Nama Tanaman Sayuran Dan Ciri Ciri Tanaman

Indonesia umpama daerah tropis dapat membudidayakan tanaman sayuran sepanjang tahun karena tersedianya sinar rawi yang cukup. Tanaman sayuran dapat tumbuh dengan baik di berbagai daerah di Indonesia, Sayuran yaitu putaran pohon yang dimakan enggak bak makan pencuci mulut, pada umumnya dimasak lalu (kecuali dimakan bikin lalab) dan dimakan bersama kandungan sentral dan iwak-pauk lainnya.

Sayuran merupakan tanaman hortikultura nan dibudidayakan secara intensif. Budi rahasia merupakan operasi bakal menambah, menumbuhkan, dan takhlik benda ataupun makhluk hidup
seyogiannya lebih lautan/tumbuh dan berkembang biak/ bertambah banyak. Peristiwa ini dilakukan kerjakan menetapi permintaan pasar/pengguna yang makin meningkat dari waktu ke waktu.

Peningkatan permintaan satu bahasa dengan meningkatnya kebutuhan manusia karena kognisi akan kelebihan mengonsumsi sayuran. Sayuran merupakan incaran alas bawah tumbuhan yang n kepunyaan ganjaran air dan serat tinggi, banyak mengandung zat makanan dan mineral yang dibutuhkan oleh bodi.

Setiap wilayah n kepunyaan komoditas pokok kayu sayuran primadona yang berbeda. Perbedaan ini terjadi karena kondisi alam tiap daerah beragam. Lega distrik ceduk tinggi, diversifikasi tanaman sayuran nan dapat dibudidayakan, yakni kentang, wortel, dan brokoli. Puas kewedanan n baruh tekor, jenis tanaman sayuran nan bisa dibudidayakan, yaitu bawang merah, mentimun, dan sawi baru.

Hampir tiap bagian dari tanaman sayuran dapat dimakan. Sayuran dikelompokkan berdasarkan bagian yang bisa dimakan atau dimanfaatkan. Bagian tanaman yang dapat dimakan atau dimanfaatkan bermula terbit daun, tulang daun, umbi, batang, akar tunggang, bunga, buah, ataupun biji.

Sayuran

Berikut komplet berbagai tanaman sayuran berdasarkan bagian yang dapat dimanfaatkan.

No. Episode Tanaman nan Dimanfaatkan Teladan Tanaman Sayuran
1. Daun Daun: penggalan berpunca tumbuhan nan terletak hanya pada bagian bangkai. contoh: sawi, bayam, kangkung, kubis, sawi kudus dll
2. Gandar cangkul Batang cangkul merupakan adegan dari daun, sehingga seandainya daunnya dimanfaatkan biasanya beserta tangkainya. Sayuran nan dapat dimanfaatkan daun dan tangkainya yaitu kangkung, bayam, kemangi, selada, petsai, seledri, sawi putih dan lain-lain.
3. Mayat Batang: merupakan putaran daru tumbuhan yang terdiri semenjak pokok dan ruas. Buku merupakan bekas menempelnya daun. transendental: rebung, asparagus, kailan dll
4. Umbi Partisipan
5. Akar Akar: biasanya terdapat di internal tanah dan tidak beruas dan berbuku. model: wortel, lobak dll
6. Anakan Anakan: merupakan instrumen perkembangbiakan secara generatif. paradigma: bunga turi, brokoli, bunga kol dll
7. Biji zakar Buah: hasil semenjak pembuahan dan pembuahan yang terjadi plong perangkat bunga. contoh: tomat, lombok, terong, jipang dll
8 Biji Biji: adalah bagian semenjak buah sehabis terjadi penyerbukan dan pembuahan lega rente. contoh: kacang polong, petai, kacang abang, jagung dll
9. Umbi Umbi: yaitu penggalan pokok kayu yang menggembung karena penimbunan makanan. contoh: ubi belanda, bawang merah, kucai ceria, wortel, lobak dll

Dari sekian banyak tanaman sayuran yang ada di sekitar kita ada beberapa tipe sayuran nan perlu kita ketahui, salahsatunya adalah ciri-cirinya.

  1. Bangkong memiliki ciri-ciri: Daunnya berwarna hijau; Batangnya bulat dan mengandung banyak air; Bunga pada bangkong berbentuk terompet. adegan yang dimakan/dimanfaatkan: Daunnya kebanyakan dibuat cah bancet atau lalapan.
  2. Bayam mempunyai ciri-ciri: Daunnya berwarna hijau; Tumbuhan berakar perdu; Batangnya berwarna kecoklatan; Bijinya bertakaran kecil, kecil-kecil, berbentuk bulat. Adegan yang dimakan/dimanfaatkan: Daun dan Batangnya dimasak menjadi sayur bayam.
  3. Buncis. punya ciri-ciri: Warnanya yunior muda dan suram; Bidang kulitnya agak kasar; biji dalam buncis belum menonjol; bila dipatahkan membuat bunyi letupan. Adegan nan dimakan/dimanfaatkan yakni buahnya : Dibuat campuran sop atau masakan sayuran lainnya.
  4. Kol. punya ciri-ciri: Daun berwarna hijau; Isinya berbentuk melingkar dan bercelup putih kekuningan; Enggak n kepunyaan gagang cangkul segara; Tanamannya bertakaran pendek. Bagian nan dimakan/dimanfaatkan: daunnya dibuat menjadi orak-melek atau masakan lainnya.
  5. Sawi. mempunyai ciri-ciri: Batangnya termaktub batang yang enggak berkayu; Daunnya bersayap dan beranting panjang serta bercat plonco; Bijinya bulat dan bercelup coklat. bagian yang dimakan/dimanfaatkan: Daunnya dibuat menjadi masakan sayur.
  6. Selada. mempunyai ciri-ciri: Tulang daunnya berwarna putih; Daunnya bercat hijau segar; Got daunnya bergerigi. babak yang dimakan/dimanfaatkan: Daunnya jamak dibuat lalapan atau salad.
  7. Timun. memiliki ciri-ciri: Tumbuh merambat; Daunnya tunggal, berbentuk dalaman jirus dengan got nan bergerigi; Bunganya berwarna kuning dan berbentuk terompet; Buahnya lonjong bercelup mentah; Bijinya banyak berbentuk pipih dan warnanya putih kotor. Bagian yang dimakan/dimanfaatkan: Buahnya dapat dimakan spontan, direbus dikukus dan disayur, bisa sekali lagi dibuat acar; Patera dan buntang mudanya halal dibuat lalapan.
  8. Wortel.memiliki ciri-ciri: Bersemi dalam tanah; Daunnya beragam menyirip ganda; Batangnya sangat pendek hingga nyaris tidak terlihat; Bunganya berbentuk payung berganda yang berwarna putih atau merah muda pucat pasi; Wortel berakar burit dan jamur, akar tunggangnya berubah menjadi pongkol, sehingga akar serabutnya lah yang berfungsi mengambil zat hara dan air bermula dalam tanah; Umbinya berwarna jingga/oren. Fragmen yang dimakan/dimanfaatkan: akarnya dibuat sop atau bilang masakan lainnya.
  9. Paprika memiliki ciri-ciri: Berakar tunggang; Batangnya keras dan berkayu, berbentuk buntak melingkar dan berwarna hijau gelap; Daunnya berbentuk buntar meruncing dengan siring daun yang rata; Bunganya individual berbentuk bintang berwarna putih; Buahnya berongga di bagian kerumahtanggaan, buahnya berdaging lebat, agak manis dan tidak pedas; Bijinya berjumlah rendah, bentuknya melingkar tipis dan bercat salih kekuning-kaleng. Babak yang dimakan/dimanfaatkan: Bijinya dibuat rapik cemberut manis atau fusi oseng ataupun beberapa masakan lainnya.
  10. Brokoli. memiliki ciri-ciri: Batangnya pendek dan berwarna hijau; Daunnya hijau; Bunganya tersusun rapat begitu juga deretan pepohonan, berwarna hijau. Penggalan yang dimakan/dimanfaatkan: Bunganya seremonial dimasak dengan di oseng.
  11. Ubi belanda. memiliki ciri-ciri: Batangnya berbentuk kotak atau persegi,merecup merambat dan berwarna bau kencur; Bunganya berbentuk terompet yang ujungnya bintang dan berwarna salih/merah muda/ungu/biru; Ponten kentang bercat krem; Umbinya berbentuk oval bercelup kuning kecoklatan. Bagian nan dimakan/dimanfaatkan: Umbinya lumrah digoreng/direbus/ditumbuk.
  12. Seledri. memilki ciri-ciri: Batangnya berbentuk persegi dengan panjang 25-100, yang beralur membujur; Mempunyai bunga katai berwarna putih kehijauan nan berjumlah cukup banyak. Babak nan dimakan/dimanfaatkan: Daunnya biasa digunakan ibarat penghias lambung.

Source: https://www.mikirbae.com/2017/04/jenis-jenis-tanaman-sayuran.html

Posted by: holymayhem.com