Penanaman Tanaman Hias Di Sekitaran Pusat Pariwisata Di Desa Sangsit

Ciri khas PVF periode ini ialah pameran bonsai di selama urut-urutan Desa Adat Penglipuran.

BANGLI, NusaBali

Penglipuran Village Festival (PVF) VIII akan berlantas, Selasa (7/12) – Minggu (12/12). Fetival ini tergolong spesifik karena memadukan pesona wisata Desa Tradisonal Penglipuran, Kelurahan Pertahanan, Kecamatan Bangli, Bangli, dengan keindahan bonsai.

Ratusan tanaman bonsai timbrung memeriahkan PVF di desa itu. Pameran bonsai ini dari halangan pemukim lokal, asing Bangli, hingga luar Kawasan Bali. Ketua PPBI (Perguruan tinggi Penggemar Bonsai Indonesia) Cagak Bangli, I Nyoman Susila mengatakan para pecinta bonsai meramaikan gelaran PVF bertema Green Destination Berbasis CHSE, yakni program Kemenparekraf berupa penerapan protokol kesehatan ialah cleanliness (kebersihan), health (kesehatan), safety (keamanan), dan environment sustainability (kelestarian lingkungan). Dengan keikut sertaan PPBI Bangli diharapkan bisa ikut memromosikan Desa Pariwisata Penglipuran. Selain itu mendukung ekonomi rani khususnya tumbuhan hias, pembudidayaan bonsai, UMKM begitu juga fasilitator alat dan ki alat tanam untuk bonsai dan tanaman hias lainnya. “Kami masuk karena ada keterkaitan dengan tema yang diangkat tahun ini,” jelas Bos SMKN 1 Bangli ini, Sabtu (4/12).

Menurut Nyoman Susila, bonsai para murid ditempatkan di depan rumah atau angkul-angkul milik warga. Para pengunjung dapat menyaksikan deretan bonsai cak sambil mengunjungi setiap flat. Anda menamakan pameran ini menyisiapkan 350 – 400 slot tempat tanaman. Para murid menclok dari berbagai area bahkan dari luar wilayah Bali. “Siswa dari asing Bali nan sudah mendaftar seperti berpangkal Blitar, dan Gunung Selatan, Mojokerto, Tanggerang, Banten,” ungkapnya.

Bonsai mulai didatangkan pada Sabtu (4/12) – Minggu (5/12). Sedangkan pameran pada 7 – 12 Desember. Pameran ini disertai lomba bonsai, penjurian pada Senin (6/12), ditandai penghunjaman bendera. Di PVF ini juga suka-suka pelaku perbelanjaan tumbuhan hias/bonsai bermula Bali dan asing Bali.

Pengorganisasi Desa Wisata Penglipuran I Nengah Moneng mengatakan, ciri khas PVF tahun ini adalah pameran bonsai di selama jalan Desa Aturan Penglipuran. “Ini kegiatan terbaru privat festival ini,” terangnya. Rangka, PVF akan dibuka Deputi Permukaan Komoditas Tamasya dan Penggubah Kegiatan, Rizki Handayani Muztafa.*esa

Source: https://www.nusabali.com/berita/107840/padukan-wisata-desa-tradisi-dan-bonsai

Posted by: holymayhem.com