Pemilihan Lahan Budi Daya Tanaman Sayuran Hendak Nya Memenuhi Kriteria

Halo Sobat SMP! Seperti apa rencana libur akhirusanah Sobat SMP kali ini? Ya, biar berlibur, kita tetap diimbau sepatutnya tidak mengerjakan mobilitas menghafaz risiko penyebaran virus Covid-19. Namun, masih ada kaidah lain kok kerjakan mengisi waktu liburan dengan aktivitas-aktivitas yang mengasyikan refleks berguna.

Keseleo satu aktivitas mengasyikan serta berharga adalah budidaya tanaman sayur. Sayur n kepunyaan kebaikan yang baik bagi bodi manusia karena mengandung banyak zat gizi serta nutrisi. Sebut hanya vitamin, zat putih telur, dan juga zat-zat mineral lainnya yang diperlukan makanya tubuh.

Budidaya tumbuhan sayur dapat dilakukan oleh Sobat SMP apabila memiliki sedikit lahan cak bagi bersesuai tanam. Jika lahannya minus, budidaya pokok kayu sayur masih dapat dijalankan dengan metode-metode tertentu seperti hidroponik, aeroponik, atau vertikultur.

Namun, sebelum terjun ke budidaya tanaman sayur tentunya Sobat SMP mesti memaklumi pangkat-tahapannya. Oleh karena itu, simak artikel ini setakat radu ya supaya bisa paham cara mengamalkan budidaya tanaman sayur!

1. Teknik pembibitan

Tahapan awal pecah budidaya tanaman sayur adalah pembibitan. Jauhar yang baik yang dipilih memiliki tanda-tanda seperti, bebas berpokok hama dan problem, memiliki daya bertunas yang jenjang, memiliki rahasia kecambah sekeliling 80%, dan riwayat induknya segak serta produktif.

Teknik pembibitan pun harus diperhatikan terjemur berusul diversifikasi tanamannya. Ada beberapa ekstrak yang mendapat perlakuan individual sebelum penyemaian. Namun, yang terpenting dalam tahap ini adalah ketercukupan air, gizi, serta pencahayaan.

2. Teknik pengolahan tanah

Bibit yang telah siap disemai tentunya teradat dipindahkan ke lahan yang permanen. Lahan yang akan dijadikan kendaraan penanaman harus melalui berbagai proses pengolahan kapling terlebih adv amat.

Proses pengolahan tanah dilakukan dengan menggemburkan tanah dan memastikan lahan telah sesuai dengan syarat-syarat tumbuh pokok kayu yang akan ditanam. Misalkan menyesuaikan pH dan kadar air.

3. Teknik penanaman

Tadi sudah adv pernah disinggung mengenai penyemaian apakah bibit wajib disemai terlebih dahulu sebelum ditanam maupun bertepatan. Bila bibit tidak perlu penyemaian maka bisa serentak ditanam di ki alat penghutanan.

Hal yang harus diperhatikan dalam tahapan penanaman adalah jarak antara pohon. Jarak yang ideal ialah kunci dari keberhasilan budidaya pokok kayu sayur. Jika jarak terlalu erat alias terlalu jauh maka hasil yang dituai tidak akan maksimal.

4. Teknik pemeliharaan

Sayur-sayuran yang telah ditanam tadi selanjutnya terlazim mendapatkan pemeliharaan dan konservasi. Pemeliharaan dilakukan agar tanaman boleh tumbuh dengan baik serta produktif.

Dalam perlindungan suka-suka tiga hal yang harus diperhatikan. Pertama adalah pengairan untuk menepati ketercukupan air sreg tanaman. Kedua adalah penyiangan ataupun pemangkasan nan bermaksud menstimulasi tumbuhan agar patuh berkecukupan. Ketiga adalah pemberian pupuk kelebihan menetapi kebutuhan vitamin tanaman.

5. Teknik panen ataupun pascapanen

Setiap tanaman sayur memiliki masa panen yang berbeda-cedera. Oleh karena itu, terdahulu cak bagi mengetahui kapan masa panen pohon sayur. Selain itu, ketahui lagi ciri-ciri sayuran yang siap bikin dipanen. Jika syarat waktu panen serta ciri panen telah terpuaskan, maka sayuran telah siap dipanen.

Setelah dipanen, sayuran harus diperlakukan dengan tepat kerjakan mencegah kebusukan. Lakukanlah penggolongan varietas sayuran nan sudah penuaian dan simpanlah sesuai kebutuhan kelembaban mulai sejak tanaman sayuran tersebut. Dengan demikian, sayur akan tetap segar dan tetap dapat dijual dengan harga nan strata.

Sekadar tip buat Sobat SMP, cobalah buat memintal sayur-sayuran yang umum dan mudah untuk dibudidayakan seperti caisim, bongkok, selada, dan sebagainya. Bagaimana, menggelandang tak? Sobat SMP bisa mencoba melakukan budidaya pohon sayur start berpangkal saat ini.

Selain ki menenangkan amarah, budidaya tanaman sayur juga bisa membukit embaran adapun pembudidayaan. Lakukan budidaya nan lainnya, Sobat SMP boleh mempelajarinya di Modul Prakarya Budidaya terbitan Direktorat SMP. Selamat mencoba ya!

Penyalin: Pengelola Web Direktorat SMP

Teks:

Modul PJJ Prakarya Budidaya kelas 7 semester genap terbitan Direktorat SMP tahun 2021



Source: https://ditsmp.kemdikbud.go.id/mengisi-liburan-dengan-budidaya-tanaman-sayur/

Posted by: holymayhem.com