Penggunaan Zeolit Untuk Tanaman Sayuran

Teknologi Pemakaian Zeolit Laksana Kendaraan Tanam Sayuran Dalam Botol

Penggunaan media tanam berbasis tanah kerumahtanggaan mendukung budidaya sayuran dalam pot di perkotaan menghadapi banyak kendala, diantaranya semakin sulitnya mendapatkan bulan-bulanan perakit media tanam tersebut. Salah satu bahan yang potensial untuk mengoper kapling kerumahtanggaan formulasi kendaraan tanam adalah batuan zeolit.

Zeolit permulaan boleh jadi dikenalkan pada musim 1976 maka dari itu ahli mineral Swedia A.F. Cronsted. Zeolit ialah kristal alumina silika terhidrasi yang mengandung kation-kation alkali yang dapat diganti makanya ion-ion lain sonder negatif struktur intan imitasi serta dapat menyerap unsur-molekul air secara reversible. Zeolit memiliki bilang sifat kimia yang silam penting, diantaranya adalah perumpamaan kantor cabang penyerap yang selektif, penukar ion, serta katalisator yang kuat. Sifat-sifat tersebut berlaku pada ketika zeolit tersebut digunakan bak media tanam, khususnya media tanam hidroponik.

Penggunaan zeolit misal kendaraan tanam memiliki beberapa jenama, diantaranya merupakan kemampuannya menyerap air kerumahtanggaan jumlah pas lautan sehingga praktis dalam pelaksanaan pelestarian dan pendirusan pokok kayu. Mineral zeolit juga mewah menyerap sementara atom-atom hara nan diberikan melalui pemupukan, lalu melepaskannya untuk memenuhi kebutuhan pohon sesuai dengan keperluannya (slow releasing agent). Mineral zeolit dapat secara faali mengatur keadilan pH media. Hal ini disebabkan makanya sifat keasam-basahan zeolit yang unik sehingga sangat sesuai dimanfaatkan misal komponen media tanam yang seringkali mengalami perubahan pH nan cukup drastis akibat perlakuan pemupukan, baik secara organik ataupun kimiawi. Stempel tidak dari zeolit sebagai media tanam adalah semenjak segi bentuknya.

Bentuk zeolit yang maujud butiran, membuatnya tidak mudah hancur dan tidak mudah menggumpal. Hal ini boleh mendukung pertumbuhan jaringan akar tanaman sekaligus lewat resistan bikin digunakan dalam paser musim nan sangat panjang. Penggunaan zeolit sebagai sintesis media tanam baik diaplikasikan pada pohon sayuran daun (sawi, sawi hijau, dan selada). Kapasitas menahan air dan hara media tanam zeolit dapat ditingkatkan melalui pengikutan bahan organik ke dalam media tanam. Darurat bikin laju penjatuhan hara, bisa dilakukan dengan mengasihkan rabuk lambat terlarut. Eksploitasi campuran zeolit sebanyak 50% dan bahan organik 50%, dapat mengaplus kesediaan petak sebagai pereka cipta penting wahana tanam untuk sayuran dalam pot.

Mata air :

Balai Pendalaman Teknologi Perladangan Jakarta. 2015. Laporan Akhir Kajian Penggunaan Zeolit Andai Media Tanam Sayuran kerumahtanggaan Pot. Jakarta: BPTP Jakarta.

Source: http://zeolite.id/blog/blog-teknologi-pemanfaatan-zeolit-sebagai-media-tanam-sayuran-dalam-pot/

Posted by: holymayhem.com