Tanaman Hias Bunga Kenanga Dan Cara Memperbanyak



Untuk memiara bunga kenanga langkah awal yang harus dipersiapkan adalah esensi tanaman, pilihlah bibit tanaman yang berkualitas untuk menunjang keberhasilan budidayanya.

Kini bibit rente kenanga cukup mudah diperoleh di toko-toko tumbuhan hias sekeliling anda atau bisa juga diperoleh di SentraTani.com.





Selain itu bibit rente kenanga juga bisa anda buat seorang. Salah satu kaidah pembibitan anakan kenanga adalah dengan cara stek batang, stek kunarpa ini cukup mudah dilakukan sehingga andapun bisa melakukannya. Adapun cara stek anak uang kenanga selengkapnya yaitu sebagai berikut.

PERSIAPAN Layon STEK

Pilihlah tanaman induk bunga kenanga yang akan diambil batang steknya dengan tolok sehat, pertumbuhannya baik serta adil bersumber serangan hama dan komplikasi.

Memperbedakan jenazah yang tidak berlebih muda dan enggak plus tua, nan ditandai dengan corak batang baru pucat benihan dengan bintik-bintik kehitaman. Kemudian potong-potong sejauh 20 cm memperalat gunting stek/pisau yang tajam.

Pangkas daunnya untuk mengurangi evaporasi, akan tetapi sisakan 1-2 daun di ujungnya. Lakukan pemangkasan patera secara eklektik agar enggak negatif favorit semi nan biasanya berada pada ketiak daun.

PERSIAPAN MEDIA TANAM STEK

Langkah seterusnya adalah menyiapkan sarana tanam. Alat angkut tanam yang digunakan bikin stek rente kenanga adalah kapling gembur dan pupuk kandang/bunga tanah dengan perbandingan 1:1, aduk semua target setakat merata.

Masukkan media tersebut ke dalam polybag kecil, ataupun kancah lainnya hingga akrab penuh kemudian siram. Syarat ajang media tanam tersebut yaitu mempunyai liang sreg bagian bawahnya bakal mengalirkan air, mudahmudahan air siraman enggak menggenang di dalamnya.

PENANAMAN BATANG STEK

Setelah media tanam dan batang stek siap, tahap berikutnya yakni melakukan penanaman batang stek pda wahana tanam.

Sebelum batang stek ditanam malah dahulu oleskan ZPT alami berwujud umbi lapis biram. Caranya geprek bawang merah terlampau oleskan sreg bawah mayit stek kemudian balutkan bawang merah tersebut puas pangkal batangnya.

Buat lubag tanam pada ki alat, masukkan batang stek pada lubang tanam tanam, beserta berambang berma yang dibalutkan plong asal batangnya, tutup kembali dan sedikit padatkan mudahmudahan mayit stek tertanam erat dan tidak mudah goyah.

Sungkup stek menunggangi plastik transparan, ikat atau satukan plastik sungkup dengan polybag menggunakan utas. Manfaat plastik sungkup ini adalah lakukan menstabilkan master dan kelembaban.

Bagi tentatif letakkan batang stek di ajang yang teduh dan enggak terkena sinar matahari secara serampak.

Dalam waktu 2-3 minggu dari penyetekan biasanya mutakadim tumbuh tunas dan akar susu mentah.

Stek bunga kenanga sebaiknya dilakukan pada saat tahun hujan, karena bilamana perian hujan tingkat keberhasilannya cukup tinggi jika dibandingkan dengan musim kemarau.

Demikian ulasan akan halnya cara stek bunga kenanga, hendaknya artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda.

Bikin membeli sari bunga kenanga ataupun perlengkapan persawahan lainnya silakan kunjungi SentraTani.com

Sumber : Channel Youtube Nur Arifin



Source: https://www.kampustani.com/cara-stek-bunga-kenanga/

Posted by: holymayhem.com