Tanaman Apel Tumbuh Dengan Cara

Buah apel (Malus sylvestrys Mill) rasanya manis agak masam fit dan mengandung banyak nutrisi C dan B. Buah apel ini sering menjadi sortiran bagi orang nan medium diet sebagai perut pengganti. Tumbuhan ini dari dari daerah Asia Barat dengan iklim sub tropis, maka  ditanam di Indonesia tidak semua tempat tanaman memanjatkan perkara dapat tumbuh baik. Tanaman naik banding akan bertunas dan berproduksi baik bila ditanam di daerah dengan kondisi alam yang sesuai, yaitu dataran tinggi kersang serta kondisi iklim dan persil berikut.

Iklim

Iklim yang dikehendaki tanaman apel tumbuh baik membentangi: ketinggian medan, letak lintang, curah hujan abu, guru dan kelembaban udara, serta radiasi (penyinaran matahari) sebagai halnya berikut:

Tinggi bekas

Pohon apel akan bertaruk dan menghasilkan buah yang baik pada petak dengan ketinggian 700 – 1.200 meter dari permukaan air laut (dpl). Sedang kemuliaan yang minimum kamil/baik pada 1.000 – 1.200 m dpl.

Letak lintang

Pohon naik banding tropis dapat tumbuh baik di lahan nan subur plong lintang 7o50’ hingga 10o LS, contohnya tumbuhan apel bertunas baik di Kabupaten Malang (Batu dan Poncokusumo) dan Kabupaten Pasuruhan (Nongkojajar) Kawasan Jawa Timur. Wilayah ini berada di antara 7o50’ hingga 8o Lintang Selatan (LS). Selain itu tanaman apel dapat dikembangkan di Provinsi Nusa Tenggara Timur (SoE) bakir pada 9o50’ LS. Padahal peluasan pohon memanjatkan perkara di luar lokasi tersebut belum menunjukkan pertumbuhan dan hasil nan baik.

Guyur hujan abu

Tanaman apel tropis badan baik pada negeri nan mempunyai guyur hujan antara 1.600 – 2.600 mili meter per perian, dengan hari hujan antara 110 -150 hari masing-masing tahun. Selain itu jumlah bulan basah 6 – 7 wulan dan bulan kering 3 – 4 bulan. Siram hujan yang berlebihan bisa mengakibatkan gugurnya anak uang dan buah apel muda.

Suhu dan kelembaban mega

Tumbuhan apel tropis akan merecup baik pada persil yang n kepunyaan suhu gegana antara 16 – 25 oC (derajat Celcius) dan kelembaban awan antara 75 – 85%.

Radiasi (penyinaran matahari)

Tumbuhan apel tropis akan bersemi baik pada lahan yang mendapat penyinaran surya makin dari 50% setiap hari. Sinar rawi diperlukan oleh tanaman memanjatkan perkara buat pembungaan dan mendapatkan mutu biji pelir yang baik. Adanya kabut dan kelam akan mengurangi penyinaran tanaman apel nan akan mengganggu pertumbuhan.

Tanah

Tanaman apel bikin tumbuh dan menghasilkan banyak produksi dipengaruhi kondisi petak, antara lain: variasi kapling, tekstur dan struktur, pH, air tanah, dan tingkat kemiringan lahan.

Jenis kapling

Tumbuhan apel tumbuh dengan baik pada petak berjenis Latosol dan Andosol.

Tekstur dan struktur

Pohon apel akan bertunas baik pada tanah dengan tekstur repih-repih dan kenyet-kenyut dengan lapisan/lambung bahan organik yang tangga. Sedangkan struktur persil nan baik untuk perkembangan perakaran tanaman memanjatkan perkara pada kedalaman lapisan atas (solum) yang dalam.

pH

Tumbuhan apel tropis cocok pada tanah dengan pH berkisar 6,5 dan bila terlalu rendah dapat diperbaiki dengan pemberian Dolomit (kapur pertanian).

Air tanah

Tanaman apel tropis menuntut air petak tidak plus internal (cangkat). Di distrik yang pengairannya namun tadah hujan, produksi apel hanya dapat panen setiap tahun pada saat meres air tanah dangkal sebagai halnya di Nongkojajar.

Tingkat kemiringan lahan

Tanah lakukan tumbuhan memanjatkan perkara dianjurkan memiliki kemiringan antara 5 – 20o dan lain bersisa beriak. Bila tingkat kemiringan lebih 20o perlu mewujudkan teras.


Perekam: Susilo Astuti  H. (Penatar Pertanian

Pusluhtan
)

Mata air Informasi:

  1. 2003. Budidaya Apel. Jakarta: Direktorat Tumbuhan Buah, Direktorat Jenderal Bina Produksi Hortikultura, Departemen Perkebunan.
  2. 2004. Sendi Apel (Malus sylvestrys Mill). Jakarta: Direktorat Pohon Buah, Direktorat Jenderal Bina Produksi Hortikultura, Departemen Persawahan.
  3. 2008. Budidaya Apel. Diakses terlepas 30 April 2010.

Source: http://cybex.pertanian.go.id/mobile/artikel/70099/KONDISI-ALAM-TANAMAN-APEL-UNTUK-TUMBUH-DAN-BERPRODUKSI-BAIK/

Posted by: holymayhem.com