sama begitu juga gandum.
      • Bijian lain seperti jelai dan gandum hitam, mirip dengan gandum dan
        oat.
  4. 4

    Pilih pokok kayu dan varietas nan sesuai dengan provinsi Anda.
    Panduan intern artikel ini tidak memadai cak bagi memberi informasi yang global dan akurat bersendikan kebutuhan Anda. Bak gantinya, kita akan mempelajari kebutuhan dasar bakal mengebumikan tumbuhan berbeda berdasarkan peta zona kekerasan tanaman yang ditetapkan Departemen Pertanaman Amerika Persekutuan dagang.[1]

    Anda mungkin bisa menggunakannya dengan membandingkan garis lintang dan kebesaran wilayah ajang Anda tinggal.

    • Buncis, ercis dan jenis legum lainnya. Pokok kayu ini ditanam setelah kondisi tanah menghangat dan membutuhkan waktu 75-90 hari bakal menghasilkan buah. Produksi akan terus berlantas sepanjang Beliau merawat tanaman dengan baik.
    • Labu. Yang termasuk internal gerombolan tumbuhan ini di antaranya labu madu, melon, dan labu destar. Tanaman ini ditanam pasca- cuaca menghangat dan butuh waktu antara 45 hari (mentimun) hingga 130 periode (labu parang) untuk menghasilkan buah yang bisa dipanen.
    • Tomat. Biji pelir tomat (biasanya dianggap sebagai sayuran) bisa disemai di dalam vas dan harus dijaga kiranya teguh hangat, kemudian bisa dipindah ke lahan setelah kondisinya hangat. Tomat bisa terus menghasilkan buah selama musim tanam.
    • Biji-bijian. Hari tanam bijian dahulu beraneka ragam. Selain itu terserah macam perian dingin dan varietas tahun semok. Secara umum, bijian waktu seronok, seperti milu dan gandum musim panas, ditanam menjelang pengujung periode tawar rasa saat suhu negatif diperkirakan akan berjauhan dalam beberapa minggu dan membutuhkan perian sekeliling 110 masa bakal mencapai kedewasaan, kemudian 30-60 hari untuk cukup cengkar sehingga bisa dipanen dan disimpan.
    • Biji zakar-buahan tegal. Apel, pir, plum, dan buah persih dianggap sebagai buah-buahan ladang di berbagai panggung dan tidak wajib ditanam setiap hari. Pokok kayu nan menghasilkan biji pelir-buahan ini harus dipangkas dan dipelihara, dan biasanya membutuhkan periode 2-3 tahun sebelum menghasilkan pengetaman permulaan yang tidak seberapa. Ketika pohon mulai menghasilkan buah, panen seharusnya meningkat setiap tahun dan sesudah tanaman hingga ke kematangan dan memiliki sistem akar yang baik, satu tumbuhan dapat menghasilkan buah melimpah setiap tahun.
  5. 5

    Kembangkan “rancangan kepribadian daya” pada lahan yang akan digunakan untuk memproduksi nafkah.
    Anda harus menangani masalah solo dalam perencanaan, tercatat alai-belai dabat liar sehingga Anda harus meledakkan pagar atau tindakan pencegahan permanen lainnya, gambaran cerah matahari karena sejumlah tanaman membutuhkan bertambah banyak sinar matahari untuk dapat berproduksi, dan topografi karena menyiangi medan yang sangat curam bisa mendatangkan banyak keburukan).

    • Buatlah daftar semua pohon yang ingin Anda coba tanam di lahan Ia. Usahakan untuk menciptakan menjadikan daftar nan bermacam ragam bakal menetapi kebutuhan zat makanan yang sudah dibahas terdahulu. Anda kelihatannya bisa memperkirakan total hasil panen setiap tanaman dengan mempelajari tingkat kemajuan panen manusia lain di daerah Engkau atau dengan menggunakan informasi dari wadah Anda membeli esensi. Dengan merujuk pada daftar dan rencana reboisasi yang telah dimulai sebelumnya, Anda harus menotal berapa banyak bibit nan dibutuhkan. Sekiranya Ia n kepunyaan lahan yang luas, tanam khasiat bibit lakukan menandingi tanaman yang cacat bakir sampai Kamu boleh mengerti sesudah-sudahnya segala yang Kamu untuk.
    • Usahakan untuk memanfaatkan lahan seefektif mungkin jika luasnya terbatas. Jika silam di wilayah dengan empat musim, Beliau bisa menguburkan dan memanen di tahun merangsang, waktu gugur, musim dingin, dan musim tunas. Ini memungkinkan Engkau menikmati sayuran segar sepanjang tahun. Bit, wortel, kembang kol, kacang polong, kubis, kucai bombai, lobak,
      collard, caisim, dan banyak sayuran lainnya lebih suka tumbuh di pendar campah selama persil tidak membeku. Tanaman tahun dingin jauh lebih rentan terhadap serangan serangga. Jika petak Sira cacat, pertimbangkan alternatif bukan (tatap bagian “Uang pelicin”).
  6. 6

    Pikirkan metode penyimpanan.
    Takdirnya berencana menanam biji-bijian, Anda akan membutuhkan pakus untuk menyimpan hasil pengetaman agar tetap kering dan aman dari insek dan wereng. Kalau Anda berniat memproduksi semua makanan yang akan dikonsumsi sendiri, mungkin kombinasi metode penyimpanan dan pengawetan akan sangat kontributif. Awalan-awalan di atas menyinggung beberapa metode ini, tetapi bak rangkuman, berikut metode yang biasa digunakan bikin mengawetkan rezeki:

    • Pengeringan (maupun dehidrasi). Metode ini dahulu cocok lakukan mengawetkan biji pelir-buahan dan beberapa diversifikasi sayuran. Di sebagian segara wilayah beriklim kering dan pesam, Dia dapat melakukannya tanpa peralatan usil.
    • Pengalengan. Metode ini membutuhkan wadah (nan dibisa digunakan juga, kecuali tutupnya karena kualitasnya semakin menurun seiring tahun) dan Anda harus berbuat anju, peralatan memantek, dan kecekatan. Dalam kata sandang ini, membuat acar dianggap sebagai proses “pengalengan”, meskipun lain selalu demikian.
    • Pembekuan. Kembali, Sira membutuhkan kurang persiapan memasak, bufet pembeku, dan wadah yang sesuai.
    • Penyimpanan dengan jerami. Metode ini belum disinggung sebelumnya dan biasanya digunakan kerjakan mengawetkan umbi pohon, misalnya kentang,
      rutabaga, bit, dan umbi lainnya. Metode ini dilakukan dengan menyimpan umbi di intern lapisan jerami, di lokasi nan kering dan sejuk.
    • Penyimpanan di privat petak (biasanya dilakukan di negara empat musim): Banyak umbi tanaman dan pohon
      cole
      (sama dengan lobak dan kubis) bisa dibiarkan di dalam kapling sejauh periode dingin. Intern banyak kasus, terdahulu bakal mencegah sepatutnya tanah tidak mengeras. Di wilayah dengan perian dingin yang ringan, Anda mana tahu hanya memerlukan selimut beku. Namun, di kawasan dengan iklim yang lebih dingin mungkin membutuhkan lapisan mulsa setebal 30 cm dan terpal plastik. Metode penyimpanan ini adalah cara efektif cak bagi menghemat ruang dan mempertahankan kesehatan hasil panen.
  7. 7

    Tentukan keefektifan aktivitas ini jika dibandingkan dengan biaya.
    Anda terlazim menginvestasikan sejumlah segara uang bagaikan biaya tadinya seandainya bukan memiliki material dan peralatan yang dibutuhkan lakukan memulai. Kamu juga harus meruahkan banyak tenaga untuk mengerjakan tiang penghidupan, dan itu berarti biaya tambahan jika Anda meninggalkan pekerjaan reguler untuk mendedikasikan diri dalam upaya ini. Sebelum terlantas menginvestasikan banyak uang dan hari, lakukan eksplorasi tentang kondisi penghijauan lokal di daerah Engkau, macam tanaman nan tersaji, dan kemampuan Beliau untuk mengelola upaya nan membutuhkan kerja intensif ini. Keuntungan nan bisa diperoleh merupakan Sira bisa menikmati rahim sonder mengkhawatirkan herbisida, pestisida, dan kontaminan lain, selain yang Sira membeda-bedakan untuk digunakan.

  8. 8

    Mulailah titipan secara bertahap.
    Jika memiliki kapling luas dan peralatan yang memadai, Anda boleh memulai dengan skala yang sepan besar. Namun, seandainya tidak memiliki sepan pengetahuan dan asam garam, Sira akan mempertaruhkan segalanya dengan memilih tanaman nan Sira pikir akan sesuai dengan tanah dan iklim di wilayah Engkau. Dianjurkan untuk bersabda dengan khalayak-orang di daerah Kamu untuk mendapatkan informasi spesifik adapun memilih pokok kayu dan kapan menanamnya, tetapi kalau hal ini tidak memungkinkan, tanamlah tanaman “percobaan” pada tahun pertama untuk melihat seberapa bagus panen nan dihasilkan. Mulailah dengan proporsi katai, barangkali Anda dapat mengepas menghasilkan persentase tertentu bersumber ki gua garba yang Anda butuhkan bagi mendapatkan ide berusul besaran produksi yang dapat Kamu harapkan, sambil secara bertahap berusaha memfokus tingkat swasembada pangan.

    Iklan

  1. 1

    Bajaklah tanah.
    Jika tanah sudah dibudidayakan, itu berguna Dia hanya mesti menggemburkan dan “membalik” persil, ataupun menutupi tanaman atau feses tumbuhan berpunca penanaman sebelumnya. Proses ini juga disebut “membajak” tanah dan dilakukan dengan bajak yang ditarik satwa pengangkut atau traktor, atau privat skala boncel, dilakukan dengan mesin kecil dengan sistem yang bergerak koteng (biasa disebut “rototiller”). Jika hanya mempunyai lahan boncel dengan perhitungan terbatas, Sira bisa menggunakan beliung, sekop, dan cangkul. Pekerjaan ini bisa dilakukan berkumpulan. Anda harus menyingkirkan batu besar, akar dan dahan, semak yang rimbun, dan cirit lainnya sebelum membajak.

  2. 2

    Buatlah larikan.
    Dengan peralatan pertanian modern, proses ini disesuaikan dengan jenis tanaman nan akan ditanam, dan kerjakan pokok kayu yang boleh bersemi di lahan yang “tidak dibajak”, Engkau boleh melewati proses ini dan anju sebelumnya. Di sini, kita memikirkan metode publik nan akan digunakan oleh seseorang nan enggak mempunyai peralatan dan keahlian lakukan melakukannya. Tandai provinsi yang akan ditanami, dulu gunakan pangkur ataupun beluku untuk membuat lambak petak gembur yang terbatas lebih strata membentuk kolom yang setolok dengan tahapan lahan. Lebih lanjut, buatlah alur (galian dangkal di tanah) menggunakan alat pilihan Sira.

  3. 3

    Taruh benih di intern galur sreg kedalaman yang disarankan kerjakan tipe tanaman yang akan ditanam.
    Kedalaman bisa bervariasi, terampai tanaman yang Ia pilih. Secara masyarakat, tumbuhan sukulen seperti legum (buncis dan kacang kedelai) dan melon, labu, mentimun ditanam pada kedalaman 2-2,5 cm, sementara jagung dan kentang boleh ditanam pada kedalaman 6-9 cm. Pasca- mengegolkan semen ke galur, tutup dengan tanah dan padatkan (tepuk-tepuk perlahan) sehingga ruangan semen (galur yang sudah ditutup) bukan cepat kering. Lanjutkan proses ini sampai Dia memiliki total larikan sesuai rajah penanaman.

    • Anda juga boleh “menyemai” benih di kerumahtanggaan ruangan (misalnya di apartemen kaca) dan memindahkannya nanti.
  4. 4

    Tanam tanaman ketika lahan menjadi padat karena hujan atau Anda akan mengalami komplikasi gulma.
    Oleh karena Anda memakamkan tananam dalam larikan, Anda akan bisa berjalan di area kosong di antara larikan (ditengah-tengah) jika mau melakukan reboisasi dengan tangan. Sira teristiadat menggemburkan kapling di selingkung akar tunjang minus negatif akar itu seorang. Anda bisa menambahkan mulsa kerjakan mengurangi atau bahkan melepaskan “gulma”/tanaman yang enggak diinginkan.

  5. 5

    Perhatikan insekta dan hewan nan bisa merusak tanaman.
    Takdirnya mengintai daun yang digerogoti, Anda harus menentukan segala apa penyebab kehancuran. Banyak binatang menganggap tanaman taruna yang lembut di kebun makin menyadarkan selera ketimbang pohon liar sehingga Dia harus mereservasi pokok kayu dari masalah ini, tetapi insekta adalah kelainan yang makin publik detik menanam tumbuhan. Anda bisa meminimalkan kerusakan akibat serangga dengan menyingkirkan atau membasminya saat menemukannya. Untuk kelainan serius, Dia perlu menggunakan metode kimia atau biologis (gunakan tanaman penggiring serangga di sekitarnya).

  6. 6

    Panenlah pokok kayu.
    Anda harus punya pengetahuan paling kecil bagi mengetahui bilamana saat yang tepat untuk memanen tanaman. Banyak sayuran tegal publik bisa dipanen saat mutakadim masak dan akan terus menghasilkan barang sepanjang perian tanam jika dirawat dengan benar. Di sisi lain, kredit-bijian gegares mana tahu dipanen saat mendalam menguning dan mengering pada tanaman. Memanen adalah pekerjaan yang membutuhkan banyak personel dan detik Anda mulai berpengalaman intern bercocok tanam, Kamu harus mengurangi produksi tanaman tertentu sehingga panen boleh makin mudah dikelola.

  7. 7

    Simpan hasil penuaian.
    Bakal sayuran umum, Anda memiliki beberapa saringan untuk menggudangkan hasil pengetaman serta merta menunggu tahun tanam berikutnya. Wortel, rades, dan sayuran pangkal pohon lainnya bisa disimpan dengan baik di kulkas atau ulas bawah tanah. Pengeringan adalah riuk satu pilihan buat mengawetkan daging, biji kemaluan, dan sayuran, dan metode ini adv amat cocok buat hasil panen positif ponten sebagaimana legum. Cak bagi mengawetkan sukulen dan buah, Anda dapat mempertimbangkan pengalengan[2]

    [3]

    atau membekukannya. Kantong plastik tanpa udara bisa mengawetkan sayuran beku lebih baik untuk jangka panjang.

    Iklan

  • Pertimbangkan bagi berkarya sebagai halnya tetangga. Akan lebih mudah mencampuri sejumlah kerdil tanaman berbeda dan Sira dapat menanam cukup banyak sortiran ki gua garba bakal dua batih, tentatif keluarga yang lain akan menyelamatkan tanaman lain privat total yang cukup sehingga Engkau bisa mengamalkan barter.
  • Lebih lagi keluarga nan jarang mengonsumsi daging berulangulang memutuskan untuk memiara sejumlah dabat ternak sebagai halnya mandung untuk mendapatkan telur. Kebutuhan perut ayam sebagian segara bisa dipenuhi dari sampah organik tipar. Ayam aduan akan mengonsumsi kulit sayur, roti basi, dan banyak sampah lain yang siapa akan Anda buang atau olah menjadi humus. Ketika ayam aduan berhenti bertelur, pertimbangkan cak bagi menyembelih dan memasaknya.
  • Bangunlah rumah kaca. Dengan serupa itu, Anda boleh menanam makanan sepanjang waktu, apalagi saat
    binar cahang.
  • Jangan mengetem mengetanahkan sayur koteng saat pendar dingin (sekiranya Anda tinggal di iklim tawar rasa). Pertimbangkan untuk mengipuk benih di tungku. Dengan membibit bilang jenis tanaman farik, seperti rades, brokoli, alfalfa dan semanggi, Anda akan memiliki berbagai rasa dan jenis sayuran farik dan memasukkan sayuran plonco segar dalam diet Ia bakal melengkapi sayuran nan dibekukan atau dikalengkan.
  • Carilah sumber makanan eksternal untuk melengkapi produksi pertanaman Kamu. Memancing, memetik biji kemaluan beri bawah tangan dan kedelai-kacangan, memanen tanaman yang tumbuh terlarang di wilayah Anda dan aman dikonsumsi, bahkan meletuskan jebakan atau mengejar dapat menjadi saringan untuk tipe diet Sira.
  • Jika Anda memiliki kapling sangat abnormal dan kehausan (ataupun kebutuhan) Sira cukup logis, carilah metode lain lakukan berpatut tanam. Terserah sejumlah metode penghutanan untuk menyiasati lahan sempit dan menghasilkan produksi tinggi. Berikut bilang penjelasan singkat dan tautan ke sumber informasi nan lebih terperinci:
    • Perkebunan hidroponik.[4]

      [5]

      Metode ini mengikutsertakan penghijauan pokok kayu dalam kendaraan kultur air atau pula disebut[6]

      “pertanian tanpa persil”.
    • Perladangan vertikal. Metode ini digunakan untuk pohon “rambat” yang rata-rata membutuhkan banyak pangsa bakal menyerakkan diri sehingga mengurangi daya tampung sendirisendiri meter persegi. Dengan memasang teralis, pagar, atau atau struktur partisan lainnya, Anda bisa meningkatkan total tanaman per meter persegi karena pohon akan bertaruk secara vertikal, bukan mengufuk.
    • Berkebun intern pot. Beberapa tanaman bisa bertunas di dekat semua palagan (bahkan toilet tua, meskipun terlihat buruk). Banyak hamba allah menguburkan tanaman di “jambangan ventilasi” selama bertahun-masa untuk menerimakan keindahan di lingkungan apartemen daerah tingkat yang gersang. Proses yang sejajar dapat digunakan bikin menanam tanaman pangan nan lebih kecil dan bukan plus bergantung pada akar, sebagaimana paprika, labu, tomat dan lainnya.
    • Pekebunan
      pottage
      (kebun dapur hias). Metode ini memungkinkan penanaman sayuran terkonsentrasi dan rotasi. Selain itu, metode ini bisa menjadi alternatif yang indah untuk menggantikan pelataran depan.

Iklan

Peringatan

  • Berhati-hatilah, tanam tipe berbeda, berkomplot dengan petani lain dan minimalkan risiko. Menghasilkan makanan sendiri bisa mendatangkan kepuasan, tetapi keberuntungan Kamu lalu dipengaruhi oleh alam, dalam bentuk hama dan cuaca buruk yang boleh mengandaskan seluruh tanaman dalam waktu nan sangat singkat.
  • Jika Ia ingin mengawetkan ki gua garba dengan sistem pengalengan di rumah, lakukan dengan benar bagi menjauhi risiko botulisme dan penyakit lainnya.
  • Karakter muslihat makanan koteng membutuhkan toleransi, ketekunan, dan pekerjaan fisik seperti mana membungkuk, mengangkat, dan mengirimkan. Bersiaplah lakukan berkeringat. Kenakan sagitarius kaki di balik sepatu atau pilihlah alas suku yang mudah dibersihkan. Lindungi diri Anda pecah sorot matahari dan serangga (kutu dan nyamuk gajah dapat menularkan penyakit yang fatal) dengan sering-gegares menerangkan diri secara menyeluruh.
  • Berhati-hatilah dengan rabuk. Pastikan Sira luang mana yang aman untuk dikonsumsi. Takdirnya ragu, jangan memakannya sesekali.
  • Jangan gunakan pestisida. Pestisida dapat meresap ke privat tembolok dan menyebabkan puru ajal pada khalayak. Alih-alih, tanamlah tanaman wana di rumah kaca ataupun lingkungan bersih lainnya yang terlindung dari wereng.
  • Pastikan Engkau membeningkan alat berkebun (sekop dan alat lainnya) sebelum digunakan lakukan menjaga makanan setia bersih.

Iklan

Hal nan Anda Butuhkan

  • Lahan yang cocok untuk perkebunan.
  • Metode, alat dan urat kayu penyimpanan.
  • Cerah matahari dan akses air nan layak.
  • Peralatan tani.
  • Benih dan pupuk

Adapun wikiHow ini

Halaman ini telah diakses sebanyak 10.323 kali.

Apakah artikel ini membantu Ia?

Source: https://id.wikihow.com/Menanam-Tanaman-Pangan-Sendiri

Posted by: holymayhem.com