Pestisida Alami Untuk Tanaman Sayur

Halo, Rival Sehat! Pernahkah ngga sih kamu menemukan hama atau ulat pada tumbuhan di apartemen? Tentu bikin kesal kan ya, karena hama tersebut subversif tanaman hingga berlubang habis tembelang dan mati. Lantas, apakah kamu tertulis pengguna jamur atau pestisida tiruan untuk memerangi hama tersebut?

Cara alternatif yang boleh digunakan adalah dengan menggunakan pestisida nabati. Racun hama nabati lebih aman dan sehat diaplikasikan ke tumbuhan, khususnya sayuran  dan buah, karena ngga menghindari tinja yang negatif mileu serta aman dikonsumsi. Nah, barang apa aja bahan alami sederhana yang bisa digunakan? Bagaimana cara kita mengaplikasikannya? Marilah, simak penjelasannya berikut!

Bawang putih

Incaran nan sering ditemukan di pendiangan ini ternyata ngga belaka berperan sebagai bumbu dapur, tapi bisa juga sebagai bahan untuk membuat pestisida nabati. Kucai putih habis praktis, gemi dan ngga beracun saat diaplikasikan ke tanaman . Bawang masif mengandung senyawa kimia, antara tak tanin, petro atsiri, enzim
allinase
dan lainnya yang dapat mencegah tanaman dari serangan hama.

Kaidah membuatnya cukup mudah, yaitu dengan mencampurkan bawang putih dan minyak sayur lalu didiamkan sepanjang 24 jam. Air dan sabun ditambahkan dan diaduk setakat rata. Simpan campuran tersebut dalam pot selama 3 tahun. Pastikan mencampur dengan air pula momen akan mengaplikasikan ke pokok kayu.

Daun nangka belanda

Daun ini mengandung bahan aktif
squamosin,
asimisin
dan
tannin
yang berfungsi dalam membendung pertumbuhan dan perkembangan wereng. Daun sirsak pula bisa laksana
antifeedant
yang mematikan hama. Kandungan aktif yang menjadi metabolit sekunder berfungsi umpama pertahanan diri dengan memberikan rasa pahit dan mengeluarkan bau ngga sedap sehingga dapat meminimalisir serbuan hama. Mandu membuatnya dengan mengeringkan daun sirsak lalu diekstrak memperalat air. Encerkan larutan tersebut dan diamkan selama 24 jam. Ambillah, sudah siap bakal disemprotkan ke pohon deh!

Daun pepaya

Daun pepaya mengandung zat papain yang panjang sehingga n kepunyaan rasa pahit yang membuat wereng ngga akan meratah tanaman nan disemprot racun hama dari daun papaya. Cara membuat larutan pestisidanya yaitu dengan merajang daun pepaya dan direndam dalam air, kemudian ditambahkan minyak tanah dan deterjen hingga terbaur merata. Campuran tersebut didiamkan sejauh 1 malam, silam disaring dan bisa digunakan untuk disemprotkan ke pohon.

Daun Cengkeh

Cengkeh mengandung target aktif
eugenol
dan onderdil non fenolat lainnya yang dapat dijadikan bak sumber bulan-bulanan racun hama nabati. Cara membuatnya ialah: sebanyak 50 lawai patera cengkeh dilumat dan dicampur dengan 1 liter air, kemudian direndam selama 24 jam. Larutan pestisida siap disemprotkan ke pokok kayu.

Daun dan biji mimba

Daun dan ponten mimba mengandung senyawa aktif utama azadiraktin yang dapat bersifat ibarat insektisida, fungisida, bakterisida maupun nemasida. Kandungan senyawa aktif yang terdapat internal konsentrat mimba memiliki efek yang enggak cepat n domestik menzabah hama, saja memengaruhi dari daya hidupnya. Cara membuatnya dengan mencampur sebanyak 100 gram patera mimba dan 500 mL air lalu diblender. Larutan disaring untuk mendapatkan ekstraknya. Cairan didiamkan selama 1 lilin batik dan siap cak bagi disemprotkan.

Ambillah, ternyata cukup mudah ya Teman Sehat! Engkau dapat mencobanya di rumah bikin melindungi tanaman terbit serangan wereng.

Penyunting &Proofreader:
Fhadilla Amelia, SGz

Teks

http://kepri.litbang.pertanian.go.id/ind/images/pdf/teknologipetisida.pdf

https://agriprima.polije.ac.id/index.php/journal/article/download/v3i1-c/pdf/699

https://ojs.unimal.ac.id/index.php/jtk/article/view/38/24

http://kepri.litbang.pertanian.go.id/ind/images/pdf/teknologipetisida.pdf

http://ejurnal.budiutomomalang.ac.id/index.php/pambudi/article/view/11/10

Source: https://linisehat.com/5-bahan-sebagai-pestisida-alami-untuk-sayur-dan-buah/

Posted by: holymayhem.com