Cakrawala: Ada berapa jenis sperma (seed)?

Ada banyak. Semata-mata dalam ilmu perbenihan, tipe benih yang perlu diketahui ada dua, yaitu jauhar
rekalsitran
dan semen
ortodoks.
Benih rekalsitran yaitu benih yang akan rusak apabila dikeringkan dan viabilitasnya akan turun, sebagai halnya benih nangka, alpukat, rambutan maupun benih buah-buahan yang tidak. Maka itu karena itu, benih-benih rekalsitran ini tak disimpan kerumahtanggaan rencana benih, belaka sederum disemai dijadikan bibit tanaman. Sementara itu benih ortodoks ialah jauhar nan teradat dikeringkan sampai ganjaran air tertentu, umumnya kisaran 2-5%.  Selain itu, benih ortodoks memiliki masa dormansi (hari istirahat) dimana benih enggak akan bertunas walaupun kondisi mileu merecup mendukung. Teladan mani ortodoks yakni benih padi, lombok, tomat, terong, kopi dan tanaman hortikultura lainnya.

Cakrawala: Bagaimana cara memproduksi sperma? Apakah kita bisa membuat benih  sendiri?

Bisa. Benih adalah biji. Maka proses pembuatan benih juga sama dengan memproduksi skor tanaman. Tanaman dibiarkan berbunga dan menghasilkan biji kemaluan. Dan biji pelir nan mengandung kredit inilah yang dipanen untuk dijadikan benih.

Cakrawala: Kapan waktu yang tepat bakal menuai benih? Apa indeks yang mewujudkan  buah bersumber tanaman itu bisa dijadikan jauhar? Dan apakah ada perbedaan  kualitas benih dari hasil penuaian pertama dan seterusnya?

Waktu yang tepat bagi panen sperma adalah ketika masak fisiologis, dan setiap pohon memiliki waktu masak fisiologis yang berbeda. Penunjuk nan boleh digunakan adalah ketika sudah terjadi perubahan dandan pada biji pelir. Seperti pare nan berubah corak bersumber hijau menjadi asfar, ataupun embalau yang mulai merah dan taksir lempem. Ada perbedaan kondisi antara benih yang dipanen pertama, kedua dan selanjutnya, karena dipengaruhi oleh kondisi tanaman yang semakin lama kualitasnya semakin melandai. Biasanya cak semau rentang waktu yang paling baik. Misalnya cabe, jauhar yang baik adalah pada waktu panen ke 3-8.

T: Biasanya, saat kita membeli sperma, ada
              expired date-nya. Apakah kalau  benih yang dihasilkan semenjak kebun sendiri juga ada
              expired-nya?
              Darimana kita bisa mengetahuinya?

Sebenarnya
expired-date pada benih tak berarti
“expired”
tidak dapat digunakan.
Expired-date
itu menyimbolkan telah berapa lama benih disimpan. Semakin lama benih disimpan, maka viabilitas dan vigornya sekali lagi semakin berkurang. Dalam benih, cak semau endosperm (cadangan makanan) nan membantu jauhar untuk bertunas. Semakin lama benih disimpan, maka cadangan makanan itu juga semakin menipis dan berkurang. Artinya, jika simpanan rahim berkurang, maka energi untuk bertaruk juga berkurang, sehingga banyak benih yang tidak bersemi. Jadi,
expired-date
dari jauhar yang kita produksi dapat dilihat dari sudah berapa lama benih itu kita panen.

T: Apa keuntungan dan kekeringan menggunakan benih nan diproduksi  perusahaan dan produksi seorang?

Keuntungan benih nan diproduksi sendiri ialah 1. bertambah murah, 2. terjamin caruk tersuguh. Sementara kekurangannya yakni 1. kualitas atau hasilnya tidak maksimal (kecuali yang memproduksi mengerti bagaimana menghasilkan benih sendiri yang baik) dan 2. akan terjadi degradasi benih yang akan berbuah pada kualitas panen. Kekurangan dari benih artifisial koteng ini terjadi karena sifat persimpangan tanaman, yang artinya gennya dari darimana hanya, bisa yang baik maupun yang buruk.

Keuntungan benih yang dibeli atau diproduksi perusahaan adalah kualitas maupun hasil penuaian bagus dan terjamin karena mani yang dihasilkan memang dijamin dengan kulaitas bagus, malar-malar semen nan telah bersertifikat. Sahaja kekurangannya yakni 1. harga makin mahal, dan 2. membuat kita ketergantungan karena dengan membeli semen F1 kita teristiadat mendapatkan hasil pohon dengan kualitas yang baik tanpa perlakuan khusus.

T: Bagaimana cara memintal benih yang paling kecil baik berpokok 1 kemasan cak bagi ditanam?

Bisa dilakukan dengan mengacapi semen dalam air. Benih yang terendam adalah benih yang baik, karena cadangan makanan (endospermnya) masih utuh. Sekiranya sperma mengapung, biasanya mani tersebut sudah kosong. Percobaan ini dapat dilakukan dengan air protokoler.

T: Mana yang baik, menggunakan jauhar nan diproduksi sendiri atau nan  diproduksi perusahaan?

Tersidai tujuan menanamnya. Untuk konsumsi pribadi, cak bagi komersial, untuk hobi bersawah yanggak doyan
makan, ataupun untuk penelitian? Takdirnya cak bagi dikonsumsi pribadi, memilih benih nan dihasilkan koteng lebih baik karena bertambah cermat dan hasilnya cak bagi dikonsumsi sendiri. Tapi seandainya untuk jual beli karuan harus menimang-nimang kualitas, maka jika benih sendiri kita harus memastikan apakah sudah lalu mumpuni buat kualitas jual beli? Oleh karena itu, kalau hasil pokok kayu akan diperjualbelikan, kebanyakan mempekerjakan benih nan dihasilkan dari perusahaan dengan kualitas yang baik. Kalau lakukan hobi boleh menggunakan benih darimana aja. Dan kalau cak bagi pendalaman, tergantung berusul penelitiannya.

T: Jikalau kita mengetanahkan anakan matahari terbit ponten, lalu bijinya ditanam lagi,  apakah bisa berbeda dengan indukannya?

Bisa, karena mereka berasal dari dua indung yang berbeda. Biji dihasilkan bermula hasil persimpangan ataupun peleburan sel jantan dan betina yang terjadi melangkaui penyerbukan. Plong umumnya, ada dua penyerbukan yaitu pembuahan silang dan penyerbukan sendiri. Penyerbukan sendiri akan terjadi jika tumbuhan memiliki anakan biseksual, dimana benang sari (kelamin bahadur) dan putik (kelamin betina) berada dalam satu anakan. Untuk pembuahan silang sudah tentu berpunca bermula dua induk nan berbeda, dan akan menghasilkan keragaman. Sedangkan bikin pembuahan sendiri, tetap memiliki probabilitas untuk mengamalkan penyerbukan simpang dengan bantuan angin dan serangga, sehingga tidak tulen menghasilkan biji dari suatu induk. Maka itu karena itu, menguburkan melangkahi biji mempunyai peluang bikin berbeda dengan induknya lebih besar.

T : Apakah ter-hormat, jika
              seed
              (benih) nan kita beli dan terserah tulisan F1, lalu kita tanam dan menghasilkan benih kemudian kita tanam kembali, akan berlainan  dari indukannya? Lalu, semen yang bagaimana nan bisa kita rebut dan tanam  kembali?

Iyak ter-hormat sekali. F1 adalah benih nan dihasilkan bermula persilangan nan dikondisikan (dibantu oleh manusia, baik lingkungan dan keberagaman tanamannya, dimana dua tanaman memiliki sifat unggul secara pengejawantahan (fenotipe) tetapi memiliki pluralitas secara gen (genotipe). Jika dilakukan persilangan, cak bagi generasi purwa akan menghasilkan homozigot heterogen (dari segi tampilan memiliki keunggulan nan sama dan seragam karena terbit berusul dua indung yang unggul, sementara dari gen punya keragaman ataupun heterozigot, karena berasal dari dua induk yang berbeda). Nah, takdirnya ditanam, maka gen heterozigot tersebut akan semakin bervariasi (akan mengedepankan kebiasaan-sifat lainnya yang tersimpan). Penjelasan ini menggunakan syariat Mendel. Buat memahaminya, bisa dilihat postingan Sayurankita (instagram) tentang benih. Nah, benih nan diperoleh dari jauhar F1 nan ditanam tidak tidak boleh ditanam, sahaja jika ditanam akan menghasilkan tumbuhan nan sifatnya tak sebagai halnya induknya. Misalnya, tomat F1 manis, seandainya ditanam sekali lagi bisa menghasilkan tomat asam, tomat kecil maupun tomat lainnya, dan lain menutup probabilitas dapat tomat manis juga.

Manusia mani yang bisa ditanam lagi adalah benih-benih macam lokal. Benih-sperma ini memang memiliki rasam yang unggul secara alami, dan telah dilakukan seleksi tanpa adanya persilangan buatan oleh manusia, sehingga gennya homozigot (setolok). Tapi tidak menyelimuti kemungkinan menghasilkan tumbuhan yang beragam, karena aturan tanaman yang melakukan penyerbukan. Dan penyerbukan dapat dibantu oleh angin dan dabat yang akan menghasilkan gen heterozigot sehingga akan muncul jenis tanaman.

T: Apa yang dimaksud sperma varietas lokal tersebut?

Benih variasi lokal merupakan mani yang dihasilkan berbunga distrik tertentu dan telah ditanam secara turun temurun. Masing-masing varietas lokal tersebut memiliki karakteristik yang berbeda. Seperti padi, ada padi solok, padi indramayu, padi NTB.

T: Takdirnya saya beli benih
              zucciini cherub
              F1 lalu dibenihkan, apakah benihnya masih bisa dibilang benih
              cherub?
            

Iya, benih tersebut taat semen
Cherub,
tetapi bukan F1.
Cherub
itu adalah nama varietas/keberagaman dari si mani.

N: Pada silabus tertulis bahwa ketika memilih benih, riuk satu tujuannya  yaitu untuk memperbaiki kebiasaan tanaman. Bukankah jauhar akan menurunkan  sifat dari induknya? Dan perbaikan kebiasaan pokok kayu itu dari rekayasa?

Mani adalah hasil reproduksi. Artinya berasal berasal dua emak. dan kita bisa memperbaikinya dengan menyeleksi induk semoga mendapatkan semen berjaya. jadi mengklasifikasikan dan memilih induk sebelum dikawin silangkan. Perombakan sifat ini pun boleh melalui perkomplotan, kian dikenal dengan rekayasa genetika. Perbedaannya yaitu jika persimpangan masih berasal dari tanaman yang sederajat yang masing-masing punya keunggulan dan dikawinsilangkan, sedangkan rekayasa genetika, aturan unggulnya diperoleh dari otak atik gen dan dna.

Ufuk: Privat materi disebutkan takdirnya menanam dengan target tanam vegetatif akan sama dengan induknya. Sekadar mengapa jika kita menanam berambang dengan pongkol
              (regrow)
              kesannya akan lebih katai mulai sejak tanaman sebelumnya.  Apakah ada yang mempengaruhi?

Tentu suka-suka hal lain yang mempengaruhi hasil selain bahan tanam.  Cak semau faktor ki alat tanam, pupuk/nutrisi, matahari, air, suhu, dan kelembaban.

Cakrawala: Apakah seandainya kita ingin menanam secara organik, benih nan dibeli harus  dicuci bersih agar pestisida nya hilang??

Iya, karena memang terserah beberapa benih yang sudah diselimuti oleh pestisida seperti mana fungisida hendaknya lain berjamur.

Horizon: Bagaimana kaidah menggudangkan benih nan baik dan benar?

Simpan ditempat teduh, tidak kejangkitan matahari secara sederum. Mani yaitu makhlukh hidup, jika terpapar syamsu, maka cadangan makanannya akan dahulu karena terjadinya metabolisme dalam mani. Benih boleh disimpan di arena suhu nan dingin dan sejuk, seperti kulkas, tetapi lain di freezer. suhunya bisa menggunakan suhu kulkas kebanyakan.

T: Apa perbedaannya seandainya melakukan stek memperalat sungkup plastik dan  tidak disungkup? Dan barang apa kelebihan jikalau korban stek diberi latutan  umbi lapis biram?

Berbuat penyetekan dengan dan memperalat sungkup plastic bertujuan bakal mengurangi transpirasi (penguapan) pada pohon. Jikalau bukan disungkup, tanaman akan mengalami tranpirasi lebih banyak, artinya membutuhkan energi lebih banyak. Makin baik yang mana? Stek kemudian disungkup. Sungkup ini juga bertujuan bakal mengurangi prospek tumbuhnya serabut di ujung jenazah stek.  Hancuran berambang merah berfungsi umpama perangsang buat pertumbuhan akar susu. Bintang sartan bisa digunakan di stek nan disungkup atau yang tidak. Kalau tidak di sungkup, bisa menggunakan cara lain bakal mengurangi transpirasi dengan pendirian daun-daunnya pada batang steknya dikurangi (dibuang).

Kaki langit: Apakah terong bisa distek alias dicangkok?

Boleh. bikin menyuntikkan, persyaratannya pelecok satunya adalah pohon berkayu. Takdirnya untuk stek, karena berasal dari keluarga yang sepadan dengan tomat, prinsipnya sebagai halnya stek recup air pada tomat, tapi kami pernah coba stek tunas terong, tapi gagal.

Horizon: Mengapa kalau petambak yang bulan-bulanan tanamnya dari stek, ukuran steknya  kecil-kecil, sedangan kalau cak bagi pagar tumbuhan kunarpa stekannya boleh  mengaras 1 m?

Jika pekebun, hitungannya ekonomi. Semakin panjang bahan steknya, maka semakin banyak kebutuhan batangnya, artinya biaya bakal bahan tanam kembali semakin bertambah. Namun, kalau untuk tanaman pagar, tujuannya memang cak bagi menjadi pagar dimana lazimnya ketinggian minimal pagar selingkung 1 m.

T: Sayuran yg bisa di
              regrow
              secara vegetatif apa belaka kah selain bawang  dan daun bawang?

Sayuran yang boleh ditanam dengan stek batang yang masih suka-suka akarnya diantaranya sawi-sawian, kangkung, bayam, selada, seledri. Ada lagi tanaman herbs sama dengan mint, bibit penyakit, kemangi, oregano, taragon, dan masih banyak lagi.

T: Bagaimana pendapat hawa terhadap video-video tuntunan tentang menanam  semen biji zakar-buahan dari buahnya, seperti kiwi yang dapat tumbuh pecah biji kemaluan  yang baru dipotong, disemai di botol dan bisa bertaruk, lalu ada anggur, apel,  atau stroberi.

“Gak semua yang lo liat itu bener”. Memang benih-benih berusul buah-buahan itu dapat tumbuh, cuma nan mesti diingat merupakan factor mileu nan membantu buah-buahan itu untuk bertaruk. Misal stroberi yang membutuhkan peledak sejuk cak bagi berbuah, maka jika kita mengikuti tutorial tanpa tau sifat dan karakteristik biji zakar, maka kita makin sering mendapatkan si biji tidak tumbuh.

<juga ke halaman sebelumnya>