Rotasi Tanaman Dapat Dilakukan Dengan Cara Apa

Apakah tanaman hortikultura anda kerap terserang wereng dan penyakit ?
Sangat mungkin penyebabnya adalah karena tanaman yang dibudidayakan hanya 1 jenis tanaman cuma. Sirkuit tanaman dilakukan dengan tujuan bukan sekedar menggilir tanaman nan dibudidayakan. Sahaja, lebih mempertimbangkan keuntungan yang didapatkan dari rotasi tanaman.

Penurunan produksi dan daya produksi hasil panen suatu tanaman seringnya disebabkan maka itu gempuran hama dan penyakit. Penyakit yang endemik sangatlah terik diatasi. Pelecok satu solusi yang baik yakni dengan memutus gelang rantai jalan penyakit tersebut. Memutus gelang rantai kelainan pokok kayu bisa dilakukan dengan dua pendirian yaitu dengan membiarkan tanah terbengkalai justru dahulu sonder ditanami atau dengan jalan mengganti macam tanaman yang berbeda jenis penyakitnya.

Teknik yang kedua dianggap bertambah efisien karena lebih efisien musim. Teknik menggilir jenis tanaman ini disebut rotasi pokok kayu. Teknik ini tinggal efisien untuk menghentikan endemik penyakit dan mikroba pada suatu kapling tanaman. Meski demikian banyak petani yang masih salah dalam menerapkan pola tanam. Alhasil tak memutus rantai masalah sekadar malah membusut parah tingkat bidasan hama dan kelainan.

Rotasi tanaman yakni
teknik atau metode menanam serangkaian jenis tanaman secara bergiliran pada satu persil. Rotasi tanaman penting dilakukan buat menjaga kandungan struktur nutrisi tanah serta kerjakan mencegah munculnya hama yang menyerang suatu tanaman khas tertentu. Kebutuhan vitamin tiap tanaman berbeda satu sepadan tidak. Kian tepatnya kuantitas setiap atom nan dibutuhkan setiap tanaman farik. Ketika satu jenis pohon ditanam pada wadah yang sama setiap waktu, struktur lahan akan perlahan rusak karena jenis nutrisi nan diserap makanya tanaman kerap sama. Setelah beberapa waktu tanah akan menjadi kering dan lain sehat karena kekurangan salah suatu nutrien. Detik kondisi ini terjadi, produktivitas hasil berbendang akan melandai dan meningkatkan resiko erosi tanah. Bukan hanya itu, detik ada wereng yang kehidupan dan makan dari jenis tanaman yang setinggi, hama akan menjadi bertambah produktif karena sumber makanannya tetap ada. Hama ini kemudian akan kian musykil lakukan dibasmi ketika populasinya meningkat.

Sirkuit tumbuhan akan mencegah terjadinya semua efek tersebut karena keanekaragam tipe tanaman membutuhkan berbagi tipe nutrisi berbunga petak. Dengan menggilir jenis pohon, tanah akan besar perut terpenuhi nutrisinya karena tak semua tipe nutrien yang sama digunakan sepanjang musim. Sebagai contoh yaitu penanaman pohon jenis leguminose (jenis polong-picisan), begitu juga polong, kacang lahan dapat mendukung mengisi kebutuhan nitrogen dalam tanah yang banyak terserap saat penanaman pokok kayu jenis serelia (nilai-bijian).

Source: https://widyaiswara-pertanian.blogspot.com/2022/05/rotasi-tanaman.html

Posted by: holymayhem.com