Sebutkan Nama Tanaman Cara Berkembang Biak Dan Keterangannya

Tanaman dan prinsip berkembang biaknya,
antara lain  wortel dengan umbi akar tunggang  Arbei dengan geragih, bawang berma dengan kucai, Kentang dengan umbi kunarpa,Kunyit dengan Rhizoma, Pisang dengan Recup, Cocor bebek dengan Tunas adventif, pinus dengan Pakis Haji dengan Tunas, Paku – pakuan dengan spora, Lumut dengan Spora.

\boxed{\boxed{Pembahasan:}}

Reproduksi Pada Tumbuhan

Lega Tanaman angiospermae melakukan reproduksi secara seksual (Generatif) dan aseksual (vegetatif)  :

Reproduksi Aseksual Alami (Vegetatif)

Merupakan reproduksi sonder melangkaui proses ferilisasi, Alias lain melangkaui peleburan terungku kelamin jantan dan sel kelamin betina tetapi menunggangi putaran – bagian tubuh yang bersifat meristematis (mengalami pembelahan). Berikut penjelasannya :

1. Rhizoma (Rimpang)

Adalah  modifikaksi layon yang menjalar internal tanah . kemudian pada layon ini akan muncul akar dan tumbuh menjadi individu mentah,  Contohnya lega Jerangau, gadamala, kencur dan kurkuma.

2. Stolon (Geragih)

Stolon atau geragih adalah bagian buntang nan menjalar diatas permukaan tanah. Kemudian lega ruas – ruasnya akan muncul akar dan tumbuh menjadi individu plonco, Contohnya pada Pegagan Ataupun tapak kuda, stroberi dan arbei.

3 Pongkol Lapis

Merupakan batang pendek yang merecup n domestik tanah dengan daun berkelim – lapis nan rimbun berbentuk seperti mana tembakau dan berdaging. Contohnya puas Umbi lapis merah (Allium cepa.L
) dan Bunga Tulip.

4.Umbi bangkai

Ialah episode buntang yang bersemi dan berkembang dalam lahan, merupakan arena penyimpanan cadangan makanan. Contohnya plong Kentang (Solanum tuberosum.L)

5. Pongkol Akar

Episode akar susu yang berisi pasokan makanan , dan memiliki layon pendek paa pangkalnya ibarat bekas tumbuhnya individu hijau. Contohnya lega Wortel (Daucus carrota.L)

6. Tunas

Bagian Tumbuhan yang dapat tumbuh menjadi anak adam bau kencur, Tunas bisa berada di ujung layon, atau ketiak daun dan ruas – ruas batang, Contohnya pada Pisang (Musa Paradisceae. L) , tunas unjuk pada dekat batang.

7. Tunas adventiv

Adalah taruk yang tumbuh pada penggalan bodi individu dewasa , misalnya pada patera atau akar. Contohnya pada Cocor belibis tunas muncul pada bagian riol daun, dan Cemara Tunas merecup pada bagian akar.

Pada Tumbuhan Gymnospermae

Adalah keramaian Tumbuhan berbiji terbabang contohnya plong Mlinjo (Gnetum gnemon,L) , Pinus (Pinus merkusii.L)  Alat Reproduksi plong pinus berupa Srobilus jantan dan strobilus betina dan Pakis Haji (Cycas rumpii.L) bereproduksi secara vegetatif dengan cara Tunas .

Pada Lumut Dan Paku – pakuan

kemuduan reproduksi plong Tumbuhan Kulat (Bryophyta) dan Tumbuhan Paku (Pteridoophyta) melampaui tahapan metagenesis yakni pergiliran keturunan melalui tahapan vegetatatif yaitu tahapan sporofit (dengan membentuk spora) dan generatif yaitu pangkat gametofit (dengan peleburan gamet jantan dan sel kelamin betina) secara bergiliran.

Puas kulat strata gametofit makin dominan daripada strata sporofit, sedangkan pada tumbuhan paku strata sporofit yang lebih dominan.

Selain melintasi spora kulat juga mengalami vegetatif dengan fragmentasi, yaitu saat lumit mengkhususkan bagian tubuhnya dan membentuk cucu adam baru.


\boxed{Kesimpulan:}

Wortel dengan pangkal pohon akar, Arbei dengan geragih, Kentang dengan umbi batang, Kunyit dengan Rhizoma, Bawang merah dengan umbi lapis, Mauz dengan Taruk, Cocor angsa dengan Recup adventif, pinus dengan Paku Haji dengan Recup, Lumut dengan Spora(melampaui metagenesis) dan Paku – pakuan dengan spora (sekali lagi melalui metagenesis)

Simak Materi lebih lanjut plong :

  • Materi Tentang Perkembang biakan Vegetatif alami : brainly.co.id/tugas/1986542
  • Materi Tentang Pokok kayu nan berkembang biak secara vegetatif alami : brainly.co.id/tugas/1183004

===========””YY””==========

Detail Jawaban :

  • Kelas  : 9
  • Mapel : Biologi
  • Bab     : 3
  • Materi : Sistem Reproduksi
  • Sub materi : Sistem Reproduksi pada Tumbuhan
  • Kode : 9 . 4 . 3

Introduksi Kunci :

Pohon serta Pendirian Berkembang Biaknya, Vegetatif Alami

#OptiTimCompetition

.

Source: https://brainly.co.id/tugas/16331093

Posted by: holymayhem.com