Sebutkan Beberapa Komoditas Tanaman Sayuran Yang Dihasilkan Di Daerahmu

Swadayaonline.com –
Para petani sayuran plong biasanya tidak menanami lahannya secara monokultur, saja secara polikultur ataupun disebut juga titip sari yaitu yaitu suatu rajah sistem pola tanam campuran nan melibatkan dua diversifikasi tanaman atau kian pada satu areal privat musim yang bersamaan ataupun dempang bersamaan. Sekadar model tanam tumpang sari harus memperhatikan pemilahan tanaman yang akan dikombinasikan sehingga tak mudarat ataupun saling menyergap pertumbuhan antara satu pohon dengan tanaman lainnya.

Pola tanam tumpang esensi memiliki beberapa keuntungan dibandingkan model tanam monokultur, melalui mekanisme seerti enyediaan unsur hara dimana Jenis tanaman anak bini kacang-polongan (Leguminsae) dapat berperan sebagai penyedia unsur hara Nitrogen (Falak) karena tipe tanaman ini bisa menyambung N pecah gegana melangkahi simbiosis dengan bakteri pada nodul akar. Selain itu tanaman sebagai halnya Dandelions (Taraxacum officinale) yang memiliki akar susu yang panjang dapat mengambil unsur hara dari petak yang kerumahtanggaan ke dekat permukaan tanah yang dapat dimanfaatkan maka dari itu tanaman di sekitarnya nan memiliki perakaran cangkat.

Tanaman perangka, terdapat tanaman yang menarik perhatian wereng sehingga menjauh dari pokok kayu utama, contohnya selada air (Nasturtium officinale) menarik manah  ulat nan menyerang tanaman berbunga tanggungan kubis-kubisan. Mengganggu serangga hama, terwalak amatan yang membuktikan bahwa serangga wereng nan terbang kurang berakibat mencacat pokok kayu utama bila pokok kayu tersebut dikelilingi makanya keberagaman pokok kayu lain. Mencegah ofensif hama, dimana sejumlah jenis tanaman mencegah hama merusak tanaman utama, misalnya bau yang dihasilkan tanaman kenikir (Tagetes erecta) menghalangi wereng Aphids cak bagi mengecap tanaman di sekitarnya.

Mengundang predator hama, yaitu pohon yang mempunyai nektar ataupun pollen yang banyak seperti kenikir mendorong populasi predator hama yang lebih banyak misalnya laler bunga (keluarga Syrphidae) yang merupakan predator hama Aphids. Dan tanaman pelindung yaitu bilang tanaman membutuhkan pokok kayu pelindung bakal mengoptimalkan produktivitasnya, misalnya tanaman kopi biasanya bertunas dengan tumbuhan pelindung dadap (Eryhtrina
sp),
Cassia
atau pokok kayu lain yang berfungsi melindungi tanaman kopi semenjak sinar matahari yang bersisa sukar.

Panduan penyaringan pohon tumpang sari dibutuhkan karena semacam itu banyak varietas sayuran nan bisa dipilih untuk dikombinasikan. Panduan ini dapat menunjukkan tanaman nan dapat mendukung ataupun malah menyergap pertumbuhan pokok kayu lainnya. Berikut ini beberapa jenis tanaman sayuran dan tumpeng sari yang dianjurkan serta nan harus dihindari begitu juga Umbi lapis Merah/Ikhlas. Keluarga kucai-bawangan dapat mendukung pertumbuhan pokok kayu buah, anak bini Solanaceae (tomat, kentang, lada), keluarga kol-kubisan (kol, brokoli, kubis anakan) karena melasikan Aphids, ulat mago kubis dan naning. Anak bini bawang-bawangan dibantu maka itu pohon tomat, kenikir dan mint yang bisa menjauhkan hama Thrips. Keluarga bawang-bawangan ini abnormal cocok ditanam dengan keluarga polong-polongan seperti buncis dan kacang ahmar.

Cabe Bangkang/Rawit meruakan batih cabe ini mendukung pertumbuhan pohon okra dan didukung oleh pohon tomat, bawang-bawangan, anak uang mentari, ercis dan basil karena batih cabe ini membutuhkan kelembaban yang tinggi. Keluarga cabe  kurang cocok ditanam dengan keluarga kubis-kubisan. Selain itu Kentang, meruakan mendukung pertumbuhan keluarga kubis-kubisan, polong-polongan dan milu manis karena dapat melagak kumbang. Tumbuhan kentang sendiri dibantu oleh tanaman kacang-polongan, tanggungan bawang-bawangan dan kenikir. Keluarga dasun-bawangan mencegah tanaman ubi belanda terserang ki kesulitan hawar daun, sedangkan keluarga polong-polongan mengurangi gempuran kumbang. Tumbuhan ubi belanda kurang cocok ditanam dengan wortel, bunga matahari dan keluarga Solanaceae lainnya (misalnya mentimun dan tomat).

Ada kembali Kubis/Brokoli nan merupakan anak bini kubis-kubisan membantu pertumbuhan tanaman tanggungan bawang-bawangan, bit, kentang dan jagung karena mengusir larva grayak. Tanggungan kubis-kubisan ini dibantu oleh bit, kenikir, seledri, rosemary, keluarga bawang-bawangan dan kentang karena menahan serangan ulat kubis dan tabuhan. Keluarga kol-kubisan ini kurang cocok ditanam dengan tanaman tomat, cabe dan strawberry. Tomat, meruakan tumbuhan tomat membantu pertumbuhan tanaman kubis-kubisan, seledri, keluarga cabe dan akar parsi karena mengusir kumbang. Tanaman tomat dibantu maka itu tanaman kuman, akar parsi, peterseli, kenikir, keluarga bawang-bawangan, selada air, wortel, terong dan mint. Tanaman tomat kurang seia dengan jagung, cabe, kentang dan keluarga kol-kubisan.

Selain itu Jagung Manis, merupakan tanaman milu manis membantu pertumbuhan tanaman bin-polongan, keluarga labu-labuan dan bin, tanaman jagung boleh merupakan lanjaran bakal keluarga bin-polongan. Tanaman jagung dibantu maka dari itu tanaman batih labu-labuan (mencagar pecah pemangsa), bayam, bunga matahari, peterseli dan ubi benggala.Tanaman jagung manis kurang cocok dengan tanaman tomat dan seledri. Suka-suka pula Mentimun, adalah tanaman nan membantu pertumbuhan anak bini bin-polongan dan lettuce. Pohon mentimun membantu pertumbuhan selada air, kenikir, tanggungan polong-polongan, bit, wortel, keluarga umbi lapis-bawangan, bayam dan seledri. Tanaman lettuce, asparagus dan seledri mengurangi hama lalat putih. Tanaman mentimun kurang cocok dengan tanaman herbal yang aromatik dan kentang.

Wortel, yakni tanaman wortel membantu pertumbuhan tanaman tomat, tanggungan bawang-bawangan, keluarga bin-polongan dan lettuce, tanaman kacang-polongan menyisihkan unsur nitrogen untuk tanaman wortel. Tanaman wortel kontributif pertumbuhan tumbuhan lettuce, keluarga bawang-bawangan dan anak bini polong-polongan karena bunganya mengganjur ingatan serangga yang bermanfaat. Tanaman wortel kurang cocok dengan tanaman adas dan lobak.acang Merah/Buncis, merupakan tanaman polong berma/buncis membantu pertumbuhan tanaman mentimun dan strawberry karena menyediakan unsur nitrogen. Pohon kacang bangkang/buncis dibantu oleh pokok kayu seledri, strawberry, radis dan milu manis. Tumbuhan jagung manis menyediakan lanjaran bagi pokok kayu kacang merah/buncis. Pokok kayu kacang berma/buncis tekor cocok dengan tanaman adas, bin, anakan mentari, bit dan keluarga kubis-kubisan. Dan Seledri, merupakan tanaman yang kondusif pertumbuhan pohon mentimun dan keluarga kol-kubisan karena mengusir hama lalat polos. Tanaman seledri dibantu oleh tanaman tomat dan anak bini kubis-kubisan. Tanaman seledri terbatas cocok dengan tanaman jagung dan bunga aster, pokok kayu rente aster dapat menyebarkan penyakit kuning.

SY/ELA

Source: https://www.swadayaonline.com/artikel/5062/Pemilihan-Tanaman-Tumpang-Sari-Sayuran/

Posted by: holymayhem.com