Peyakit Blas Pada Tanaman Padi Dan Cara Mengendalikanya

PENGENDALIAN BLAS Lega Pohon Gabah


Admin distan |

03 September 2019 |

11650 kali


Problem blas disebabkan oleh jamur Pyricularia grisea. Jamur P. grisea dapat menginfeksi pada semua fase pertumbuhan tanaman gabah start dari persemaian sampai menjelang panen. Pada fase bibit dan pertumbuhan vegetatif pohon antah, P. grisea menginfeksi bagian daun dan menimbulkan gejala penyakit yang berupa calit coklat berbentuk paralelogram yang disebut blas daun. Pada fase pertumbuhan generatif tumbuhan gabah, gejala penyakit blas berkembang pada tangkai/gala malai disebut blas leher.

Perkembangan parah problem blas gala infeksinya dapat mencapai putaran gabah dan patogennya dapat tertawan pari bak basil tular semen (seed borne). Plong lingkungan yang kondusif, blas daun berkembang pesat dan kadang-kadang dapat menyebabkan kematian tanaman. Penyakit blas leher dapat menurunkan hasil secara nyata karena menyebabkan gala malai mengalami kemungkus atau patah sehingga proses pemasangan malai terganggu dan banyak terbimbing bulir padi hampa. Gangguan penyakit blas leher di daerah endemis camar menyebabkan tanaman pari menjadi puso.

Faktor-faktor nan mempengaruhi perkembangan keburukan blas ialah tanah, tali air, kelembaban, hawa, pupuk dan ketahanan varietas. Faktor-faktor tersebut adalah komponen endemi ki kesulitan yang boleh dikelola untuk tujuan pengendalian penyakit blas. Upaya bakal membereskan penyakit blas melalui pengelolaan komponen epidemi secara terpadu mempunyai kemungkinan kejayaan tinggi.

Seperti mana halnya di Subak Yeh Jero Kelurahan Sukasada di persil sawah milik penanam I Nyoman Gunawan dengan luas 45 are mengalami gejala ki kesulitan blas. Adapun hal yang dapat dilakukan dalam upaya menuntaskan penyebaran kelainan yaitu dengan menunggangi arlternatif yang boleh dibuat secara sederhana dari objek-bahan yang keteter yaitu dengan camur bubuk dapur dan garam puas tanaman padi pada masa pagi waktu. Abu dapur mengandung CO2 yang mampu merintih penyebaran cendawan sehingga mencegat penularan penyakit.

Kemenangan pengendalian penyakit blas dipengaruhi oleh kemampuan pengaturan lingkungan, terutama iklim mikro tanaman, kesamarataan penyerapan zarah hara dan tingkat kesuburan kapling.

maka itu :


(Padmaswari_BPP Sukasada)

Source: https://distan.bulelengkab.go.id/informasi/detail/artikel/pengendalian-blas-pada-tanaman-padi-96

Posted by: holymayhem.com