Tanaman Obat Kencur Dan Cara Membuat Cara Membuat


Kencur atau cekur (Kaempferia galanga) adalah tanaman yang memiliki akar buntang yang tersambung di kerumahtanggaan kapling, biasa dipakai kerjakan bahan rempah-rempah dan ramuan pemohon; Tumbuhan ini termasuk dalam kingdom Plantae, sub kingdom: Phanerogamae, divisi: Spermatophyta, sub divisi: Angiospermae, inferior: Monocotyledonae, seri: Epigynae, ordo: Scitaminales, keluarga: Zingiberaceae, genus: Kaempferiam, macam: galanga. Bagian tanaman kencur yang sayang digunakan adalah rimpang, akar dan patera.

Banyaknya fusi aktif atau bahan yang dikandung, membuat kencur kaya akan manfaat kesehatan. Melansir berbagai sumber, berikut ini yaitu ragam manfaat kencur bakal kesehatan yaitu cegah kanker, memulihkan penyakit antibakteri, mengobati diare, mengobati masuk angin dan flu, melegakan tenggorokan dan batuk-batuk darah, mengatasi muntah-muntah, meningkatkan nafsu makan, penurun kolesterol, serta mengatasi jamur.

Dalam budidaya kencur ada beberapa hal yang harus diketahui, yaitu :

 a.Syarat Bertunas

Untuk dapat tumbuh maksimal, berikut sejumlah hal yang wajib diperhatikan:

  • Jalal tempat 50 – 600 mdpl.
  • Suhu galibnya tahunan 25 – 30 derajat C.
  • Besaran bulan basah 5 – 9 bulan pertahun dan bulan kering 5 – 6 wulan.
  • Curah hujan angin sendirisendiri tahun 25– – 4000 mm.
  • Kebulatan hati cahaya mentari penuh (100 %) atau ternaungi sampai 25 – 30 uang sampai pokok kayu berumur 6 wulan.
  • Tekstur tanah sampai lempung liat berpasir.
  • Kemiringan kapling < 30 persen dengan jenis tanah latosol, regosol, asosiasi antara latosol – andosol.
  • Bila kemasan tanah pH 4,5 – 5,0 bisa ditambahkan kapur pertanaman (kaptain/dolomit) sampai pH 5,5 – 6,5.
  • Tanah harus bebas dari ki kesulitan, terutama bakteri layu.

 b.Bahan Tanaman

Kencur merupakan tumbuhan mulai sejak famili  Zingiberaceae (temu-temuan) yang berlandaskan daun dan rimpang dibedakan ke internal dua diversifikasi. Mula-mula, kencur berdaun lebar dengan ukuran rimpang besar. Kedua, kencur berdaun sempit dengan ukuran rimpang lebih kerdil.

Kencur berdaun lebar memiliki petro atsiri lebih kecil. Salah satu klon menjuarai kencur yang berimpang besar adalah calon diversifikasi menang asal Bogor (BALITTRO V2). Ciri fisiknya tinggal spesifik yakni jangat rimpang berwarna coklat terang dan daging rimpang berwarna kuning. Ciri lainnya adalah daunnya membulat, ujung daun meruncing dengan warna hijau ilegal.

Keberagaman ulung lainnya ialah BALITTRO V3 atau V4 yang ciri utamanya antara enggak selerang rimpang coklat gelap. Daging rimpang berwarna polos bergores ungu, bagan daun buntak dengan ujung meruncing dan warna baru semarak. Adapun potensi produksinya bisa sampai ke 14 – 16 ton per hektare dengan lambung minyak atsiri 4 -7,6 komisi.

c.   Proses pembibitan

Bibit pokok kayu kencur diambil dari rimpangnya dengan syarat sebagai berikut:

  • Rimpang telah tua lontok.
  • Berasal dari tanaman nan berusia 10 bulan.
  • Berbunyi bila dibela dengan tangan.
  • Selerang mengkilat.
  • Tekstur daging rimpang agak keras.
  • Mempunyai 2 – 3 bakal mata recup.
  • Bobot tekor lebih 5 – 10 gram.

 Sebelum ditanam, konsentrat ditunaskan justru dahulu. Penanaman sebaiknya dilakukan detik musim hujan. Rimpang siap tanam ialah yang plonco keluar tunasnya (< 1 cm), sehingga bisa adaptasi dan tidak mudah rusak.

Bila ditanam sebelum musim hujan abu, rimpang bisa langsung ditanam tanpa ditunaskan terlebih dahulu. Terbiasa diketahui bahwa kencur nyana berlainan dengan jahe, kencur bisa ditanam pada ketika sebelum hujan angin turun radiks rimpangnya belum merecup. Rimpang kencur akan beradaptasi dengan lingkungan, habis ketika hujan angin turun, tunasnya akan serempak bermunculan.

Untuk melakukan budi daya kencur, berikut bilang persiapan yang terlazim dilakukan:

 1.Ancang lahan

Siapkan lahan dengan mengolahnya mengaryakan garpu atau cangkul sedalam 40 cm. Bersihkan persil bersumber endap-endap ranting dan rerumputan.

2.   Jarak tanam

 Jarak tanam bakal kepribadian kancing kencur  yang baik ialah 15 cm x 15 cm ataupun 20 cm x 15 cm. Padahal dalam pola tanaman campuran, jarak tanam yang dipakai adalah 20 cm x 20 cm tersidai macam petak dan tanaman campurannya.

 3.Pemupukan

 Berikan kawul kandang detik tanam di dalam lubang dengan dosis 20 – 30 ton/ha. Sreg lahan nan miskin hara dan teksturnya padat diberi pupuk kandang 30 ton/ha. Sementara itu di lahan yang cukup berlambak 20 ton/ha.

 Pemberian cendawan kandang yang belum menguning disebar di gua tanam paling tidak 2 pekan sebelum tanam. Sementara itu, pupuk imitasi diberikan secara tugal atau larikan dengan jarak 5 cm berpunca tanaman, dosis urea 200 – 250 kg/ha, SP 36 250 – 300 kg/ha. KCL 250 – 300 kg/ha bergantung puas kesuburan lahan.

Sumber: http://cybex.perkebunan.go.id/artikel/100200/khasiat-kencur-dan-cara-budidaya-tanaman-kencur-kaempferia-galangal-l/



Source: https://fpp.umko.ac.id/2022/01/05/manfaat-kencur-dan-cara-budidaya-tanaman-kencur-kaempferia-galangal-l/

Posted by: holymayhem.com