Tanam Sayur Tanpa Media Tanah Dan Air

Hidroponik Solusi Mudah Bercocok tanam Tanpa Sarana Petak, Begini Caranya..


SMPN7MANDAU – Memanfaatkan pekarangan sekolah, guru dan siswa di SMP Distrik 7 Mandau, Kabupaten Bengkalis menernakkan beragam jenis tanaman dengan metode hidroponik.

Acara ini merupakan salah suatu langkah lakukan menjadikan lingkungan sekolah mentah dan asri, serta mengajarkan kepada siswa akan metode hidroponik yang simpel, tidak memperalat media tanam berupa persil kerumahtanggaan mengurus bermacam-macam tipe sayuran.

Dalam proses pembudidayaannya tersebut, para guru bersama pesuluh langsung mempraktekkan pembuatan hidroponik dengan kendaraan tanam yang digunakan nyata sekam bakar, hidroton atau pasir dengan menonjolkan pemenuhan kebutuhan gizi bagi tanaman.

Cak semau beragam jenis sayur yang berhasil dibudidayakan, sebagai halnya kangkung, pakcoy dan juga bayam.

Teknik penanaman hidroponik ini umumnya menggunakan media tanam kasatmata air. Kemudian tumbuhan itu disanggah pada culim yang didesain pada kerangka besi, keadaan ini dilakukan sebaiknya pohon tersebut bisa tumbuh berpunya.

Kepala SMP Distrik 7 Mandau, Humisar S.Pd menjelaskan, bahwa program ini ditujukan kerjakan menambah wawasan para warga sekolah mudah-mudahan mampu berada dengan memanfaatkan metode tanam jenis plonco ini. Serta menciptakan lingkungan sekolah baru dan asri yang berbasis lega lingkungan.

Pada praktek yang mutakadim berjalan sejak 2020 tersebut, terdapat berbagai jenis tanaman yang bertaruk berlimpah di SMPN 7 Mandau. Lebih-lebih para guru dan siswa kembali telah sukses berulang bisa jadi menuai hasil bersawah dengan metode tersebut.

Cara Menanam Hidroponik

Ada beberapa cara untuk mengamalkan tani hidroponik, diantaranya :

1. Cara menguburkan hidroponik menggunakan NFT (Nutrient Komidi gambar Technique)

Cara ini ialah mandu paling naik daun yang digunakan oleh banyak bani adam kerumahtanggaan mengaplikasikan prinsip mengebumikan dengan metode hidroponik.

Cara pembuatannya :

1. Siapkan sejumlah cangklong ataupun talang, dan pompa.

2. Lubangi pipa sesuai dengan panjangnya. Pastikan jarak suatu lubang dan korok yang lain sama.

3. Susun hokah atau makelar yang dipersiapkan bikin menjadi tempat menanam tanaman.

4. Siapkan penampung pada ujung gudu-gudu yang makin tekor.

5. Pasang pompa buat mengalirkan air nutrisi agar alirannya maksimal

Cara suatu ini memiliki konsep bawah menanam akar tunjang tanamannya tumbuh pada bagian lapisan nutrisi yang lain kerumahtanggaan dan menjaga sirkulasinya agar pohon tetap mendapat nutrisi, oksigen, dan air secara baik dan tercukupi.

2. Cara menanam hidroponik menggunakan WICK

Cara kedua menanam hidroponik ini juga tidak kalah terkenal dengan cara pertama. Cara ini disukai karena pembuatannya yang mudah serta bahan-bulan-bulanan nan mudah didapatkan serta murah. Malah Anda bisa menggunakan barang palagan.

Anda cuma perlu menyiagakan :

1. Vas air mineral 1

2. Alat pemotong

3. Api-api penyalai alias kain flanel

4. Alat untuk menggali bisa berupa solder atau paku

5. Air vitamin

Cara pembuatannya :

1. Potong botol tempat menjadi 2 bagian.

Lubangi tutup botol.

2. Gabungkan ke dua bagian jambang. Caranya adalah dengan membalik bagian moncong vas menghadap ke bawah.

3. Pasang sumbu genahar atau kejai flanel pada lubang di tutup vas, pastikan sumbu alias kain bisa menyerap air zat makanan.

4. Tanam bibit tanaman pada bagian atas botol dengan tanah secukupnya.

5. Isi adegan pot bawah dengan air nutrisi

Dengan memakai ke dua cara mengetanahkan sayuran dan cara menanam pokok kayu dengan cara hidroponik, Beliau dapat menghemat kancah dan waktu buat perawatan. Seyogiannya bisa bermanfaat untuk mengkampanyekan lingkungan bau kencur.

Source: https://www.smpnegeri7mandau.sch.id/berita/detail/145336/hidroponik-solusi-mudah-bercocok-tanam-tanpa-media-tanah-begini-caranya/

Posted by: holymayhem.com