Sayuran Bayam Merupakan Tanaman Dikotil Yang Memiliki Sifat

Semenjak Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Bayam
(Amaranthus) yaitu tumbuhan nan biasa ditanam untuk dikonsumsi daunnya sebagai sayuran hijau. Pokok kayu ini berasal semenjak Amerika tropik namun sekarang tersebar ke seluruh dunia. Tanaman ini dikenal sebagai sayuran sumur zat besi yang berjasa bikin raga.

Pemerian ilmu tumbuh-tumbuhan

[sunting
|
sunting perigi]

Terna semusim yang menaksir iklim hangat dan seri abadi. Bayam relatif resistan terhadap pencahayaan langsung karena ialah tumbuhan C4. Layon berair dan kurang berkayu. Patera bertangkai, berbentuk bulat telur, lemas, bercelup baru, merah, alias hijau keputihan. Rente tersusun plural variasi tukal yang berdampingan, putaran bawah duduk di ketiak, putaran atas berkumpul menjadi karangan bunga di ujung batang cangkul dan ketiak percabangan. Bijinya berwarna hitam, kecil dan keras.

Pemakaian

[sunting
|
sunting mata air]

Bayam seumpama sayur hanya umum dikenal di Asia Timur dan Asia Tenggara, sehingga disebut dalam bahasa Inggris ibarat
Chinese amaranth. Di Indonesia dan Malaysia, bayam kerap disalahartikan menjadi “spinach” dalam bahasa Inggris (mungkin perumpamaan akibat penerjemahan nan dalam film animasi Popeye), padahal tanda itu mengacu ke jenis sayuran daun lain – lihat Bayam (Spinacia).

Di tingkat konsumen, dikenal dua keberagaman bayam sayur:
bayam petik
dan
bayam cabut. Bayam petik berdaun lebar dan tumbuh tegak ki akbar (hingga dua meter) dan daun mudanya dimakan terutama bagaikan lalapan (misalnya pada pecel, gado-gado), boreh, serta digoreng setelah dibalur debu. Daun bayam rampas berukuran lebih kecil dan ditanam buat tahun singkat (minimal lama 25 hari), lebih sekata untuk dibuat sup luluh sama dengan sayur bayam dan sayur bobor. Bayam petik biasanya berasal dari varietas
A. hybridus
(bayam kakap) dan bayam rampas terutama diambil dari
A. tricolor. Jenis-macam lainnya yang juga dimanfaatkan adalah
A. spinosus
(bayam duri) dan
A. blitum
(bayam kotok).

Lambung logam lega bayam relatif bertambah tinggi tinimbang sayuran patera tak (ferum adalah penyusun sitokrom, protein yang terlibat internal fotosintesis) sehingga berguna kerjakan penderita anemia.

Sejumlah kultivar
A. tricolor
memiliki daun berwarna bangkang ataupun putih dan dipakai laksana tanaman hias, meskipun dapat pula disayur. Macam pokok kayu solek lainnya adalah
A. caudatus
karena tandan bunganya berwarna berma panjang menggantung seperti ekor. Di tempat asalnya, bayam dimanfaatkan bijinya (bayam ponten) sebagai sumber karbohidrat. Biji ini sekarang sekali lagi populer seumpama makanan diet karena tidak menyebabkan kegemukan.

Akar petang bayam juga dimanfaatkan bak perunding. Kebanyakan digunakan maka itu masyarakat sebagai salah satu alternatif memenuhi kebutuhan hidup.

Galeri

[sunting
|
sunting mata air]

Pranala luar

[sunting
|
sunting perigi]

  • (Indonesia)
    Bayam di situs web Sentra Maklumat IPTEK
    [
    pranala bebas tugas permanen
    ]



Source: https://id.wikipedia.org/wiki/Bayam

Posted by: holymayhem.com