Tanaman Hias Gelombang Cinta Wikipedia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Anthurium plowmanii

Edit the value on Wikidata

Bird's Nest Anthurium (Anthurium plowmanii).jpg


Edit the value on Wikidata

Taksonomi
Divisi Tracheophyta
Subdivisi Spermatophytes
Klad Angiosperms
Klad monocots
Ordo Alismatales
Famili Araceae
Genus Anthurium
Spesies
Anthurium plowmanii

Edit the value on Wikidata




Croat, 1987


Anthurium plowmanii

atau Wave of Love adalah tanaman dari genus Anthurium bermula keluarga Keladi, Araceae. Pohon ini dari berbunga Peru, Bolivia, dan Brazil. Di Indonesia, pohon ini dikenal dengan nama Gelombang listrik Gelojoh.

Ciri-Ciri

[sunting
|
sunting sumber]

Patera dari Anthurium plowmanii tergolong tinggal rimbun dan kaki menyerupai kulit dengan helaian elips memanjang dan meruncing. Penggalan terlebar helaian berada menentang ujung daun belaka masih disekitar bagian tengah. Tulang daun primer berasa di bagian tengah helaian dan tangkai daun lateral mengaret dari tulang primer ke arah comberan helaian. Permukaan patera atas mengkilap dengan siring daun Beriak. Panjang daun Anthurium plowmanii fase juvenile dapat mencapai 2 meter. Tangkai daun berukuran 30-40 centimeter dengan penampang berbentuk C atau U.

Batangnya beruas singkat, setiap ruas merupakan tempat melekatnya daun. Batang Gelombang Cinta biasanya dipenuhi Akar tunjang yang berfungsi andai penopang tumbuhnya tanaman. Bunga Anthurium plowmanii bersemi ke atas. Spathe berbentuk lonjong meruncing dan merentang menekuk keluar bila mekar dengan panjang 5-15 cm dan dapat tumbuh hingga 29 cm dan sintal 5-10 milimeter berwarna violet keunguan dengan noda yunior maupun ungu. Spadiks berwarna ungu haram berbentuk lonjong mengecil di putaran ujung dengan format 10-45 cm dengan diameter 1-22 cm. Panjang stipe atau tangkainya sekitar 6-10 cm dengan diameter 1.2 cm. Anakan berkepribadian berumah satu seperti tanaman tak di anak bini Araceae. Anak uang bersifat protogini, dimana dalam bunga Nan sama, bunga betina akan matang malar-malar dahulu kemudian disusul bunga jantan. Setelah terjadi penyerbukan, maka fetus akan berkembang menjadi Buah matang dengan kulit bercelup bangkang dengan bagan buntar memanjang dengan 1 buah mengandung 1-2 angka dengan ukuran 1-2 milimeter. Dengan panjang 1.2-1.5 milimeter. Setiap spadiks dapat mampu menghasilkan 500 hingga 2.000 sperma.

Kegunaan

[sunting
|
sunting mata air]

Anthurium plowmanii dibudidayakan sebagai tanaman rias daun. Ukuran daunnya nan lautan dan Tulang beragangan pinggiran daunnya yang beriak menciptakan menjadikan tanaman hias ini banyak diminati.

Referensi

[sunting
|
sunting sumber]

  • https://balithi.litbang.perkebunan.go.id/berita-449-anthurium-plowmanii.html
    [
    pranala nonaktif permanen
    ]

  • https://www.powo.science.kew.org/urn:lsid:ipni.org:names:272351-2
    [
    pranala nonaktif permanen
    ]



Source: https://id.wikipedia.org/wiki/Anthurium_plowmanii

Posted by: holymayhem.com