Tanaman Hias Media Air Di Botol

Aquaponik adalah sistem pertanian berkelanjutan nan mengkombinasikan akuakultur dan hidroponik kerumahtanggaan lingkungan yang bersifat simbiotik. Dalam meningkatkan toksisitas air pun tidak dibuang. Dalam akuaponik ekskresi hewan diberikan kepada tanaman agar dipecah menjadi nitrat dan nitrit melalui proses alami dan dimanfaatkan maka itu tanaman sebagai nutrisi. Air kemudian bersirkulasi pula ke sistem akuakultur.

Aquaponik ialah sebuah alternatif mengebumikan pokok kayu dan menernakkan ikan dalam satu tempat. Proses dimana pokok kayu memanfaatkan partikel hara yang mulai sejak berasal sempuras iwak yang apabila dibiarkan di dalam kolam akan menjadi racun bagi ikannya. Lalu tanaman akan berfungsi perumpamaan tapis vegetasi yang akan mengurai zat racun tersebut menjadi zat nan enggak berbahaya cak bagi ikan, dan suplai oksigen pada air yang digunakan bagi memelihara ikan. Dengan siklus ini akan terjadi siklus saling menguntungkan dan cak bagi kita yang  mengaplikasikanya tentu tetapi akan terlampau menguntungkan sekali, karena persil yang dipakai bukan akan terlalu luas

Ikan yakni kunci privat sistem aquaponik. Ikan menyediakan dempang semua nutrisi bagi tanaman. Jenis iwak tergantung pada iklim lokal dan jenis yang terhidang di pasaran, sahaja nan paling kecil renceng digunakan adalah ikan nila dan lele.

Kurnia Aquaponik

  • Sempuras ikan dapat dimanfaatkan umpama sumber pupuk organik yang baik kerjakan pertumbuhan tanaman.
  • Produk yang dihasilkan merupakan barang organik karena hanya memperalat pupuk dari geladir iwak yang telah melalui proses biologis.
  • Menghasilkan dua produk sekaligus; yaitu sayur dan iwak, dari suatu unit produksi.
  • Bisa menghasilkan sayuran segar dan ikan andai perigi protein lega daerah-daerah kering dan ketersediaan petak terbatas.
  • Bersifat berkelanjutan dengan perpaduan tanaman dan ikan dan siklus nutrien.
  • Populasi pokok kayu organik nan dapat ditanam 10 kali lipat lebih banyak. Dengan aquaponik tanaman dapat ditanam dengan kerapatan tinggi dengan sistem terapung di atas air. Sistem ini berharta menampung hingga 10 mungkin lipat jumlah tanaman pada luasan nan sama. Dan setiap akar pokok kayu pelahap mendapat cadangan air yang mampu akan zat hara.
  • Konservasi yang mudah, enggak memerlukan penyiangan, terbebas dari hama kapling dan tidak memerlukan pendirusan.
  • Bila pertumbuhannya baik, tumbuhan akan tumbuh makin cepat.

Alat dan Bahan

Kerjakan melakukan budidaya aquaponik enggak memerlukan alat yang mahal, tetapi kita dapat menggunakan barang-barang nan ada di sekitar kita. Adapun instrumen yang digunakan n domestik budidaya aquaponik adalah :

·         Pompa aquarium

·         Paralon

·         Jambangan/gelas wadah air mineral

·         Gabus filter lepasan

·         Sumbu kompor

·         Sekam/batu

Anju-anju sistem budidaya aquaponik :

  1. Menyiapkan kolam yang telah disi dengan ikan
  2. Pembuatan wadah untuk pokok kayu

Untuk menaruh tumbuhan, digunakan pipa paralon nan di diberi lobang diatasnya sesuai dengan dimensi arena tumbuhan.

  1. Penyemaian Mani

Benih disemai pada tray atau ajang semai. Gunakan benih yang tingkat germinasinya diatas 80%. Media semai yang baik dan umum digunakan adalah rockwool, gabus filter aquarium atau spon. Seandainya ekstrak sudah cukup umur dan tumbuh baik,  pindahkan  bibit ke wahana tanam.

  1. Menyiagakan pot pohon

Wadah tanaman dapat menggunakan pot/gelas idiosinkratis kerjakan tanaman hidroponik, maupun  membuat pot dari botol plastik lepasan dengan menjatah sumbu pemanas atau kain resapan di bawah pot misal alat lakukan resapan airnya.

  1. Seandainya benih tanaman sudah tiba bersemi, atau telah mempunyai dua patera maka pohon sudah boleh dipindahkan ke paralon yang dibuat
  2. Setelah tanaman dimasukkan  ke dalam  paralon, kemudian sreg empang dipasangkan pompa aquarium, dimana selang dari pompa aquarium tersebut dimasukkan ke dalam paralon sehingga air dari kolam ikan bersirkulasi ke dalam paralon dan kembali ke tebat iwak pula.
  3. Bila pertumbuhannya baik, tanaman dapat dipanen dalam suatu bulan, padahal ikan nila bisa dipanen dalam musim 5-6 bulan

Disusun Oleh: Rasbi Musabah Raharjo.S.P (Pengajar Pertanian THL PP Kec. Walantaka Kota Serang)

Daftar pustaka

https://id.wikipedia.org/wiki/Akuaponik

Nugroho E. dan Sutrisno 2008 Budidaya Iwak dan Sayuran Dengan Sistem Akuaponik. Penebar Swadaya. Jakarta

Source: http://www.cybex.pertanian.go.id/mobile/artikel/88138/Sistem-Budidaya-Aquaponik/

Posted by: holymayhem.com