Ppm Tanaman Sayuran Dan Hst

Budidaya Selada Sistem Hidroponik
Doc. Pribadi

Hidroponik – Selada adalah salah suatu jenis sayuran daun yang telah tak luar lagi di publik. Sejauh ini banyak diantara kita yang menyangka bahwa tumbuhan selada hanya bisa merecup sekiranya ditanam di dataran tinggi. Selada adalah pokok kayu yang identik dengan wilayah pegunungan yang berhawa sejuk, bukan salah memang, sebab di Indonesia budidaya selada umumnya dilakukan di legok tataran. Sudahlah, pertanyaannya apakah selada dapat ditanam didataran terbatas-madya? Jawabannya yakni BISA !!! Ini buktinya, saya mencoba menguburkan selada dengan sistem hidroponik sederhana dan ternyata bisa tumbuh dengan baik. Meskipun namun kurang, tapi saya cukup puas dengan hasil mengebumikan selada hidroponik sistem tali api (wick) ini. Saya menanam selada hidroponik sreg box styrofoam, wahana tanam yang saya gunakan arang sekam dan potnya adalah cup plastik. Nutrisi hidroponik yang saya pakai yakni zat makanan ab mix cak bagi sayuran patera. Kasmaran bikin mencoba menanam selada hidroponik di dataran kurang? Yuk simak asam garam saya berikut ini.

Persiapan Menanam Selada Hidroponik

Langkah semula menanam selada hidroponik merupakan niat dan kemauan serta mempersiapkan segala keperluan nan dibutuhkan. Berikut ini bahan-korban yang dibutuhkan lakukan keperluan menanam selada hidroponik sistem wick ;

  1. Tandon Nutrisi

Tandong yaitu tempat atau wadah pengumpul cairan nutrisi hidroponik, bentuknya terserah tersampir korban yang tersedia, bisa ember,kaleng, botol tempat, baskom alias box sterofoam.

  1. Pot Tanaman

Pot bisa menggunakan apasaja : net pot, cup lepasan air mineral atau cup plastik mineral lainnya.

  1. Sumbu

Berfungsi untuk menaikan cairan nutrisi dari tandon menuju media tanam, sumbu yang ideal untuk tanaman hidroponik adalah kain fanel.

  1. Zat makanan Selada Hidroponik

Selada yakni sayuran daun, jadi gunakan nutrisi ab mix untuk sayuran daun.

  1. Benih Selada

Siapkan benih selada secukupnya sesuai dengan kebutuhan

  1. Kendaraan Tanam

Sarana tanam hidroponik bermacam – varietas lengkap rockwoll, arang sekam ataupun cocopeat

  1. TDS/EC Meter

Adalah alat untuk menyukat kelekatan (PPH) larutan vitamin hidroponik pakai alat ini lebih baik.

  1. Air Baku

Adalah air ppm nya lain lebih dari 150, air yang baik bakal hidroponik merupakan air sendang, air sungai atau air buangan AC.

Persiapan Bibit Selada Hidroponik

Benih selada disemai terlebih dahulu menggunakan polybag, nampan, keranjang, plastik atau wadah apasaja. Media semai gunkan nan tersedia, jika menggunakan arang sekam masukan arang sekam kedalam polybag atau wadah lainnya, kemudian basahi wahana sebatas benar – benar basah, tanam benih selada satu persatu, 3-4 waktu kemudian biasanya benih selada mutakadim bertunas atau berkecambah. Benih selada bisa dipindah tanam saat berumur 25-30 periode setelah semai.


Cara Menamam Bibit Selada Hidroponik sistem Wick/Sumbu

Siapkan tandon, cair nutrisi, tali api dan media tanam. Api-api (Kain fanel) dipasang pada pot/net dengan tataran, api-api disesuaikan dengan kedalaman pasokan. Usahakan menyentuh dasar tandon, Buka polybag semaian dengan hati – hati jangan samapai akar tunjang konsentrat selada tembelang atau putus. Perolehan sari kedalam jambang dengan wahana tanam hingga munjung, buat cair zat makanan hidroponik secukupnya dengan dosis minus seandainya sari seladamsudah ditanam pot, letakan pot puas pasokan.

Letakan selada hidroponik yang baru ditanam pada tempat yang teduh selama 2-3 hari meski beradaptasi terlebih dahulu, selanjutnya perkenalkan dengan cerah mentari secara bertahap, seandainya semarak terlalu panas, letakan selada hidroponik di bawah naungan paranel.

Jarak Tanam Selada Hidroponik

Jarak tanam lakukan selada hidroponik merupakan 25 x 25 cm atau 25 x 30 cm


Dosis PPM Larutan Zat makanan bagi Selada Hidroponik

      Selada hidroponik bau kencur pindah tanam:

  1. Diawal tanam (kehidupan 1-7 hst) gunakan hancuran nutrisi hidroponik doisis tekor, yaitu 500 PPM (setara dengan 2,5 ml gizi A + 2,5 gizi B + 1 liter air)
  2. Memasuki minggu ke dua (umur 8-14 hst) naikan dosis nutrisi selada hidroponik menjadi 700 PPM ( setara dengan 3,5 ml nutrisi A + 3,5 nutrisi B + 1 liter air)
  3. Minggu ke tiga (umur 15-21 hst) ) naikan dosis nutrisi selada hidroponik menjadi 900 PPM ( sekufu dengan 4,5 ml nutrisi A + 4,5 nutrisi B + 1 liter air)
  4. Minggu ke empat (22 hst – panen) ) dosis zat makanan selada hidroponik seperti mana dosis gizi minggu ke tiga ( sejajar dengan 4,5 ml nutrisi A + 4,5 nutrisi B + 1 liter air).

Perawatan dan Proteksi Selada Hidroponik

Pemeliharaan alias pemeliharaan selada hidroponik memang tidak berlebih sulit, doang tidak bisa di abaikan pula, yang terpenting merupakan memastikan tanaman selada pelalah mendapatkan sinar matahari nan memadai, serta memberikan nutrisi sesuai yang dibutuhkan.

Selada hidroponik umur 14 hst, kalau simpanan nan digunakan berukuran kecil, sering – seringlah mengecek larutan zat makanan dan jangan sampai kekeringan. Usahakan suhu larutan nutrisi didalam cadangan tetap stabil, master enceran nutisi sesak tinngi bisa mengganggu pertumbuhan selada, sampai-sampai boleh menyebabkan layu dan mati.

Takdirnya stok nan digunaklan terbuat berusul korban plastik ataupun kaleng, lindungi tandon menggunakan busa tau perca handuk yang dibasahi agar sinar surya tidak menembus tandon yang dapat meningkatkan suhu hancuran nutrisi, minimal lega hati menggunakan box styrofoam yang tidak dapat ditembus sinar matahari, keistimewaan menggunakan box styrofoam ialah suhu cair setia stabil meskipun siang hari tetap terik. Tandon yang terbuat dari bahan plastik alias kaleng cenderung kian cepat panas dan menyebabkan naiknya suhu larutan nutrisi dengan cepat.

Pengendalian Hama Masalah

Kalau pohon selada hidroponik nan dibudidayakan cuma minus atau perimbangan hobi saja, hama maupun penyakit boleh dikendalikan secara manual, namun jika tidak memungkinkan bagi penyemprotan memperalat pestisida namabati, usahakan sebisa kelihatannya bakal tidak menggunkan pestisida kimia.

Kehidupan Selada Hidroponik

Selada hidroponik siap panen umur 23 hst, sejak sari selada dipindah tanam hingga boleh dipanen, kalau di hitung dari mengimbit tanam umur selada hidroponik ini hanya 23 perian, tetapi sejak di hitung sejak benih disemai umur penuaian selada hidroponik adalah 58 tahun.

 Pereka cipta :

Darsono (Instruktur Perladangan )

BPP Kecamatan Sukra Kabupaten Indramayu.

Source: http://cybex.pertanian.go.id/mobile/artikel/73282/Budidaya-Selada-Sistem-Hidroponik/

Posted by: holymayhem.com