Sentra Tanaman Sayuran Di Makasar

Kementan Kembangkan Sentra Hortikultura di Modoinding

Minahasa Kidul – Kementerian Persawahan (Kementan) terus berekspansi sentra tanaman hortikultura di sejumlah wilayah. Pengembangan ini dilakukan bagi menunaikan janji kebutuhan nasional dan meningkatkan pasar ekspor.

“Salah satu yang menengah berkembang adalah sentra produksi terbesar di kawasan Indonesia bagian timur sebagai halnya di Kecamatan Modoinding, Minahasa Selatan,” ujar Direktur Jenderal Hortikultura Kementan, Prihasto Setyanto detik menghadiri Modoinding Potato Festival ke-6 yang digelar di Desa Sinisir, Selasa (15/10).

Menurut Prihasto, di Kecamatan Modoinding detik ini semenjana berkembang jenis sayuran kentang, wortel, dasun daun, labu, tomat, bawang merah hingga berambang putih dengan kualitas yang adv amat bagus.

“Khusus kerjakan kentang, Modoinding lebih-lebih tercatat sebagai produsen perakit ubi belanda berkualitas bagus dan terbesar di seluruh daratan Pulau Sulawesi maupun nomor 9 terbesar di Indonesia,” katanya.

Prihasto mengatakan, pemerintah juga telah mengalokasikan kalkulasi 13,5 milyar untuk mendukung dan memurukkan pengembangan kawasan bawang steril, biji zakar-buahan dan aneka sayuran di Kecamatan Modoinding. Antisipasi sebesar itu khususnya diperuntukan buat proses penanaman 225 hektar kucai putih.

“Tahun depan rencananya akan kami tambah sekali lagi 200 hektar. Jadi jumlah bantuan pemerintah mencecah 425 hektar. Kita bertarget kawasan ini menjadi keseleo satu sentra bawang putih terbesar di Sulawesi,” katanya.

Sementara Direktur Perbenihan Hortikultura, nan lagi sekaligus Plt Direktur Sayuran dan Tanaman Peminta Departemen Pertanian, Sukarman menyatakan bahwa varietas kentang yang banyak dikembangkan petambak Modoinding adalah Kentang SupeJohn.

“Kentang varietas SupeJohn mempunyai rencana bulat panjang bagus dan tidak mudah rusak. Sementata babak kulitnya enggak mudah terkupas karena ukuran umbinya cukup ki akbar. Spesies ubi benggala ini lagi sudah terdaftar di Kementerian Pertanian melampaui SK Mentan Nomor 3936/Kpts/Sr.120 musim 2013,” katanya.

Mengenai hal ini, Wedana Minahasa Selatan, Christiany Eugenia Paruntu, menyatakan terimakasih atas bervariasi bantuan pemerintah pusat dalam situasi ini bibit dan sperma unggul dari Kementerian Pertanian. Karena itu, Christiany berharap umum Modoinding menjaga tunggul yang subur dan melembak ini dengan pendirian bersyukur.

“Setiap tahun total pendapatan masyarakat dari hasil budidaya sayuran di kawasan ini boleh mencapai 1 triliun. Pendapatan petambak Modoinding kembali menjadi yang tertinggi di Sulawesi Lor. Makanya saya mengajak semua pemukim di sini tetap berterima kasih,” katanya.

Pemimpin Balairung Pengintaian Perkebunan (BPP) Modoinding, Renly Liow, menyambut baik bantuan dan program pemerintah privat mengembangkan sayuran di daerahnya termasuk bawang zakiah.

“Dengan bantuan ini kami semakin optimis sektor hortikultura di wilayah ini terus berkembang. Terlebih petani disini sudah mampu membuat olahan rahim berbahan dasar kentang sebagai halnya kripik, dodol dan donat,” tukasnya.

Berdasarkan catatan statistik BPS, produksi ubi belanda kewarganegaraan hari 2018 menyentuh 1,28 miliun ton atau naik 10,3 uang lelah dibanding tahun sebelumnya nan mencapai 1,16 juta ton. Khusus Minahasa Selatan, produksi kentang waktu 2018 mencapai 46 ribu ton atau menaiki 19 persen jika dibanding tahun sebelumnya nan menjejak 36 ribu ton. Dengan peningkatan nan signifikan ini, Indonesia berhasil mencatatkan diri andai negata swasembada kentang dan sayur.

Asal tau semata-mata, Festival Ubi benggala Modoinding ini diikuti maka itu ratusan pelajar karnaval berpangkal perwakilan Gereja Kristen Injili di Minahasa (GMIM), perwakilan wilayah desa se-Modoinding serta dinas-dinas terkait.

Adapun kawasan Modoinding sendiri sejak lama sudah dikenal umpama kewedanan sentra hortikultura sayuran terbesar di Sulawesi Paksina. Kecamatan nan identik dengan hasil pertanian ini perumpamaan The kitchen of Business bakal Wilayah Indonesia bagian timur.

Source: https://www.pertanian.go.id/home/?show=news&act=view&id=4020

Posted by: holymayhem.com