Pemasaran Budi Daya Tanaman Hias

JAKARTA, KOMPAS.com –
PT Santini Mitra Amanah (SMA)—firma yang mengalir dalam budi daya dan persawahan anggrek asal Indonesia—menandatangani kerja sama
technical assistance
dengan Alma Del Bosque, perusahaan budi daya dan pengelolaan anggrek dasar Kolombia.

Tujuan kerja sederajat ini buat melebarkan budi daya tumbuhan anggrek di Indonesia dan menyunting kualitasnya. Selain itu, perbaikan teknik dan teknologi budi pusat, menghasilkan bibit anggrek nan unggul, teknik penanaman, hingga prinsip pemasaran anggrek.

Baca juga: Tips Merawat Anggrek Wulan di Rumah agar Rajin Terbit

Kerja begitu juga Alma Del Bosque dipilih karena Kolombia merupakan penggubah paling banyak tanaman hias, termasuk anggrek, serta anggrek menjadi bunga nasional negara itu.

Dengan kerja sama ini, diharapkan pula kedua negara, yakni Indonesia dan Kolombia, bisa sandar-menyandar membusut tipe-macam anggrek nan dapat diperkenalkan di kacangan serta menghasilkan kualitas bunga anggrek Indonesia yang sekufu dengan jagat rat.

Riantini S. Wanandi, pendiri SMA, berharap kooperasi kedua perusahaan ini berjalan baik, lancar, serta terus bertahan lama. Ketika ini, harapannya memperoleh esensi anggrek berkualitas pecah Indonesia, bukan kerjakan pendanaan atau ekspor dulu

Baca juga: 6 Alat angkut Tanam untuk Menanam Bunga Anggrek kerumahtanggaan Jambang

“Sebab, biasanya bibit-konsentrat yang dijual pengusaha anggrek itu impor karena dianggap lebih bagus dan berpengalaman. Kita pengin maju dan mencoba buat bibit tempatan” kata Riantini kepada
Kompas.com
di Hotel JS Luwansa, Jakarat, Senin (31/10/2022).

Riantini mengatakan banyak orang tani anggrek yang mengeluhkan adapun sulitnya membeli bibit anggrek, dari hanya dibatasi, harga yang mahal, dan enggak ada yang berkualitas. “Yang berkulitas itu dari luar, tapi (harganya) mahal,” imbuhnya.

Karena itu, SMA cak hendak menghasilkan konsentrat anggrek yang unggul dengan harga terulur pada pekebun-petambak tanpa harus menggunakan bibit impor untuk menernakkan anggrek sendiri.

Baca pula: Makna di Balik Warna Bunga Anggrek, Cinta hingga Keberanian

Lina Maria Molina, Chief Operating Officer Alma Del Bosque, menjelaskan bahwa perusahaannya sudah memiliki sekitar 5.000 spesies dari 15 ribu keberagaman anggrek.

“Anggrek-anggrek ini tidak hanya berpokok dari Kolombia, tapi juga negara-negara lain,” ujarnya.

Alma Del Bosque kerap membagikan cara budi pusat anggrek kepada para pencinta tanaman bunga ini di seluruh dunia, baik secara daring maupun luring.

Perusahaan yang cak semau sejak 2015 ini pun setia membagikan video tutorial pengelola berbagai macam jenis tumbuhan anggrek.

Baca pula: Lokasi Terbaik Meletakkan Anggrek di Rumah Menurut Feng Shui

“Filosofi kami di Alma del Bosque adalah memberikan rasa antusiasme, menumbuhkan kecintaan, mengajarkan keahlian, melestarikan, mengajarkan, dan memperkenalkan lagi varietas berbagai tanaman anggrek ke habitat aslinya,” ucap Lina.

Dapatkan update
berita pilihan
dan
breaking news
saban hari dari Kompas.com. Marilah menyatu di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Engkau harus install permintaan Telegram lebih lagi dulu di ponsel.

Source: https://www.kompas.com/homey/read/2022/10/31/225500376/sma-dan-alma-del-bosque-jalin-kerja-sama-untuk-budi-daya-anggrek

Posted by: holymayhem.com