Pt.nasa Cara Tanam Padi

mosher, n domestik menggerakkan dan membangun perladangan yang disadur kembali maka itu bahrain dan samad (1991) usahatani merupakan sebidang tanah di satah bumi dimana di atasnya penanam maupun pabrikan bertanam melakukan kegiatan berjumpa dengan tanam. usaha bercocok tanam gabah di lakukan petani dalam upaya memenuhi kebutuhan pokok akan nasi sebagai sumber karbihidrat dan pula sebagai sumber penghasilan bagi menghidupi keluarga. dari waktu ke waktu tidak hanya petani tapi sekali lagi pemerintah demap berupaya bagi meningkatkan produktivitas tanaman padi antara tidak dengan mandu penerapan teknologi penggunaan benih unggul, penggarapan persil sempurna, pegaturan air,  fertilisasi berimbang, pengendalian hama terpadu, penggunaan ppc dan zpt, dan lain sebagainya.

menurut balai pendalaman teknologi perladangan (bptp) sumatera barat bersama dinas perkebunan dan hortikultura provinsi sumatera barat (2007), rekomendasi dosis  perabukan dasar sendirisendiri ha bikin tumbuhan pari sawah di kecamatan kupitan kabupaten sijunjung tanpa menggunakan bahan organik yaitu urea 50 kg, sp 36 100 kg, dan kcl 50 kg. pemupukan urea selanjut nya seumpama pupuk susulan disesuaikan dengan rajah warna daun (bwd). pengalaman pembajak dan penyuluh persawahan dilapangan membuktikan bahwa menggunakan dosis pupuk diatas  kapasitas antah dapat di ulur 5, 5 s/d 5,9 ton /ha. upaya meningkatkan daya produksi gabah selanjutnya dengan menggunakan pupuk organik larutan (poc) dan zat pengatur tumbuh (zpt).

poc nasa dan hormonik merupakan poc dan zpt atau hormon organik, yang adalah  keseleo satu dagangan persawahan calon pt. natural nusantara (nasa). poc nasa adalah pupuk organik enceran yang dibuat berpangkal bahan alami yang mengandung unsur hara makro dan mikro yang sangat di butuhkan maka itu tanaman. berfungsi sebagai multi guna kerjakan menggesakan pertumbuhan tanaman. hormonik  yaitu zpt yang mengandung campuran auksin, giberelin dan sitokinin.

aplikasi poc nasa dan hormonik yaitu dengan cara perendaman semen dan penyemprotan serempak ke tanaman.semen antah di rendam ke dalam enceran poc nasa dan hormonik selama 12 jam. kemudian untuk pemeraman  1 s/d  2 lilin batik, setakat benih berkecambah arketipe. setelah benih berkecambah lakukan penebaran  pada persemaian, satu kepal benih per meter persegi. penyemburan bibit gabah di persemaian dilakukan pada kehidupan 7 dan 18 tahun. aplikasi selanjutnya dilakukan bilamana padi berumur 25 dan 45 hari setelah tanam. dosis penggunaan yaitu  poc nasa 2 cc/ liter air, dan  hormonik 1 cc/ liter air.

poc nasa dan hormonik berguna buat mempercepat pertumbuhan tanaman, meningkatkan persentase bunga menjadi buah, mencegah kedogolan bunga dan biji kemaluan, meningkatkan total anakan, membetulkan sistim perakaran, mengurangi penggunaan pupuk artifisial hingga 25 %, memperbaiki kesuburan fisika, ilmu pisah, dan biologi tanah. disamping itu juga berguna lakukan  meningkatkan pusat resistan tanaman terhadap gempuran hama dan penyakit.

melalui kegiatan satker 10 masa taksiran 2019, kami penyuluh pertanian mencoba menerapkan penggunaan poc nasa dan zpt hormonik pada demplot tanaman gabah seluas 1 ha di poktan padang bonai nagari padang sibusuk kecamatan kupitan kabupaten sijunjung. varietas yang digunakan yaitu junjung. ternyata hasilnya cukup memuaskan yaitu produktivitas padi meningkat 10,9 % merupakan dari 5,5 ton/ha menjadi 6,1 ton /ha. dosis pupuk yang digunakan lagi berkurang dari 200 kg/ ha (urea 50 kg sp 36 100 kg dan kcl 50 kg),menjadi 150 kg /ha (urea 37,5 kg sp 36 75 kg dan kcl 37,5 kg).

ditulis oleh : reza arfiyenti arifin,spt

Source: http://cybex.pertanian.go.id/mobile/artikel/74045/penggunaan-poc-nasa-dan-zpt-hormonik-pada-usaha-tani-padi-sawah-dapat-meningkatkan-produktivitas-dan-mengurangi-pemakaian-pupuk-buatan/#:~:text=aplikasi%20poc%20nasa%20dan%20hormonik,malam%2C%20hingga%20benih%20berkecambah%20sempurna.

Posted by: holymayhem.com