Powerpoint Cara Pengendalian Hama Wereng Pada Tanaman Padi

Pengendalian Hama Hama
– Selain tikus, hama wereng merupakan salah satu hama yang sangat ditakuti maka itu petani. Para petambak menganggap bahwa hama hama sangat sulit dikendalikan, hal ini disebabkan karena petani biasanya doang mengetahui atau mengenal gempuran hama wereng setelah terjadi serangan parah pada tanaman. Memang benar jika satu tanaman gabah terserang hama wereng jika mutakadim terlanjur parah padi akan berwarna memeras atau meringkai itu tandanya hama wereng telah sangat terik dikendalikan.

Misalnya hama wereng coklat setakat momen ini masih dianggap sebagai hama terdahulu pada pohon antah. Karena hama wereng dapat menyebabkan kehancuran yang cukup luas dan dekat terjadi pada setiap musim penanaman kehancuran yang disebabkan maka dari itu wereng wereng coklat dapat terjadi secara sederum ataupun secara bukan berbarengan. Secara langsung karena hama hama coklat menghisap cairan dari jaringan tanaman antah sehingga tanaman padinya menjadi sangar dan hasilnya tanaman menjadi sangar. Secara tidak serta merta, karena hama wereng coklat dapat menyebabkan virus penyakit katai rumput dan boncel hampa.

Pengendalian Hama Wereng Tanaman Padi

Pengendalian Hama Wereng

Gejala nan timbul berasal bidasan wereng wereng coklat dapat terpandang pecah corak daun nan menguning kemudian pohon menjadi meringkai dengan cepat (seperti terbakar). Gejala hama wereng coklat dapat dikenal dengan istilah
hepperbum. Dalam suatu gejala
hepperbum
terlihat andai bentuk galengan yang menunjukkan pola pendakyahan hama wereng coklat yang mulai dari suatu tutul ke titik yang lain kemudian menyebar ke segala apa arah dalam bentuk halangan. Intern kejadian serupa ini populasi hama wereng coklat biasanya sudah sangat hierarki sehingga pengendalian hama hama susah untuk dilakukan.

Tindakan preventif pengendalian hama hama

Pencegahan dengan cara mengamalkan pengamatan di lahan penanaman padi. Tindakan ini bisa di cak bagi dengan cara;

a.    Tanaman antah simultan


Misalnya menanam padi lega rembulan januari maka semua di harapkan menyelamatkan sreg wulan januari agar tanaman padinya bersemi berbarengan sehingga dapat mengurangi populasi hama wereng coklat nan ada di padi. Maka peladang harus berusaha mengebumikan gabah dengan sederum.

b.    Pengamatan Wereng Coklat


Pengamatan sreg pokok kayu padi setiap 1-2 pekan sekali. Misalnya cak semau patera padi yang dilakukan pemeriksaan dengan teliti. Apabila ditemukan seekor hama wereng di sekeliling padi segera di berantas ataupun dimusnahkan dan periksa telur-telurnya di sekitar daun lalu daun-daun tersebut dipotong dan dibakar.

c.    Perangkap Lampu

Perangkap lampu merupakan jebakan yang paling publik digunakan untuk pemantauan migrasi dan pendugaan populasi serangga yang terbetot lega cuaca khususnya hama wereng coklat. Hal peristiwa nan terlazim diperhatikan intern penggunaan perangkap lampu busur antara tak : kekontrasan lampu yang di gunakan (semakin kontras seri lampu nan di gunakan maka akan semakin luas jangkauan tangkapanya), kemampuan serangga untuk meninggalkan lampu haring yang di pasang dan intensitas cahaya (pada umumnya insek menghadap tertarik puas cahaya dengan ketekunan panjang).




Pengendalian Hama Wereng, 2015

ditulis oleh
Shela Intan Awet

XI ATP 2 – SMK Negeri 1 Lempuing Jaya

Source: https://detiktani.blogspot.com/2015/02/3-teknik-pengendalian-hama-wereng.html

Posted by: holymayhem.com