Kalimantan Timur adalah sebuah daerah Indonesia di Pulau Kalimantan bagian ujung timur yang berbatasan dengan malaysia, Kalimantan Utara Kalimantan Paruh, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat dan Sulawesi. Luas besaran Kalimantan Timur adalah 127, 446,92 k dengan populasi sebesar 3.575.449 Semangat pada tahun 2017. Kalimantan Timur merupakan wilayah dengan kepadatan penduduk terendah keempat di Indonesia. Ibu Ii kabupaten Wilayah ini adalah Kota Samarinda.

Kawasan Kalimantan Timur sebelum proses pemekaran menjadi Kalimantan Lor merupakan provinsi terluas kedua di Indonesia sehabis Papua dengan luas 194, 489 Km nan hampir sama dengan ruas Pulau Jawa.

Wilayah Kalimantan Timur terbagi menjadi 7 Kabupaten dan 3 Daerah tingkat dengan 107 kecamatan dan 1.032. Tujuh Kabupaten antara lain adalah Penajam Paser, Kutai Barat , Kutai Kartanegara, Penajam Paser Utara, Berau dan Mahakam Ulu. Sedangkan Kota besar ada puas Ii kabupaten Samarinda, Kota Balikpapan dan Daerah tingkat Bontang. Kalimantan Timur merupakan portal gerbang utama Wilayah Indonesia Timur. Daerah yang populer sebagai gudang kayu dan hasil tambang ini mempunyai ratusan bengawan yang tersebar pada dempet seluruh kabupaten atau ii kabupaten dan ialah sarana angkutan Terdahulu selain pasukan darat, dengan sungai yang terpanjang adalah Sungai Mahakam.

Kalimantan Timur memiliki beberapa tujuan wisata sebagai halnya kepulauan Derawan Berau, Taman nasional Kayan Mentarang dan Batu Lamampu, Nunukan. Peternakan buaya di balikpapan, peternakan Rusa di Penajam, Kampung Dayak Samarinda dan bukan-tak.

Hasil utama area Kalimantan adalah Patra, Gas, Umbul-umbul dan Alai-belai Bara. Sektor lainnya bergerak internal bidang Agrikultur, Pariwisata dan Industri pengolahan. Daerah Balikpapan dan Bontang tiba meluaskan kawasan industri dalam bermacam rataan dengan tujuan kerjakan mempercepat pit pertumbuhan ekonomi. Darurat kabupaten kini membuka wilayahnya kerjakan digunakan misal perkebunan seperti kelapa sawit dan bukan-enggak.

Hasil sumber ki akal standard sebagian besar sudah lalu diekspor keluar daerah, sehingga kaltim merupakan pelaksana devisa utama bagi Indonesia khususnya berusul sektor pertambangan dan kehutanan.

Berikut yakni Potensi Perigi Daya yang terdapat di Kalimantan Timur.

Perkebunan


Kebun Kelapa Sawit KalimantanJenis tumbuhan perkebunan yang ada sreg Kalimantan Timur antara lain; Karet, Kerambil, Kopi, Lada, Coklat,  Kelapa Sawit, Gula Aren dan lainnya, nan merupakan interelasi dari beberapa tanaman perkebunan. Persuasi perkebunan ini terbagi menjadi perkebunan besar pemerintah, perkebunan osean swasta dan perkebunan rakyat.

Areal perkebunan Kalimantan Timur seluas 1.131. 439 ha dengan Produksi 5.871.015 Ton. Wilayah terbesar dari luas perkebunan telah ditanami oleh kelambir sawit. Produksi nyiur Sawit mencapai 5.734.464 Ton bersumber total luas tanaman 961. 802 ha. Produksi terbesar kedua yakni Reja sebesar 77.191 ton dan pertanian kelapa 24.510 ton dari luas persil 91.784 ha dan 30.703 ha. Tercatat puas perkebunan Produksi kelapa sawit mencapai 273.183 ton dari luas tanaman 17.237 h. sementara perkebunan raksasa swasta tersurat 4.357.752 ton produksi kelapa sawit dengan luas 717.845 ha dan perkebunan rakyat memproduksi 1.103.529 ton. Dari tahun ke tahun luas kebun kelapa sawit caruk meningkat satu bahasa dengan programa gubernur dalam upaya meluncurkan programa “Satu juta Hektar Kelapa Sawit”.

  • Budidaya Komoditi Kerambil

    Bagi publik Indonesia, Nyiur ialah episode dari umur karena semua bagian pohon dapat dimanfaatkan kerjakan memenuhi kebutuhan ahli ekonomi, sosial dan budaya. Sesuai kondisi kapling Kalimantan Timur yang Potensial untuk penanaman nyiur, jagung nan sekata untuk dikombinasikan dengan persawahan kerambil. Umum ikutikutan tumbuhan kelapa merupakan komoditi penting nan bersemi dengan baik pada semua tempat sebagai tanaman pekarangan. Usaha pertanaman Kelapa ini telah mencatat sebanyak 38.544 ha dengan jumlah produksi sebanyak 38.670 ton.


  • Budidaya Pokok kayu Jagung yang Terstruktur dengan Pabrik Pakan Ternak


    Jagung termasuk Komoditas strategis dalam pembangunan pertanaman dan perekonomian Indonesia, Mengingat komoditas ini punya fungsi multiguna baik lakukan pangan maupun pakan. jagung sebagai bahan terdepan nafkah satwa peliharaan dan juga menjadi abuk milu (Corn Starch) bikin produk perut minuman, kertas dan farmasi.  penggunaan jagung cak bagi menjadi pakan ternak telah mengaras 50% dari jumlah kebutuhan. Konsumsi Milu buat pakan cenderung dengan umumnya sendirisendiri tahun sebesar 11,52%, Padahal pertumbuhan produksi sekadar 6,11%. Milu juga merupakan incaran baku utama Industri pakan peliharaan yang pertumbuhannya semakin meningkat. kecenderungan konsumsi jagung Indonesia kembali kian tinggi bersumber peningkatan produksi, menyebabkan kian besarnya jumlah impor dan bertambah kecilnya ekspor. Luar areal penanaman Milu adalah 9.975 ha yang tersebar plong seluruh kabupaten dan kota dengan produksi menjejak 11.620 ton.

  • Budidaya Kakao

    Kakao ialah keseleo satu produk perkebunan yang peranannya cukup penting bagi perekonomian nasional, khususnya misal penyedia lapangan kerja, sumber pendapatan dan devisa negara. Kakao juga berperan dalam menolak pengembangan agroindustri. Indonesia masih n kepunyaan lahan potensial yang pas samudra buat pengembangan kakao yaitu lebih bermula 6.2 juta ha yang terletak pada Irian Jawa, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, Maluku, dan Sulawesi Tenggara. Kalimantan Timur Adalah Provinsi yang punya Potensi Osean bagi kronologi Komoditi Kakao Indonesia. Komoditas kakao cukup bermakna bagi perekonomian Kebangsaan n domestik  peristiwa penyediaan pelan tiang penghidupan, penyediaan lapangan kerja, sumber pendapatan dan devisa negara, ekspansi wilayah dan agroindustri. Kebutuhan Kakao untuk pabrik ki gua garba dan minuman semakin meningkat.

  • Komoditi Ekspor Cemping Bendera

    Reja merupakan produk yang laur dalam kontribusinya terhadap pasar. Produk utama tanaman reja pan-ji-panji adalah getah karet. Areal penanaman karet Indonesia dan kalimantan timur sebatas sekarang masih menunjukkan peningkatan yang cukup besar. Kalimantan dengan Iklim tropis basah dulu seia untuk pertumbuhan dan pengembangan tanaman karet. Hasil kajian keuangan terhadap komoditas karet standard menunjukkan bahwa budidaya reja sangat sepan Berkembang. Berusul aspek teknis budidaya, komoditas ini nisbi sederhana.

  • Potensi dan Komoditi Pisang

    Pisang adalah komoditi pertanian rakyat kalimantan timur nan puas 5 perian bontot ini menarik perasaan pertani. Pemerintah Kalimantan Timur telah mendorong pengembangan komoditi pisang ini menjadi komoditas andalan yang dipasarkan secara kebangsaan maupun Ekspor. Komoditas pisang ini menjadi penghasil PAD untuk kalimantan timur ataupun devisa negara. Seluruh kabupaten Kalimantan Timur mempunyai Potensi lakukan menjadi Sentra pengembangan budidaya pisang maupun daerah-daerah tersebut adalah Kabupaten Paser, Kutai Kartanegara, Kutai Timur, Nunukan, Balikpapan dan Samarinda.

Pertanaman


PertanianPerkembangan luas panen, produksi padi serta hasil saban hektar Kalimantan Timur pada tahun 2012 mengalami kenaikan. Secara konkret luas panen padi mendaki dari 140.215 ha menjadi 142.573 ha. Kemudian bikin hasil masing-masing hektarnya meningkat menjadi 39,42 kuintal per hektar. Daerah kabupaten/kota nan memiliki luas panen dan produksi padi (Sawah+ladang) terbesar adalah kabupaten Kutai Kartanegara. Sekitar 36% produksi padi Kalimantan Timur mutakadim dihasilkan maka dari itu kabupaten Kutai Kartanegara. Sampai-sampai bikin spesies padi sawah produksi dari Kutai Kartanegara mencapai 45,35% berbunga total padi sawah Kalimantan Timur.

Tanaman Palawija Kalimantan Timur antara bukan adalah jagung kaspe kayu, ubi jalar, bin tanah, kedelai dan kacang hijau. Dekat semua komoditi palawija tersebut mengalami kenaikan luas panen dari periode ke tahun. Sreg varietas tanaman sayur-sayuran dan perkembanganya sangat fluktuatif. Macam tanaman sayuran nan terbanyak oleh distrik kalimantan timur adalah ketimun dan kangkung.

  • Kawasan Budidaya Pertanian berbasis Gabah

    Pertanian adalah salah satu sektor yang paling kecil tahan dan elastis terhadap fluktuasi ekonomi internasional. Saat Investasi, Manufaktur, dan indikator moneter kolaps, sektor pertanian patuh elastis karena kebutuhan dan aksesibilitasnya yang relatif mudah menjadi muslihat utama ekonomi rakyat. Kondisi pembangunan Indonesia ketika ini adalah kerumahtanggaan bentuk revitalisasi pertanian, perikanan dan kelautan melewati program Panca Yasa. Programa ini terdiri terbit atas pembangunan/perbaikan infrastruktur perkebunan, penguatan kelembagaan pekebun, revitalisasi, tenaga penyuluh pertanian, pembaruan akal masuk petani dalam sistem biaya, menyempurnakan sistem pasar produk-barang perkebunan yang menguntungkan pekebun. Maka kebijakan pembangunan pertanian tak semata-mata berorientasi plong produksi melainkan pada kedamaian pekebun menerobos pengolahan perimbangan besar nan terintegrasi dengan industri.

    Wilayah Kalimantan Timur seperti kabupaten Penajam Paser Utara, Kutai Kartanegara, Paser, memiliki potensi yang sangat besar. Para investor tak terlazim ragi cangkok modalnya kerjakan berinvestasi dalam bidang ini karena dari segi aspek teknis dan ekonomis serta dukungan pemerintah daerah setempat nan awet akan memudahkan operasi industri pertanian berbasis padi nan integral dengan industri penggodokan.

  • Peluang Kapitalisasi Distrik Kalimantan Timur (Singkong Gajah, Limbah Sawit dan Kelapa Dalam
    )

    Pengembangan bioenergi yang dalam situasi ini yakni pengembangan energi nan berasal dari bulan-bulanan-mangsa nabati seperti jarak, kelapa sawit, tebu, singkong, jagung dan bukan-lain serta biomassa. Produk bioenergi boleh berupa korban bakar padat nabati bahan nabati cair, sasaran bakar asap nabati dan biolistrik. Meningkatnya kebutuhan bahan bakar petro (BBM) dari seluruh pematang masyarakat tidak sekadar menimbulkan persoalan, belaka juga memberikan peluang bisnis bagi perakit energi alternatif. Beragam pengkhususan pn mulai berkembang untuk mendapatkan sumber sentral energi pengalih yang harganya relatif murah dan pastinya ramah lingkungan. Sebut saja bioetanol singkong gajah nan sekarang mulai berkembang dari beraneka ragam pecahan dunia sebagai pengganti bahan bakar patra.

Perikanan


Perikanan Kalimantan TimurKuantitas kondominium tangga perikanan mengalami eskalasi karena adanya reklamasi tanah dari batu bara menjadi distrik danau untuk perikanan. Fenomena ini terjadi pada distrik Nunukan, Kutai Timur dan Berau.

Produksi perikanan mengalami peningkatan 16% berpokok 378.830,3 ton menjadi 438.744 ton. Wahana penangkapan iwak laut pada tahun 2012 terdiri berasal berlepas tanpa motor, perahu pengambil inisiatif dan kapal motor. Total total barisan sreg tahun 2012 sebanyak 27.518 unit.

  • Ikan Kerapu

    Iwak kerapu yakni komoditas yang memiliki kredit ekonomis yang tinggi, karena permintaan pasar manjapada maupun domestik cukup tahapan. Rasa dagingnya nan lezat membuat lauk kerapu ini memiliki kredit jual yang tinggi. Usaha budidaya Keramba Jaring Apung (KJA) ikan kerapu memiliki unit pembuahan. 13 unit keramba (pendederan/penggelondongan) dan 10 unit keramba pembesaran ikan kerapu merupakan barang unggulan yang menjanjikan untuk dikembangkan. Peluang budidaya lauk kerapu ini terjadi karena meningkatnya permohonan pasar baik luar wilayah ataupun domestik. Pasar luar wilayah yang prospektif adalah Hongkong, Singapura dan Jepang. Ikan kerapu tergolong susah bikin dibudidayakan namun selepas belinjo aspek teknis, Kalimantan Timur khususnya daerah perairan Bontang, Kabupaten Kutai Timur, dan Kabupaten Berau layak bikin pengembangan budidaya ikan kerapu, pahit lidah dengan semakin banyaknya penjala yang mengusahakannya.

Peternakan


PeternakanDiversifikasi peternakan Kalimantan Timur ini lalu bervarian. Jumlah ternak terdiri bersumber 7 jenis ternak yaitu ternak Sapi perah, kerbau, wedus, biri-biri, babi dan kuda. Sedangkan ternak potong terdiri dari 5 jenis yaitu Sapi, Mahesa, Embek, Biri-biri dan babi.

Pemotongan hewan piaraan bikin konsumsi boleh melalui rumah tikam hewan atau terbit luar apartemen potong hewan. Kontribusi daging sapi terhadap produksi daging merupakan nan terbanyak.
Cak bagi tipe unggas Kalimantan Timur membudidayakan ayam kampung, mandung ras pedaging, ayam ras petelur dan itik. Adapun unggas terbanyak merupakan berjumlah 39.474.540 ekor.

  • Kerbau Kalang

    Kerbau Rawa (Bubalus Bubalis) ataupun kerbau kalang ini merupakan salah satu komoditas peternakan yang potensial internal hal penyediaan daging, karena kemampuan ternak kerbau nan mampu memahami serabut agresif kian baik dari ternak sapi dengan kondisi pakan yang memiliki kualitas rendah. Komoditas Munding kalang ini dibudidayakan secara komersial kerjakan tercapainya swasembada daging. Hasil eksplorasi menunjukkan bahwa pendanaan lega usaha kerbau kalang ini dulu prospek dan menguntungkan.

  • Sapi Hunjam

    Keberlangsungan satu usaha peluasan sapi potong harus memperlihatkan esensi atau ternak bakalan. Bibit sapi dapat berasal dari impor, maupun sapi tempatan. Mata air esensi sapi runjam lokal berasal pecah Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan, Sulawesi Perdua, Sulawesi Utara, NTB, Jawa Timur. Usaha penggemukan sapi potong telah menggermang sebanyak 35 Unit yang tersebar puas 11 Kabupaten dan daerah tingkat. Lega umumnya kancah pengembangan usaha sapi rakyat ini terletak pada Kabupaten Penajam Paser Utara.

  • Ayam Petelur

    Pengembangan pengusahaan ternak ayam ras petelur n kepunyaan kemungkinan membahu yang menguntungkan karena permintaan nan selalu meningkat dan peluang pasar telur ayam aduan ras masih terbuka. Wilayah timur seperti Kota Samarinda, Kota Balikpapan, Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kertanegara memiliki potensi yang sangat segara bagi mengembangkan Ayam Petelur.

Pertambangan


Pertambangan Batubara Kalimantan TimurKegiatan pertambangan Kalimantan Timur mencengap pertambangan migas dan nonmigas. Berbunga kegiatan tersebut minyak bumi dan gas kalimantang ialah hasil tambang yang sangat besar pengaruhnya dalam perekonomian Kalimantan Timur khususnya dan Indonesia pada umumnya, karena sebatas sekarang kedua hasil tambang tersebut  merupakan komoditi ekspor utama. Listrik adalah kebutuhan utama cak bagi keberlangsungan kehidupan manusia saat ini. Sonder listrik, banyak persuasi, rumah tataran atau sektor lain mengalami kebekuan Sebagian besar sumber energi setrum Daerah Kalimantan Timur hingga detik ini masih terpasok dari Perusahaan Umum Listrik negara (PLN).

  • Batubara


    Batubara, ibarat riuk satu contoh sendang daya pan-ji-panji yang tidak bisa diperbaharui. Bersendikan kandungannya, batubara boleh dikelola menjadi sumber kiat energi baru melalui proses gasifikasi dan likuifikasi. Salah satu proses gasifikasi batubara merupakan Coal Bed Methane ). CBM ketika ini sangat banyak mendukung Industri, apartemen pangkat apalagi telah berkembang menjadi pembangkit listrik. Sementara Barang yang menghasilkan BBM yakni dengan proses pencairan batubara (liquefaction coal).

    Kalimantan Timur mempunyai cadangan batubara yang nisbi besar, sangat memungkinkan bagi menghasilkan bulan-bulanan bakar minyak pengganti (sumber energi alternatif) dengan memanfaatkan teknologi pencairan batubara buat menjadi objek bakar patra. Bersendikan hasil prediksi, usaha batubara cair cukup produksi jika ada diversifikasi produk dan jaminan produk diatas harga yang berlaku.

  • Lahan Eks Tambang


    Pertambangan Provinsi Kalimantan Timur terdiri berusul beberapa tipe yang menghampari tambang kencana, tambang petro, makdan batubara. Areal pertambangan yang berkembang layak pesat dan mengalami ekstensi negeri penyelidikan provinsi kalimantan Timur merupakan tambang batubara. setelah era penggundulan hutan dan industri kayu. Proses kegiatan makdan batubara menggunakan teknik penambangan mendelongop (Open pit mining) dengan metode gali-isi sekali lagi (Back Fillings Method).







    Lahan palagan tmbang batu bara ini tiap tahunnya mengalami peningkatan perluasan wilayah areal penambangan. Sehingga terlazim adanya proses identifikasi, karakteristik dan evaluasi potensi lahan keluaran tambang. Bagaikan rekomendasi pemanfaatan lahan jebolan tambang Kalimantan Timur nan berguna perumpamaan areal pertanian dan subsektor peternakan dalam rangka program ketahanan alas. Kejadian ini pula berguna bikin menentukan arahan manfaatnya yang telah diverifikasi berdasarkan hal potensi lahan dan aksesibilitas lokasi.

  • Gas Metana sebagai penyemangat listrik

    Tenaga listrik merupakan kebutuhan dasar cucu adam kini sebagai penunjang aktivitas masyarakat, oleh karena itu tenaga listrik sangat terdepan dan strategis bagi peningkatan kesentosaan dan kemakmuran rakyat. Selain itu juga menopang kegiatan ekonomi domestik.







    Kebutuhan tenaga listrik Kalimantan Timur sudah lalu terpasok melalui jaringan Transmisi 150 kV merupakan sistem Mahakam dan beberapa sistem terisolasi yaitu sistem Nunukan, Sangatta, Petung, Long ikis, Bulungan, Tanjung Redeb, Bontang, Tanah Grogot, Malinak, Kota Bangun, Melak, Kerang, Kuala Komam, Sebatik, Tanjung Selor, Bencana Sopang, dan Tanjung Aru.
    Dari 18 Sistem nan memasok listrik, 14 sistemnya sudah lalu berada dalam kondisi Surplus. Pelecok satu sumber daya gas bumi boleh memenuhi kebutuhan energi adalah Coal Bed Methane (CBM) atau gas metana batubara. Gas hidrokarbon dan teradopsi

Petugas keamanan Kawal Distribusi Logistik di Pelabuhan Samarinda

Mata air:

Kaltimprov.go.id
dpmptsp.kaltimprov.go.id
Wikipedia.com
Ketika.com