Tanaman Aquascape Apa Saja Dan Cara Budidaya


Unduh PDF


Unduh PDF

Tanaman akuarium air tawar dapat menjadi penghias rumah dan menyerahkan beberapa guna untuk ikan. Tanaman nan hidup dapat menghilangkan nitrat bermula air, serta membetulkan kualitasnya. Tanaman tersebut juga meningkatkan kadar oksigen dalam akuarium dan menjadi medan yang menghela bagi ikan-ikan buat bersembunyi.
[1]

Mengebumikan dan meluaskan pokok kayu air batal di palung ikan merupakan hobi nan mudah dan meredam emosi, serta boleh memberikan kepelesiran baik bikin Anda ataupun ikan peliharaan.

  1. 1

    Pilih pokok kayu air batil yang cukup umum dan mudah dirawat.
    Tanaman air tawar n kepunyaan kebutuhan cuaca nan berbeda dan, terkadang, selit belit dirawat. Untungnya, suka-suka beberapa sortiran mudah buat pemula yang bisa memberikan tampilan akuarium nan diinginkan. Carilah pohon yang beridentitas
    echinoderms,
    lilaeopsis,
    anarchies, atau
    anubis.

    • Beberapa tanaman air tawar bertakaran tinggi yang dapat Anda coba, di antaranya, adalah
      Amazon sword
      dan paku lidah kolam (Java fern).
      Amazon sword
      dapat bertunas dengan mudah dan cepat sehingga dapat menyembunyikan kabel-kabel dan sistem filtrasi nan tertentang dari belakang akuarium. Temporer itu, pakis lidah kolam mempunyai daun yang tahapan, serta bisa melindungi ikan-ikan yang Anda pelihara.
    • Lakukan tanaman berukuran sedang, bilang pilihan yang tepat meliputi
      Anubias nana
      dan
      dwarf saggitaria.
      Anubias nana
      memiliki buntang yang melengkung dengan patera yang bundar. Tentatif itu,
      dwarf sagittaria
      n kepunyaan daun hijau yang strata dengan bilah-bilah patera nan melengkung, serta dapat bertunas di dekat dekorasi palung ikan yang keras sebagaimana bebatuan.
      [2]
  2. 2

    Gunakan lumut daun bikin menghias babak dasar dan depan akuarium.
    Beberapa spesies lumut air tawar yang mudah ditanam, di antaranya, adalah
    Java moss,
    willow moss, dan
    water wisteria. Kulat daun adalah pohon yang berkembang dalam ukuran yang singkat sehingga bisa ditempatkan di bagian depan akuarium, sonder menghalangi tanaman-tanaman nan lain. Selain itu, kulat juga kondusif menjaga kebersihan palung ikan. Galibnya, kulat berkembang dengan cepat sehingga Anda dapat melihat hasil perkembangannya dengan cepat.

    • Kulat berkembang paling efektif intern kondisi pencahayaan medium hingga terang.
      [3]
    • Kebanyakan, lumut daun boleh dimakan oleh ikan.
      [4]

      Akan doang, Anda tetap terlazim memberi makan lauk peliharaan (mis. menunggangi pelet) karena tidak semua lauk mau meratah lumut.
    • Sortiran enggak nan tepat untuk menggurit memakai babak bawah dan depan palung ikan adalah pohon
      dwarf baby tears. Pohon berdaun lebat ini berkembang dengan cepat sama dengan lumut daun, namun punya tampilan yang menyerupai semak-semak. Pohon ini dapat tumbuh bertambah efektif n domestik kondisi pencahayaan sorot.
      [5]
  3. 3

    Belilah pokok kayu yang mutakadim samudra jika Dia ingin langsung mendapatkan tampilan yang diinginkan.
    Tanaman yang sudah besar memang lebih mahal, sahaja membelinya dapat menjadi prinsip mudah bagi mendapatkan tampilan akuarium nan diinginkan. Pilihlah tanaman nan sudah mulai tumbuh dan memiliki akar susu kudus.

    • Selidik tanaman lakukan memastikan enggak ada siput, udang, dan jari-jari yang mengganggu atau destruktif tanaman.
      [6]
    • Anda bisa membeli tumbuhan palung ikan dari toko hewan peliharaan atau toko peranti palung ikan terdekat. Selain itu, Anda juga bisa membelinya berpokok internet.
    • Cari adv pernah ketenaran penjual sebelum membeli tanaman untuk memastikan ia memiliki tanaman nan bersih dan sehat.
  4. 4

    Mulailah menanam terbit setek perumpamaan pilihan alternatif yang lebih teraih.
    Walaupun dibutuhkan masa nan kian lama hingga Beliau bisa mengawasi tampilan tanaman yang diinginkan, setek merupakan sortiran nan lebih ekonomis. Cak bagi mengembangkannya, lebih-lebih dahulu Engkau perlu mendapatkan setek berbunga tanaman yang sudah cak semau. Biasanya, setek dijual di toko-toko alat akuarium dan internet. Carilah kunci buntang terbawah sreg setek, kemudian buang daun yang ada di bawahnya. Tanam buntang pada substrat agar akar dapat berkembang.[7]

    • Anda pula dapat mendapatkan setek dari seseorang nan kembali memiliki akuarium dan menernakkan tumbuhan air tawar.
  5. 5

    Ciptakan pengejawantahan yang menarik menunggangi pokok kayu-tanaman dengan beragam ukuran.
    Penyusunan tanaman bersadarkan ukurannya menciptakan menjadikan akuarium tampak lebih menghela. Pokok kayu-tumbuhan yang ditempatkan di belakang baiknya berukuran kian ki akbar, provisional pokok kayu-tanaman berukuran sedang boleh ditempatkan di perdua atau di sisi akuarium. Setelah itu, Anda boleh menghias bagian depan akuarium dengan tanaman pelapis, begitu juga lumut patera atau
    dwarf baby tears.
    [8]

    • Dimensi-format tanaman biasanya beragam, berpangkal menginjak tanaman boncel berdimensi 2,5-5 sentimeter setakat tumbuhan-tanaman raksasa yang dapat memenuhi akuarium.
    • Tambahkan patung mungil, bebatuan, dan kusen apung buat menciptakan penampilan nan bertambah menjujut. Selain itu, riasan-hiasan tersebut sekali lagi dapat menjadi tempat yang tepat untuk menempelkan tanaman yang tak perlu dikubur.

    Iklan

  1. 1

    Beli dan pasang lampu untuk kontributif perkembangan tanaman.
    Seperti halnya tanaman bukan, tanaman akuarium membutuhkan cahaya agar tetap hidup. Kilap diperlukan agar tanaman bisa melakukan fotosintesis nan menyerahkan energi dan nutrisi. Selidik intensitas cahaya yang diperlukan karena setiap pohon n kepunyaan kebutuhan cahaya yang berbeda. Lampu kilat spektrum mumbung dan lampu LED akuarium dapat menjadi pilihan yang tepat. Selain itu, tanaman juga bisa mendapatkan cahaya jikalau akuarium ditempatkan di dekat jendela.

    • Beberapa jenis pokok kayu membutuhkan makin banyak cahaya sehingga cari luang informasi ini terlebih dahulu sebelum memilih jenis yang ingin Anda tanam.
      [9]
    • Sebagai mula-mula, ada baiknya Anda menggunakan lampu dengan daya di bawah 0,6 watt per liter, kecuali jika Anda sudah memangkalkan perangkat/sistem karbonium dioksida di dalam akuarium.
  2. 2

    Karantina dan rawat justru lalu tanaman baru sebelum ditempatkan di privat akuarium.
    Tanaman-tanaman baru boleh jadi mengangkut hama seperti siput atau udang yang dapat mengganggu kesehatan akuarium. Siput dan urang dapat beranak dengan cepat dan menepati akuarium, kecuali jika Engkau memelihara ikan yang dapat memakan kedua hama tersebut.
    [10]

    Selain itu, siput dan udang lagi bisa menyebarkan bakteri atau ki aib pada air.
    [11]

    Dengan mengarantina tanaman, Engkau bisa mencari hama sebelum tanaman dimasukkan ke privat akuarium.[12]

    Anda juga dapat menangani problem hama pada pokok kayu menggunakan larutan pemutih.

    • Untuk menangani hama memperalat paduan pemutih, campurkan pemutih dan air dengan perbandingan 1:19. Setelah itu, berkubang tanaman dalam campuran selama 2-3 menit, sesuai sensitivitasnya. Bilas tanaman hingga bersih menggunakan air sebelum Anda menempatkannya di n domestik akuarium.[13]
    • Lakukan mencegah penyebaran siput, rendam pohon privat air garam sehabis dibeli. Campurkan 250 gram garam akuarium (atau garam meja) kerumahtanggaan 4 liter air. Rendam tanaman sejauh 15-20 ketika (dalam posisi terbalik) dan pastikan akar tanaman mewah di atas permukaan air. Bilas tanaman dengan air fit sebelum memasukannya ke dalam akuarium.
      [14]
    • Sehabis dikarantina selama suatu pekan, tempatkan tumbuhan di dalam palung ikan.
  3. 3

    Tambahkan substrat yang tidak berbahaya bagi pokok kayu dan tutupi dengan kerikil.
    Substrat merupakan material yang digunakan bakal melapisi bagian dasar palung ikan. Seandainya mau tumbuhan merecup bernas, Kamu membutuhkan substrat yang kaya akan nutrisi. Meskipun hal ini berarti, pada awalnya Anda perlu mengeluarkan uang bertambah banyak. Substrat yang sekata untuk tanaman berkiblat membuat air panik ketika terbaur, tetapi Beliau bisa mencegahnya dengan melapisinya kembali menggunakan gravel.

    • Barang substrat Seachem Flourite mengandung semua nutrisi yang dibutuhkan pohon dan tersedia internal berbagai macam warna.
    • Tanah lempung dan laterit dapat menjadi seleksian substrat yang mengandung nutrisi dengan harga nan lebih murah. Akan sahaja, biasanya diperlukan waktu makin lama sampai substrat boleh termendak di dasar palung ikan.
    • Produk Aqua Soil mengandung nutrisi nan baik untuk tanaman, tetapi boleh meletakkan bilangan keasaman (pH) air ke tingkat 7. Meskipun optimal kerjakan perkembangan tumbuhan, barang ini mana tahu berbahaya bagi lauk. Oleh karena itu, telaah kadar keasaman air nan dibutuhkan makanya ikan sebelum menggunakan komoditas ini.
    • Kerikil tidak boleh memupuk tanaman.
      [15]
  4. 4

    Pilihlah tanaman yang membutuhkan substrat agar bisa mendapatkan zat makanan.
    Bilang pohon perlu ditanam di kerumahtanggaan substrat agar bisa mendapatkan vitamin nan dibutuhkan. Masukkan akar tanaman ke dalam substrat, tetapi jangan sampai Anda menguburnya sesak dalam karena rimpang (fragmen berwarna hijau di atas akar) akan tertutupi. Seluruh tanaman boleh hening jika rimpangnya sebatas tertimbus.

    • Pastikan Sira tidak menurunkan tumbuhan titip-tindih.
      [16]
  5. 5

    Tempelkan atau balut pokok kayu pada batu atau gawang agar akarnya bisa berkembang.
    Beberapa tumbuhan, seperti mana lumut daun, paku lidah tebat, atau
    Anubias nana
    membidik galibnya makin sekata diikatkan puas batu atau kayu. Akar tanaman nantinya boleh berkembang dan mengerumuni gangguan ataupun kayu tersebut. Belitkan senar pancing pada tumbuhan, kemudian ikat senar pada alai-belai atau gawang. Tahan senar agar tidak hanyut, kemudian masukkan batu dan tanaman (yang sudah terikat pada bujukan) ke dalam akuarium.

    • Kayu apung dan bisikan lava dapat menjadi seleksian dekorasi yang tepat untuk mengikat tanaman akuarium.
      [17]
  6. 6

    Masukkan ikan ke internal akuarium setelah akuarium distabilkan sepanjang satu minggu.
    Tunggulah selama suatu minggu setelah memangkalkan tumbuhan ke dalam akuarium sebelum mengegolkan ikan. Jika Anda sudah memelihara iwak, Anda bisa memindahkannya ke dalam akuarium darurat. Kalau tidak, ada baiknya Anda menunggu hingga palung ikan siap sebelum memasukkan ikan.

    • Kotoran ikan bisa menjadi kawul bagi tanaman akuarium.
      [18]
    • Tahan keinginan Beliau untuk langsung memasukkan ikan. Palung ikan terlazim melalui proses
      cycling
      bakal menstabilkan kondisi air sehingga aman bagi iwak. Hanya ada sedikit keberagaman lauk yang dapat bertahan ketika dimasukkan ke dalam akuarium sebelum kondisi airnya stabil.
      [19]

    Iklan

  1. 1

    Sembelih adegan tanaman yang bersemi keluar berpokok permukaan air seharusnya lain membusuk.
    Sejumlah varietas tanaman bertunas dengan cepat sehingga Anda mungkin perlu memangkasnya. Jika tumbuhan merecup sebatas keluar berpokok akuarium, bagian nan keluar tersebut akan senyap. Gunakan gunting tajam lakukan menyelang bagian tersebut dengan hati-lever.

    • Sebagai alternatif, Anda bisa memilih spesies yang berkembang secara perlahan.
      [20]
  2. 2

    Bersihkan air

    setiap pekan buat menjaga kebersihan dan kualitas akuarium.

    Tanaman memang tak memerlukan penggantian air sesering ikan, sahaja penggantian secara berkala dapat menjaga kesehatan dan kualitas biota akuarium. Bersihkan ganggang yang menempel di jihat-sisi palung ikan. Setelah itu, gunakan pipa sifon bikin mengeluarkan 10-15% air dan fokuskan penyedotan pada daerah di sekeliling kelikir dan perlengkapan-perlengkapan akuarium. Setelah itu, ubah air yang dibuang menggunakan air yang segar dan terbebas dari klorin.[21]

    • Ketika menggunakan pipa sifon, pastikan Anda tidak menyentak air di dekat tanaman ataupun ke n domestik substrat semoga akar pokok kayu enggak sampai tersedot dan lengang. Ada baiknya Anda tetap melakukan penyerapan di atas satah substrat.
    • Ebi dan iwak lele memakan ganggang sehingga dapat menjadi fauna tambahan yang baik, tergantung kepada ikan-iwak lain yang Anda pelihara.
      [22]
    • Proses
      cycling
      dikenal pula misal penggantian air. Beberapa orang biasanya membersihkan seluruh akuarium setiap beberapa bulan sekali. Akan tetapi, hal ini bahkan dapat mengganggu ekosistem akuarium. Oleh karena itu, terserah baiknya Engkau menunggangi perkakas pengayak dan menjaga kebersihan akuarium.
  3. 3

    Tambahkan pupuk bikin mengacapkan jalan dan menjaga kebugaran tumbuhan.
    Sebenarnya, akuarium air sia-sia tak terlazim ditambahkan pupuk, terutama jika Anda memelihara lauk di dalamnya karena ikan dapat mendukung merabuk tanaman dengan kotorannya. Akan sahaja, cendawan boleh membantu membangatkan perkembangan pokok kayu. Suka-suka sejumlah cara yang bisa diikuti lakukan membaja tanaman palung ikan:

    • Ia bisa menambahkan fluorit secara langsung plong substrat. Fluorit dapat memberikan zat logam dan vitamin yang dibutuhkan oleh pohon.
    • Dagangan pupuk seperti
      Root Tabs
      perlu ditempatkan di dempet akar susu tumbuhan yang harus ditanam di radiks substrat. Produk ini akan terus memupuk pokok kayu selama 2-3 bulan.
    • Seandainya Anda ingin menggunakan pupuk larutan, Anda bisa mengegolkan serat ke dalam akuarium suatu atau dua kelihatannya sepekan. Pupuk larutan cocok bagi tanaman-tanaman yang tidak ditanam di n domestik substrat (mis. tanaman yang diikat puas batu).
      [23]
    • Perangkat pompa zat arang dioksida (CO2 Pump) dapat menerimakan lebih banyak zat arang dioksida yang nantinya diserap dan diubah menjadi oksigen oleh tanaman. Sekiranya Anda punya akuarium dengan kondisi pencahayaan nan terang, ada baiknya Sira meningkatkan kadar zat arang dioksida pada akuarium karena cerah boleh mempercepat proses pernapasan. Ini artinya, tanaman dapat mengubah karbon dioksida menjadi oksigen kian cepat.[24]

    KIAT Ahli

    Doug Ludemann adalah empunya bersama-sama mekanik Fish Geeks, LLC, sebuah perusahaan jasa akuarium di Minneapolis. Beliau bekerja di industri perawatan ikan dan akuarium sepanjang 20 tahun bertambah dan mengakuri gelar Ilmuwan Sains dalam Ekologi, Evolusi, dan Perilaku dari University of Minnesota. Doug sebelumnya bekerja di Kebun Binatang Minnesota dan Akuarium Shedd di Chicago ibarat akuaris profesional.

    Doug Ludemann

    Pantau suratan CO2 dan pH palung ikan untuk menjaga lingkungan akuatik yang bagus.
    Predestinasi CO2 dan pH berhubungan secara matematis, tetapi Anda tidak harus menjadi pakar matematika bikin menjaga kesehatan tanaman dan lauk Anda. Cak semau monitor yang dapat Dia beli dengan harga memadai murah bikin mengetes air akuarium. Selepas berkecukupan memantau kadar CO2 dan pH, Dia boleh lebih mudah menggapil palung ikan dan menjaga kesehatan semua nan ada di dalamnya.

  4. 4

    Jangan biarkan tanaman (atau bagiannya) nan bukan benar-benar tergenang mengering.
    Jika tanaman mengering, tanaman bisa mati. Agar tetap sehat, rendam tanaman di dalam seember air segar. Ini bisa menjadi pilihan nan tepat jika Anda ingin mengembangkan tumbuhan lampiran untuk akuarium.
    [25]

    • Anda dapat menyimpan tanaman di privat ember privat paser waktu yang tak abnormal, selama tanaman mendapatkan air bersih dan pencahayaan yang layak. Tanaman yang harus ditanam di intern substrat teradat ditahan sekiranya Engkau cak hendak menyimpannya n domestik paser hierarki. Detik menggudangkan tanaman, pastikan Anda menjernihkan alias menggilir airnya setiap ahad.

    Iklan

  • Mulailah pecah pokok kayu-pohon yang mungil dan tambahkan tanaman ke akuarium secara bertahap.
  • Takdirnya Dia elusif mengendalikan pertumbuhan ruji-ruji, Beliau bisa menambahkan tipe
    glass shrimp
    atau
    ghost shrimp
    yang boleh memakannya. Udang air tawar ini juga dapat roh secara berdampingan dengan spesies ikan tetra dan ikan gupi.
  • Pilihlah macam pohon yang cocok dengan ikan Anda karena beberapa jenis lauk bisa gado atau merusak pokok kayu air tawar.

Iklan

Peringatan

  • Jika Dia memelihara lobster air tawar, mesti diingat bahwa lobster dapat membedol akar dan memakan pokok kayu air Anda.
  • Jangan buang tanaman akuarium (ataupun bagiannya) di saluran pembuangan. Beberapa spesies tanaman air tawar bukan bermula pecah Indonesia sehingga dapat mengganggu perkembangan tanaman-tanaman air tawar nan sudah suka-suka. Jika Anda ingin membuangnya, keringkan tumbuhan (atau bagiannya) terlebih adv amat, kemudian buang ke tempat sampah.

Iklan

Hal nan Anda Butuhkan

  • Akuarium
  • Substrat yang cocok untuk variasi pokok kayu pilihan (mis. deposit luluk, ramal, atau petak belet)
  • Kerikil (mana suka)
  • Sistem filtrasi
  • Tanaman air tawar
  • Perigi kilap spektrum penuh
  • Ikan darat
  • Air (yang mutakadim dihilangkan kodrat klorinnya)
  • Garam akuarium (atau natrium klorida)
  • Jaring ikan
  • Organ pembersih kisi
  • Pipa sifon

Tentang wikiHow ini

Halaman ini sudah lalu diakses sebanyak 82.270 kali.

Apakah artikel ini membantu Anda?

Source: https://id.wikihow.com/Menanam-Tanaman-Akuarium-Air-Tawar

Posted by: holymayhem.com