Memikul sayuran saat ini memiliki potensi yang menggeliat, tapi ada saja kendala yang ada sebagai halnya hama dan masalah pada sayuran.

Bertanam dan berladang merupakan hobi yang meredam emosi lakukan mengisi waktu tahu. Hobi nan satu ini menciptakan menjadikan kita dapat merasakan hasil jerih payah kita menginjak dari menanam sayuran, memberikan pupuk, dan memanen.

Mengetahui banyak tipe problem dan hama yang dapat menyerang sayuran, mulai dari gejala serangan, penyebab, cara pengobatan, dan prinsip mencegah dapat menjadi modal yang berguna bikin anda.



Tipe Hama yang Menyerang Sayuran


1. Buah Tungau Merah

buah tungau merah

Gejala Serangan

Awalnya, tungau merah akan membuat bintik kuning pada daun sayuran. Kutu ahmar menghisap sel klorofil lega sayuran.

Terjangan tungau bangkang memang sangat kecil, semata-mata galibnya berkoloni sehingga menyebabkan dampak yang besar. Bila telah parah, lampias fotosintesis sayuran akan terganggu hingga mewujudkan sayuran rumit berkembang. Tungau abang juga menjadi penyebab kebobrokan bercak daun sreg sayuran.

Penyebab Bidasan

Temperatur yang cukup rendah dan ajang yang lempem menjadi penyebab ofensif dari tungau merah. Pasalnya, kedua tolok tersebut sangat disukai maka dari itu tungau merah buat menjadi tempat tinggalnya. Sekali berakibat, hama ini boleh menghasilkan 100 telur.

Cara Pengendalian

  • Terserah bilang cara pengendalian dan penyembuhan pada sayuran dari serbuan hama. Anda bisa menggunakan pemakan alami semenjak kutu merah kerjakan menghadapi wereng yang satu ini.
  • Cak semau sekeliling 30 pemangsa yang bisa memangsa tungau merah, tetapi lain menyebabkan kerusakan pada sayuran.
  • Salah satu predator yang boleh kamu gunakan yaitu batih laba-laba.
  • Cara lain yang bisa anda gunakan merupakan dengan mengerjakan pengairan buat mengusir populasi tungau merah bersumber pohon sayur ia.


2. Kutu Kebul

hama kutu kebul

Gejala Serangan

Banyak sekali gejala dan kerusakan yang disebabkan oleh kutu kebul. Gambar patera menjadi keriting, warna daun berubah menjadi kuning dan belang menjadi gejala sediakala berpunca hama kutu kebul. Gejala yang kian parah membuat tanaman menjadi kerdil sehingga tidak dapat menghasilkan sayuran yang berkualitas.

Penyebab Kutu Kebul

Kutu kebul lalu suka tempat nan lembap sebagai rumahnya. Tanah nan terlalu basah membuat kutu kebul berkumpul di tempat tersebut dan takhlik daun sayuran menjadi sumur makanannya.

Cara Pengendalian

  • Predator alami bagi tuma kebul adalah nasion kepik sehingga anda dapat mencoba memelihara sejumlah kepik di karib sayuran anda.
  • Selain itu, gunakan juga penaung serangga. Aliran tanaman bisa menjadi solusi karena tungau kebul tidak meratah semua variasi sayuran.
  • Kutu kebul nya menjadi hama dan penyakit pada terong dan lada.


3. Bernga Grayak

ulat grayak

Gejala Serangan

Ulat grayak dapat membuat daun sayuran menjadi bolong hingga keteter lemak tulang tetapi. Hama nan suatu ini meletakkan larva di sekitar daun hingga dapat membentuk terjadinya ledakan populasi yang membuat seluruh sayuran sira dimakan oleh ulat grayak.

Penyebab

Penyebab wereng ini menuduh sayuran beliau dikarenakan pengaruh iklim dan cuaca. Ulat grayak memang suka suntuk di tempat tropis dan subtropis, seperti mana Indonesia. Pokok kayu yang menjadi korban empuk hama ini yaitu kacang, kacang, keladi, antah, dan masih banyak lagi.

Cara Pengendalian

  • Penangan ulat grayak dapat beliau bagi dengan mengolah tanah nan baik sehingga membuat wereng mati.
  • Jemur tanah di asal sinar matahari langsung untuk membunuh telur hama. Anda lagi memasang perangkap ulat grayak atau memberikan insektisida.


4. Bernga Penggerek Patera

ulat penggerek daun

Gejala Ofensif

Gejala awal ditunjukkan dengan patera yang tergulung dan membusar. Terdapat perubahan warna yang kurang jelas, begitu juga garis tipis bercat putih. Bila diteliti, terletak makao ceria.

Penyebab

Ulat perforator daun habis aktif sreg guru yang campah. Karena itu, ulat mago yang satu ini kemungkinan bergerak membuat kerusakan kapan malam periode.

Cara Pengendalian

Pengendalian ulat perforator daun tidak terlalu sulit selama anda membersihkan daun yang luruh. Jerat feromon juga dapat anda gunakan untuk menjebak ulat yang suatu ini.


5. Lalat Buah

lalat buah

Gejala Serangan

Seperti namanya, laler buah hanya menyerang tanaman biji pelir dengan gejala tampaknya bintik hitam boncel pada buah. Jikalau telah parah, daging biji pelir akan membusuk dan terwalak tempayak di dalamnya.

Penyebab Terjangan

Lalat biji pelir bisa berkumpul di medan yang cemar dan berbau tidak sedap.

Kaidah Pengendalian

Cara penanganan lalat buah bisa dia lakukan dengan kaidah menyampu biji pelir dengan plastik. Pestisida lagi dapat membantu mengusir lalat buah yang mengganggu.


6. Tuma

hama tungau

Gejala Ofensif

Tungau menyerang seluruh bagian tumbuhan hingga menyebabkan banyak sekali gejala. Tangkai tanaman akan berwarna kuning dan adanya bintik cokelat pada permukaan daun boleh menjadi tanda serangan kutu.

Penyebab

Ruangan yang lembap dapat menjemput tuma untuk menclok ke tempat pohon anda dan membuat sarang di sana. Belaka 3 masa nan dibutuhkan tungau buat berkembang baik sebatas mencapai jumlah ribuan ekor.

Prinsip Pengendalian

Langkah yang bisa anda tempuh adalah menjemur tanah dan melakukan pengairan dengan rutin.


7. Belalang

hama belalang

Gejala Serangan

Belalang menyebabkan daun kaprikornus bertembuk, matang dan gugur.

Penyebab

Daun dan kapling memang mutakadim menjadi habitat walang sehingga hal yang legal jika belalang tinggal di sayuran engkau. Namun, letusan belalang disebabkan oleh kurangnya predator.

Prinsip Pengendalian

Sebenarnya belalang tidak menyebabkan fasad yang terlalu parah sehingga lain diperlukan tindakan sekiranya kamu dapat membatasi populasinya dengan sirkuit tanaman dan perlindungan predator bikin belalang.


8. Siput

siput

Gejala Serangan

Siput kebanyakan hanya mencamkan tanaman yang muda dengan meninggalkan kancah lubang dan gelema pada bagian daun.

Penyebab

Temperatur yang campah menjadi penyebab serangan dari kijing karena wereng yang satu ini sangat menyukai tempat nan adem.

Cara Pengendalian

Siapkan beledi nan diisi bir buat menganyam siput. Hama ini sangat tertarik dengan bau bir sehingga akan turut ke kerumahtanggaan beledi tersebut.


9. Larva Tanah

ulat tanah

Gejala Serangan

Bernga terbit tanah akan merusak adegan bawah batang hingga menyebabkan mudahnya patah batang sayuran. Ulat yang telah menetas akan memakan babak daun.

Penyebab

Adv minim baiknya pengolahan tanah membuat larva persil masih tersisa di dalamnya sehingga bisa memakan tanaman yang anda tanam.

Pendirian Pengendalian

Lakukan penyemprotan pestisida dengan dosis yang cacat agar tidak subversif tanaman. Penggodokan tanah juga perlu dilakukan bagi mencerai-beraikan semua ulat tanah yang tersisa.


10. Uret

hama uret

Gejala Gempuran

Uret menyebabkan tanaman menjadi mudah layu, daun yang tidak segar, dan pokok kayu yang mudah jatuh.

Penyebab

Hama yang satu ini suka lewat di bekas yang kumuh sehingga anda dapat mudah menemukannya di medan sampah. Lingkungan yang kotor membuat uret memperhatikan tanaman anda.

Cara Pengendalian

Bikin pembersihan lingkungan di sekitar tanaman untuk memastikan uret tidak hinggap lagi. Gunakan perangkap serangga untuk menangkap uret.


11. Kumbang

hama kumbang

Gejala Gempuran

Kumbang habis suka menyerang bagian pucuk patera dan pangkal daun dengan memencilkan mantan sobekan hingga takhlik pertumbuhan tanaman terganggu.

Penyebab

Sigenting umumnya memang nomplok ke gelanggang nan banyak patera karena adalah habitat mereka.

Cara Pengendalian

Cara mengatasi serangan kumbang cukup dengan menggunakan racun hama. Siapkan juga jerat dari pipa dan tepung kayu untuk menangkap hama ini.


12. Thrips

hama thrips

Gejala Serangan

Anda boleh melihat gejala pecah thrips pada satah daun fragmen sumber akar yang memiliki bercak putih.

Penyebab

Hama yang satu ini memang memiliki habitat puas daun sehingga mereka cenderung mencari daun menjadi medan tinggalnya.

Cara Pengendalian

Sembelih daun yang diserang thrips agar tidak menyebar puas daun yang lan. Semprotkan pestisida untuk mengatasi terjangan thrips yang telah banyak.



13. Kutu Daun

hama kutu daun

Gejala Serangan

Gejala awal berpunca bidasan kutu patera yaitu keriput pada daun dan tampak kecil. Gejala yang parah bisa dilihat dari daun yang semakin layu.

Penyebab

Bidasan kutu daun disebabkan oleh kelembapan di ruangan sekitar tanaman dan tanah nan sesak basah.

Prinsip Pengendalian

Prinsip mengatasi serangan kutu patera boleh dilakukan dengan pestisida. Jika tuma daun belum terlalu banyak, potong daun yang sudah kemungkus.

Jenis
Ki kesulitan Pada Sayuran


1. Antraknosa

penyakit antraknosa

Gejala Ofensif

Penyakit antraknosa takhlik gejala cokelat kehitaman pada babak biji kemaluan hingga balasannya memburuk.

Penyebab

Penyakit pada sayuran yang satu ini disebabkan makanya jamur, yang seremonial disebabkan maka itu kancah nan bersisa lembap.

Prinsip Pengendalian

  • Cabut biji kemaluan yang sudah terinfeksi penyakit antraknosa agar tak hambur pada buah yang lain.
  • Perbaiki sistem drainase agar tanah lain bersisa lembap. Distribusi penghijauan pula bermanfaat bakal memutus penyakit antraknosa.


2. Bercak Daun

penyakit bercak daun

Gejala Bidasan

Penyakit noda daun pada sayuran biasanya yaitu bercak daun lega bancet. Namun, calit daun sekali lagi bisa menjadi ki kesulitan pada kol. Seperti namanya, gejala dari serangan ini yaitu bercak pada bagian daun.

Penyebab

Noda nan timbul pada daun disebabkan oleh jamur
Cercospora nicotianae. Kawul ini mulai hidup ketika gegana sudah lalu terlalu lembap.

Prinsip Pengendalian

  • Mengambil patera yang telah terinfeksi kawul menjadi anju awal nan bijak. Kurangi kelembapan tanah dan mileu sekitar tumbuhan.
  • Semprotkan kawul dengan fungisida bagi pembasmian yang lebih ampuh.

Kerjakan mencerna lebih lengkap mengenai kelainan suatu ini, Anda bisa melihat kata sandang sepenuhnya pada
Penyakit Calit Patera dan Cara Mengatasinya.


3. Layu Kuman

penyakit layu bakteri

Gejala Bidasan

Layu bakteri merupakan keburukan lega banyak tanaman, teragendakan penyakit pada wortel. Gejala yang terlihat jelas adalah bangkai dan akar membusuk dengan corak hitam yang pekat.

Penyebab

Sebagaimana namanya, penyebab penyakit ini adalah bakteri nan hinggap karena pengolahan kapling nan kurang baik. Air yang terlalu menumpuk lahan menjadi wadah menyenangkan cak bagi mikroba.

Cara Pengendalian

Perbaiki sistem drainase untuk memutus perkembangan bakteri. Lakukan rotasi pohon juga kondusif menzabah bakteri yang suatu ini.


4. Holonecrosa

Gejala Serangan

Penyakit pada sayuran holtikultura yang satu ini menyebabkan bercak, garis, dan kemungkus pada daun. Rusak yang disebabkan holonecrosa bisa berupa rusak tandus atau busuk basah.

Penyebab

Penyebab berasal penyakit ini adalah kurangnya pemilihan pati yang baik serta pengolahan tanah yang berkualitas.

Cara Pengendalian

Holonecrosa dapat diatasi dengan mengonyot bagian yang mutakadim terinfeksi. Kerjakan rotasi pokok kayu bakal memutus rantai penyakit holonecrosa.


5. Rebah Kecambah

penyakit rebah kecambah

Gejala Bidasan

Gejala bidasan dari rebah kecambah adalah ekstrak akan menjadi peok, mudah layu, kering, hingga membusuk. Terjadinya luka plong bawah sari juga sering terjadi karena penyakit rebah kecambah.

Penyebab

Rebah kecambah disebabkan oleh jamur bernama Pythium aphanidermatum. Pertumbuhan jamur ini disebabkan makanya tempat nan lembap di selingkung tanaman.

Kaidah Pengendalian

Buat kaidah penghutanan yang bersusila untuk mengurangi dampak berpokok masalah rebah kecambah. Jangan menanam pada tanah yang sudah meradang maka dari itu jamur yang satu ini.

Beliau bisa mengenali secara hipotetis mengenai penyakit yang membidas bibit sayuran, puas artikel
Ki kesulitan Rebah Kecambah dan Cara Mengatasinya.


6. Problem Karat Putih

penyakit karat putih

Gejala Bidasan

Penyakit karat putih mencamkan episode patera dan bunga puas tanaman. Patera akan kemungkus dan produktivitas rente melandai jauh.

Penyebab

Keburukan karat bersih disebabkan oleh bakteri Puccinia horiana yang boleh timbuk karena kurangnya pengolahan tanah yang baik.

Pendirian Pengendalian

Orang tani yang sudah pakar biasanya akan berbuat perompesan pada daun bagian bawah tanaman.


7. Penyakit Kemungkus

penyakit busuk buah

  • Penyakit Busuk Pangkal Patera

Gejala Serangan

Sebagai halnya namanya, kelainan yang satu ini cerbak membentuk infeksi sreg bagian pangkal patera. Penggalan nan dihinggapi infeksi akan terlihat berpangkal noda corak cokelat setakat bau busuk.

Penyebab

Dalang dibalik ki kesulitan busuk ialah rabuk yang bersemi karena tempat yang lembap. Minus baiknya sistem pengaliran air menjadi penyebab utamanya. Sayuran lain dapat kejangkitan jamur ini sekadar melangkaui udara.

Cara Pengendalian

Segera pangkas bagian pangkal daun yang terinfeksi serabut ini buat menghentikan penyebarannya. Semprotkan fungisida bila infeksi jamur telah semakin banyak dan parah.

  • Penyakit Tembelang Buah

Gejala Serangan

Buah yang terinfeksi keburukan rusak akan muncul bercak bercat cokelat sampai hitam. Bercak ini akan meluas hingga menutupi seluruh permukaan biji kemaluan dan membaut biji pelir membusuk.

Penyebab

Penyebab penyakit busuk lega biji kemaluan ini sekali lagi disebabkan oleh jamur yang hidup karena perawatan buruk pada tanaman.

Prinsip Pengendalian

Jamur lega ki kesulitan busuk sangat cepat menyebar sehingga anda harus taajul mencabut buah nan terinfeksi. Mengindoktrinasi fungisida juga menjadi cara yang paling efektif cak bagi membunuh baja ini.

  • Penyakit Kemungkus Akar

Gejala Serbuan

Komplikasi rusak akar tak hanya kecam adegan akar, babak daun kembali dihinggapi gejalanya. Bisa dilihat bersumber dandan patera yang pucat benihan serta bagian akar yang mengalami pembusukan. Ki aib yang satu ini kembali membuat gejala ki kesulitan rusak hitam pada kubis.

Penyebab

Seperti penyakit busuk lainnya, penyebab penyakit busuk akar juga karena jamur yang disebabkan tanah yang terlalu lembek.

Pendirian Pengendalian

Lakukan penggodokan tanah nan lebih baik dengan mencari tanah nan bebas penyakit. Perbaiki sistem irigasi dan penyiraman agar persil bukan selalu basah.

Keberagaman penyakit busuk yang memperhatikan tanaman sudah Sira ketahui, salah satunya penyakit busuk lega pangkal sekali lagi. Maka berikut penjelasan lengkap mengenai
Kebobrokan Busuk Sumber akar Batang.


8. Problem Embun Abu

penyakit embun tepung

Gejala Serangan

Pada tahap sediakala, bercak putih akan ketimbul misal gejala awal masalah uap air bubuk. Kebobrokan tanaman sayuran yang satu ini biasanya mencerca bagian daun.

Penyebab

Penyebab utama berpokok penyakit ini adalah jamur privat famili Erysiphales yang tumbuh di gelanggang lempem dan musykil disinari matahari.

Pendirian Pengendalian

Segera cabut patera nan terserang penyakit embun tepung agar tidak menyebar lega episode lain. Gunakan fungisida bakal memusnahkan serabut penyebab komplikasi ini.

Serbuan ki kesulitan dan wereng pada pokok kayu  sayuran memang salah satu kendala yang bisa dicegah.

Cara pencegahan yang dilakukan juga haruslah sesuai, sebab munculnya serangan hama ataupun kebobrokan pada sayuran terserah beberapa kejadian nan cacat maksimal dalam perawatan.

Maka intern perawatan, diperlukan proses yang tepat dan juga langkah fertilisasi yang sesuai.

Penggunaan pupuk organik menjadi salah suatu langkah kerjakan mencegah serangan penyakit.

Kenapa dapat sejenis itu? sebab pemupukan organik tak cuma bagus bakal tanaman saja namun lagi bagus kerjakan tanah kembali.

cover pupuk organik cair spesialis tanaman pangan

Pelecok satu rekomendasi fertilisasi organik adalah Cendawan Organik GDM.

Dilengkapi bakteri premium lengkap yang meminimalisir serangan ki kesulitan pada tumbuhan maupun ki kesulitan tular petak.

Maka ini menjadi salah suatu pilihan bikin para pelaku agribisnis holtikultura.

Anda bisa berkonsultasi dengan tim pakar perladangan kami mengenai perawatan sayuran organik nan boleh meminimalisir gempuran hama maupun keburukan.

Melalui kenop dibawah ini: