Tanaman Padi Berbatang Tinggi Berbutir Panjang Menggunakan Cara

Panen padi peti mayat pada prinsipnya seimbang dengan panen padi sawah. Oleh karena pertanaman padi peti mayat tumbuh rapat maka kuantitas tanaman dan malai per satuan luas kian banyak dibanding pari sawah. Kerapatan pohon tersebut mendekati mempengaruhi panjang malai sehingga jumlah gabah padi tabela per malai relatif kurang, dibanding gabah puas malai pari sawah. Pertanaman padi yang rapat dan tumbuh meninggi serta tanaman antah nan berbatang lemah cenderung mudah putri malu

.
Puas panen antah tabela perlu diperhatikan beberapa hal, yaitu momen pengetaman, cara, panen, dan pengangkutan.

1. Saat panen

Musim pengetaman gabah nan tepat yaitu jika gabah sudah lalu tua atau matang. Periode pengetaman cersebut berpengaruh terhadap total produksi, mutu antah, dan mutiara beras nan akan dihasilkan. Keterlambatan penuaian menyebabkan produksi menurun karena gabah banyak yang rontok. Waktu panen yang berlebih mulanya menyebabkan mutiara gabah invalid, banyak beras yang pecah saat digiling, berbutir baru, serta beruntal kapur.

Penuaian pari unmk konsumsi biasanya dilakukan pada detik masak optimal. Adapun panen gabah untuk benih memerlukan tambahan tahun hendaknya pembentukan embrio gabah sempurna.

Saat panen di lapangan dipengaruhi maka itu berbagai peristiwa, seperti tinggi medan, tahun tanam, pelestarian, pemupukan, dan varietas. Di dataran rendah, momen panen biasanya kian cepat dibanding di dataran dnggi. Sreg musim kemarau, pokok kayu lazimnya dapat dipanen makin awal. Bila dipupuk dengan nitrogen dosis tataran, pohon menjurus boleh dipanen lebih lama berbunga seremonial.

Pengetaman nan baik dilakukan bilamana pendar sinar. Secara awam, antah bisa dipanen pada kehidupan antara 80-110 masa setelah tanam.

Barometer pohon padi yang siap dipanen adalah sebagai berikut.
1) Hidup tanaman mutakadim mencapai umur yang tertera sreg deskripsi varietas tersebut.
2) Daun umbul-umbul dan 90 bulir padi telah menguning.
3) Malai padi menunduk karena menopang bulir-bulir yang bernas.
4) Butir gabah terasa persisten bila ditekan. Apabila dikupas, tampak isi butir gabah berwarna polos dan berkanjang bila digigit. Biasanya gabah tersebut mempunyai kadar air 22-25.

2. Cara pengetaman

Cara panen berbeda-tikai tergantung sifat serta tingkat adopsi teknologi orang tani. Namun, lazimnya panen .dilakukan dengan cara memotong batang berikut malainya. Kunarpa gabah dtpotong pada putaran bawah, tengah, atau atas dengan menggunakan sabit gerigi.

Hasil pengetaman ditampung dalam kantungmplastik, jute, deklit:, atau bagor sebelum diangkut ke tempat perontokan.

3. Pengangkutan
Hasil penuaian padi biasanya ditumpuk di beberapa kancah. Hasil panen tersebut kemudian dikemas dan diangkut kg suatu tempat untuk memudahkan perlakuan panen seterusnya.

sumber : Budidaya Gabah sawah tabela/Ir. Setijo Pitojo

Source: http://cybex.pertanian.go.id/mobile/artikel/51287/Cara-Pemanenan-Padi-Tabela/

Posted by: holymayhem.com